McLaren Bantah sedang Negosiasi untuk Dibeli oleh Apple

CaruserMagz.com – Banyak rumor beredar mengenai akan dicaploknya produsen supercar McLaren oleh raksasa teknologi Amerika, Apple. Gosip itu pertama kali diberitakan oleh Financial Times (www.ft.com). Dalam waktu singkat rumor tersebut menjadi viral di dunia maya.
Benarkah Apple akan Beli McLaren?
McLaren membantah bahwa mereka sedang dalam negosiasi untuk diakuisisi oleh Apple. Juru bicara McLaren mengatakan pada TopGear.com, “Kami bisa mengkonfirmasi bahwa McLaren tidak dalam pembicaraan dengan Apple untuk potensi investasi dalam bentuk apapun“.
Menurut pemberitaan oleh Financial Times (FT), pembicaraan antara McLaren dan Apple telah berlangsung dalam beberapa bulan terakhir. FT menyatakan, nilai penjualan saham itu hingga 1,5 Milyar Euro, atau sekitar 22 Triliun Rupiah.
Bukan hanya membeli saham, isu yang beredar mengatakan Apple berkeinginan melakukan takeover keseluruhan perusahaan pembuat Super-Car dan pemilik salah satu team Formula-1 asal Inggris tersebut.
Sebagaimana kita ketahui, telah banyak diberitakan bahwa Apple sedang dalam proses untuk masuk ke Industri otomotif. Beberapa tahun ini kita sering mendengar berita bahwa Apple sedang merancang mobil dengan kemudi otomatis (self driving car), seperti di film-film Holiwood.
Ambisi Apple untuk mengubah wajah dunia otomotif menjadi lebih canggih sepertinya bukan isapan jempol. Selain malakukan riset-riset pada teknologi autonomous-car dan mobil listrik, Apple mulai melakukan langkah-langkah kecil dalam skala bisnis di dunia otomotif, misalnya Apple telah berinvestasi dengan membeli Perusahaan transportasi online asal China, Uber, senilai 1 miliar dollar Amerika.
Sangat masuk akal jika dengan membeli perusahaan otomotif sebesar dan secanggih McLaren, Apple bisa mempercepat tranformasinya menjadi pemain penting di industri otomotif. Karena produsen sport-car mewah asal Inggris tersebut mempunyai basis teknologi yang kuat di bidang material carbon-fiber, engineering dan system komputer otomotif.
Saat isu diambil alihnya McLaren oleh Apple ini meluas, banyak netizen menyayangkan hal itu, jika benar-benar terjadi. Ada kekhawatiran McLaren akan dijadikan seperti  kelinci percobaan bagi teknologi Apple. Model-model mobil sportcar yang stylist bisa berubah menjadi tidak menarik lagi. Apalagi melihat model Apple autonomous-car yang pernah muncul di dunia maya, sangat jauh dari aura McLaren yang garang.
Meskipun demikian, FT menyatakan bahwa isu pengambil alihan McLaren oleh Apple tersebut, masih belum jelas apakah akan benar-benar terjadi atau tidak. Sementara di lain pihak McLaren membantah isu tersebut mentah-mentah, dan mengatakan tidak benar bahwa mereka sedang dalam diskusi dengan Apple untuk potensi investasi apapun.
Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar