Toyota All New Camry 2018 Punya Wajah, Fitur dan Mesin Baru

CaruserMagz.com – Toyota Camry akan segera memasuki era generasi ke-8. Toyota Amerika segera meluncurkan Toyota All New Camry 2018 yang ditargetkan sudah mulai hadir di dealer pada musim panas tahun ini juga.

 
Toyota Camry generasi baru ini sudah menganut basis platform desain Toyota New Global Architecture (TNGA) yang sudah lebih dulu digunakan pada model-model Prius dan terbaru adalah Toyota C-HR yang cukup atraktif.

 
Di Amerika Serikat, Toyota Camry merupakan midsize sedan terlaris selama 15 tahun terakhir, meskipun kita banyak mendengar di TV Show seperti TopGear America, para pecinta otomotif Amerika sering membuli sedan Toyota ini sebagai mobil yang membosankan atau juga sering disebut mobil selera orang tua. Tapi faktanya mobil ini laris manis di sana, layaknya Innova di Indonesia.

 
Tak dapat dipungkiri, rivalitas Toyota Camry vs Honda Accord telah melegenda, tak terkecuali di Amerika. Peluncuran New Camry 2018 ini juga akan menghadapi persaingan cadas dengan Honda Accord 2018 yang terlihat seperti Civic Turbo yang dimelarkan.

 
Baca juga: Honda Accord 2018

 
Kami tak dapat membohongi diri sendiri, untuk memaksakan diri mengatakan bahwa desain Toyota Camry 2018 terlihat kekinian. Oohh.. Tidaak! Kami sulit untuk setuju jika ada yang memaksa kami menyukai wajah Camry baru ini.

 
Kami bisa memahami dengan empaty yang dalam mengenai keheranan para petrolhead Amerika, mengapa mobil ini bisa laris manis. Padahal menurut mereka mobil-mobil Toyota adalah mobil untuk orang tua yang membosankan, selera orang tua yang suka pada hal-hal yang mainstream.

 
Apalagi jika harus dibandingkan dengan penampakan Honda Accord 2018 yang jelas terlihat aura futuristic-nya. Entah apa yang ada di benak para desainer Toyota Camry ini. Lihatlah wajah Camry yang jadi kian rumit ini. Ada aura joker sang musuh bebuyutan batman di wajahnya.

 

Toyota All New Camry 2018 - Belakang
Toyota All New Camry 2018 – Penampakan Belakang

 
OK, abaikan saja ketidak sesuaian Camry 2018 ini dengan selera kami!  toh.. itu selera yang bersifat subjektif. Terimakasih jika sobat masih betah membaca curhat kami yang agak mual dengan desain mobil Toyota ini.

 
Mari kita bicarakan hal-hal teknis saja mengenai mobil baru ini. Toyota Amerika menyatakan bahwa Camry 2018 ini memiliki struktur 30% lebih kaku, sehingga menyediakan platform yang lebih baik untuk suspensi yang lebih memanjakan penumpang. Wheelbase dibuat lebih panjang 1,9 inci untuk menambah kelegaan kabin.

 
Dapurpacu Camry ini dikawinkan dengan transmisi otomatis 8-percepatan pada semua tipe. Toyota menyediakan 3 pilihan mesin, yaitu mesin 2.5-liter ‘Dynamic Force Engine’ berteknologi dual VVT-i dengan VVT-iE dan direct injection. Mesin untuk varian standar ini bisa menyemburkan tenaga maksimum hingga 206 HP dan torsi 252 Nm.

 
Pilihan kedua adalah Camry bermesin 3.5-liter V6. Tenaganya tentu lebih atraktif hingga 301 HP dan torsi puncak hingga 362 Nm.

 
Varian tertinggi dibekali mesin 2.5-liter yang dikombinasikan dengan motor hybrid berbasis teknologi Toyota Hybrid System (THS II).  Combustion engine 2.5-liter menyumbang tenaga sebesar 176 Hp dan torsi 220 Nm. Toyota mengklaim kelebihan dari Camry hybrid ini adalah efisiensi BBM terbaik di kelasnya yaitu mencapai 22 km/liter untuk body bongsor-nya itu.

 
Kelebihan lain dari mesin Camry 2018 ini adalah adanya fitur DC-DC coverter dan Auto Glide Control yang dapat mengatur engine brake secara otomatis berdasarkan kondisi berkendara.

 
Fitur driving assistance pada midsize sedan ini cukup lengkap layaknya mobil di Amerika. Antara lain: Lane Departure Alert with Steering Assist, Pre-Collision System with Pedestrian Detection, Rear Cross Traffic Braking, Dynamic Radar Cruise Control dan lain sebagainya.

 
Fitur hiburan pada Camry 2018 sudah dilengkapi dengan Entune 3.0 infotainment system. Selain itu, Connected Navigation Scout system disematkan untuk varian bermesin V6. Kabin sedan ini lebih lapang berkat wheelbase yang lebih panjang dan tingkat kenyamanan cukup tinggi dengan kursi empuk yang telah dibalut kulit.

 
Toyota All New Camry 2018 dijual dengan harga cukup terjangkau untuk ukuran sedan mewah dengan level kenyaman Camry yang kita ketahui, jadi wajar saja jika sedan ini sangat laris di negeri paman sam.

 
Berikut daftar harga Camry 2018:
Camry 2.5    : US$ 23.495 – US$ 34.400 (sekitar Rp. 312,7 – Rp. 458 juta).
Camry V6 3.5 : US$ 34.400 (sekitar Rp. 458 juta).
Camry hybrid : US$ 27.800 (sekitar Rp. 370 juta).

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

One thought on “Toyota All New Camry 2018 Punya Wajah, Fitur dan Mesin Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *