Beda Curb Weight vs Gross Weight pada Mobil dan Mamfaat Mengetahuinya

CaruserMagz.com – Ada dua jenis bobot yang sering tertera di spesifikasi mobil, yaitu Curb Weight dan Gross Weight. Spesifikasi ini biasanya bisa dilihat pada sticker di body bagian belakang pintu atau di buku manual.

 
Walau sama-sama menginformasikan tentang berat kendaraan, namun kedua istilah tersebut ternyata punya makna dan tujuan berbeda. Perbedaan istilah tersebut merupakan hasil pengukuran bobot mobil pada dua kondisi berbeda.

 

Apa arti Curb Weight?

Curb Weight atau juga disebut kerb weight adalah berat kendaraan dengan segala kelengkapan orisinalnya dalam kondisi tanki bahan bakar terisi penuh (90% kapasitas). Jadi ini adalah berat aktual mobil tanpa beban sama sekali, baik barang maupun penumpang.

 

Pengertian Gross Weight (Berat Kotor)

Dalam istilah yang lebih lengkap ukuran ini disebut “Gross Vehicle Weight” (GVW), yang merupakan berat keseluruhan kendaraan termasuk penumpang, barang yang bisa dimuat di bagasi dan bahan bakar.

 
Selain itu ada istilah “gross vehicle weight rating” (GVWR) yang berarti beban maksimal mobil. Biasanya ditetapkan oleh pabrikan sebagai standar keselamatan, khususnya bagi kendaraan yang memang dibuat untuk membawa beban seperti mobil kargo atau angkutan umum.

 
Mengetahui rating bobot kendaraan sebenarnya penting, terutama bagi sobat yang kendaraannya digunakan mengangkut barang dan berkendara di medan yang sulit. Karena jika mobil dibebani dengan muatan melebihi kapasitas kemampuannya, kerusakan mesin dan komponen mekanis sangat mungkin terjadi.

 
Perbedaan antara GVW dan GVWR cukup jelas. GVW merupakan berat mobil setelah dimuati beban, apapun dan berapapun beban tersebut. Sedangkan GVWR merupakan standar yang ditetapkan pabrikan dan tidak boleh dilanggat oleh pengendara mobil.

 

Perbedaan Curb Weight vs Gross Weight

Tabel di bawah ini memberi gambaran mengenai perbedaan pengertian dan kegunaan dari istilah tersebut:

Perbedaan
Curb Weight
Gross Weight
Pengertian
Mengacu pada berat mobil saja, tanpa barang tambahan.
Mengacu pada berat kendaraan sesuai beban pada waktu tertentu.
Beban
Berat kosong + berat bahan bakar 90% tangki.
Berat mobil + bahan bakar + penumpang + barang.
Sifat
Bersifat Tetap: Menunjukkan berat standar kendaraan.
Bersifat tidak tetap: Menunjukkan berat aktual mobil dalam kondisi tertentu.
Keselamatan
Tidak ada kaitannya dengan keselamatan berkendara.
Berkaitan dengan standar keselamatan berkendara.

 
Baca juga: Teknologi Otomotif Masa Depan di Tahun 2020an

 
Pengertian Curb Weight dan Gross Weight ini bisa membantu kita memahami berapa muatan maksimal dari mobil yang kita kendarai. Dalam spesifikasi mobil istilah gross weight biasanya mengacu pada Gross Vehicle Weight Rating (GVWR) yang berarti berat maksimal mobil dengan muatan paling banyak yang bisa dibawa. Nah, Beban maksimal yang bisa diangkut kendaraan sobat adalah GVWR dikurangi curb Weight.

 
Misalnya Curb Weight mobil sobat adalah 1.200 kg, dan Gross Weight Ratingnya adalah 1.750 kg. Itu berarti berat beban maksimal yang bisa diangkut adalah 550 kg, termasuk penumpang dan barang. Jika penumpang mobil sobat 5 orang dengan berat rata-rata 65 kg, artinya berat penumpang sudah 325 kg dan total berat barang yang boleh dimuat di bagasi adalah 225 kg.

 
Demikian, semoga informasi ini bermamfaat.

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.
Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *