Prototipe Civic Gen-11 - Tampak Samping Depan

Prototipe Honda Civic 2022 Diumumkan, Lebih Slik dan Minimalis

Berita Honda SEDAN

CaruserMagz.com – Honda mengumumkan prototipe Honda Civic 2022 pada 17 November 2022. Model ini disebut prototipe, bukan versi konsep. Apabila kita buka kamus Bahasa Inggris, pengertian prototype adalah: “Model pertama, tipikal atau pendahuluan dari sesuatu, terutama mesin, dari mana bentuk-bentuk lain dikembangkan atau disalin“. Hmm.. jadi ini bukanlah model konsep, tapi bukan pula model versi produksi, sepertinya diantara konsep dan versi asli. Maka bisa kita katakan ini mempresentasikan model produksi, tapi tetap tidak akan 100% sama, mungkin bisa dianggap 95 – 99%.

Dari tampang luar-dalamnya, model ini sepertinya adalah generasi baru, karena konsep desainnya berbeda dari versi sebelumnya. Bila benar ini bukanlah sekedar facelift, maka ini adalah Honda Civic generasi ke-11. Kebaruan itu terlihat antara lain pada eksterior yang lebih simpel dan slik, serta interior yang lebih minimalis dan elegan. Kami suka interior barunya, tapi eksteriornya menurut kami jadi seperti mundur ke masa lalu.

Prototipe Honda Civic 2022 Gen-11
Prototipe Honda Civic 2022 Gen-11

Kerumitan eksterior wajah serta body samping dan belakangnya jauh berkurang dibanding versi sebelumnya. Jika dulu nampak tajam-tajam, maka yang ini lebih membulat dan menjadi kembali ke desain aman layaknya sedan kebanyakan di masa satu dekade terakhir. Bagian belakangnya yang paling mundur ke masa lalu, karena model sebelumnya terlihat indah sekaligus futuristik dengan lampu seperti huruf-C, tapi dirubah lagi ke gaya sedan untuk selera generasi old.

Terlepas dari pendapat pribadi kami tersebut, tentu Honda punya pertimbangannya sendiri untuk membawa arah desain Civic di masa depan. Honda memberikan kesan lebih rendah dan lebar pada medium sedan ini dengan desain yang sepertinya lebih menyasar up-market, yaitu orang-orang mapan yang berumur ketimbang bernuansa anak muda seperti pada model sebelumnya. Itu masuk akal, karena market sedan makin segmented ke orang-orang yang ingin tampil elegan dan matang.

Prototipe Civic Gen-11 - Tampak Samping Belakang
Prototipe Civic Gen-11 – Tampak Samping Belakang

Model prototipe Honda Civic Gen-11 ini lebih rendah dari model generasi ke-10 dan menerapkan konsep desain “tipis dan ringan” yang mencakup kap mesin dan spatbor depan yang lebih rendah, sehingga memungkinkan garis sabuk horizontal di sekujur sisi samping ditarik dari ujung lampu belakang ke bagian atas lampu depan tanpa terputus. Itu mengingatkan kita pada body samping Civic generasi ketujuh dan delapan.

Di bagian depan, wajah Civic ini berubah total dari sporty pada versi sebelumnya menjadi lebih kalem. Gril pada bumper membesar sedangkan pada radiator lebih ramping, lampu juga menyipit dan rumahan lampu kabut jadi lebih simpel.

Prototipe Honda Civic 2022 Gen-11 - Tampak Depan dan Belakang
Prototipe Honda Civic 2022 Gen-11 – Tampak Depan dan Belakang

Di bagian belakang, paling kentara adalah lampu baru yang lebih bermain aman dengan bentuk horizontal. Ujung belakang membentuk duck-tail serta tarikan garis di kaca belakang tidak lagi fast-back. Bentuk ini membuat Civic baru terlihat lebih sedan layaknya Toyota Corolla dan Camry. Prototipe Civic 2022 ini menggunakan warna baru yang disebut sebagai Solar Flare Pearl.

Dalam pengumuman Prototipe Civic 2022 ini, Honda juga merilis sketsa kabin, khususnya dashboard yang berdesain lebih minimalis dan elegan. Kontras dengan interior model sebelumnya yang lebih sporty. Gaya simpel elegan ini memang sedang booming, Mercedes-Benz juga telah menerapkannya pada model S-Class, Hyundai sudah kita lihat pada Tucson generasi baru, dan Mazda sudah lama dengan banyak modelnya seperti Mazda3, Mazda6, CX-30, CX-9 dan lainnya.

Baca: Semua Artikel Tentang Honda Civic

Interior Honda Civic Gen-11 - Sketsa Dashboard
Interior Honda Civic Gen-11 – Sketsa Dashboard – Sumber: MotorTrend

Dashboard Civic Gen-11 ini terlihat lebih ringkas dengan sistem infotainment floating screen 9-inci, cluster meter digital yang masih menampilkan jarum dan aksen sarang lebah yang menyembunyikan ventilasi AC. Pengatuaran AC juga dibuat minimalis dan easy-operating. Ya, interior ini cocok dengan orang-orang yang tidak suka ribet dengan banyak tombol dan tuas. Kita bisa bayangkan pengemudinya adalah gentleman yang memakai setelah jas, atau sopir yang berpakaian rapi dengan boss-nya duduk di baris ke-2.

Belum ada informasi akan seperti apa dapurpacunya, apakah mesin atau drivetrain baru, atau tetap dengan mesin bensin 1.5 turbo yang ada sekarang. Perkiraan kami, besar kemungkinan model ini akan disediakan varian yang menganut teknologi listrik semisal hybrid atau plugin hybrid. Mengingat peluncurannya pada pertengahan 2021 dengan rencana mulai dikirim ke konsumen pada awal 2022. Apalagi di Amerika mobil listrik makin masif, tentu akan ketinggalan jika terus bertahan dengan mesin bakar tanpa melakukan elektrifikasi.

Baca juga: Honda Civic Turbo 2019, Apa Saja Perubahannya?

Honda mengabarkan bahwa Civic baru ini akan menjadi model untuk memperkenalkan beberapa sistem keselamatan aktif dan pasif baru. Seperti rangkaian upgrade dari teknologi keselamatan dan bantuan pengemudi Honda Sensing, termasuk desain airbag baru. Civic 2022 ini juga disebut telah menggunakan struktur bodi Advanced Compatibility Engineering Honda yang terbaru, guna meningkatkan perlindungan dari tabrakan baik untuk penumpang mobil maupun untuk pejalan kaki.

Honda telah mengkonfirmasi bahwa Civic 2022 akan diproduksi di Amerika Utara, model Hatchback akan dibuat di pabrik Honda Greensburg, Indiana. Civic generasi ke-11 ini akan debut global di Amerika Serikat pada musim semi 2021, atau sekitar bulan Maret hingga Juni. Model yang akan diluncurkan pertama adalah Sedan dan Hatchback kemudian disusul Civic Type R dan Civic Si.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar