Performa Tesla Model S dan Model X Ditingkatkan jadi Lebih Cepat

CaruserMagz.com – Tesla, Carmaker yang khusus membuat mobil listrik asal Amerika Serikat mengumumkan bahwa mereka akan meningkatkan performa Tesla Model S (Sedan) dan Model X (SUV) hingga jadi lebih cepat.

 

Kedua model tersebut juga sudah dijual di Indonesia, melalui importir umum, yaitu PT Prestige Image Motorcars (PIM). SUV Model X belum lama dilauncing di Jakarta, memberi pilihan yang berbeda dari SUV mainstream, baik dari tampilan maupun teknologi dan performa kelas supercar.

 

Seperti dirilis oleh electrek.co (1/7/17), Tesla mengumumkan peningkatan performa pada Model X dan S, sehingga versi terbaru kedua mobi tersebut akan lebih cepat secara signifikan dibanding versi sebelumnya.

 

Menurut jurubicara Tesla, mereka melakukan improvement pada software dan hardware baru yang memungkinkan Tesla Model S dan X bisa berlari lebih kencang. Berikut resume dari peningkatan performa untuk mencapai kecepatan 100 km/jam:

 

 

Tesla Model S
S-75        : 4,3 detik (lebih cepat 1,2 detik)
S-75D     : 4,2 detik (lebih cepat 1,0 detik)
S-100D   : 4,1 detik (lebih cepat 0,1 detik)

 

Peningkatan performa paling signifikan dilakukan pada varian standar sedan Model S, yaitu S-75 dan S-75D (dual motor). Pada versi sebelumnya, S-75 mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 5,5 detik dan S-75D dalam 5,2 detik.

 

Pada versi terbaru, performa-nya naik signifikan yaitu 4,3 detik untuk model S-75 dan 4,2 detik untuk model S-75D. Itu berarti model S-75 baru lebih cepat 1,2 detik dan S-75D lebih cepat 1 detik. Peningkatan juga berhasil dicapai untuk model S-100D, namun tidak begitu signifikan, yaitu 4,1 detik, lebih cepat 0,1 detik saja dari sebelumnya. Berikut resumenya:

 

Tesla Model X
X-75D     : 4,9 detik (lebih cepat 1,1 detik)
X-100D   : 4,7 detik (lebih cepat 0,5 detik)

 

Sedangkan Tesla Model X (SUV), juga mencatatkan peningkatan performa. model X-75D terbaru akan mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam 4,9 detik, lebih cepat 1,1 detik dari versi sebelumnya yang 6 detik.

 

Model X-100D lebih cepat 0,5 detik untuk menghasilkan performa yang sama, yaitu 4,7 detik disbanding 5,2 detik pada versi sebelumnya.

 

Upgrade performa ini tidak terpaut jauh dari peluncuran model baru, yaitu Tesla Model 3 yang sedikit lebih murah dibanding model X dan S.

 

CEO Tesla, Elon Musk, mengatakan bahwa Model 3 mempunyai performa dari 0 ke 100 km/jam kurang dari 6 detik, namun itu hanya untuk tipe standar, Tesla juga akan menyediakan versi performance dari Model 3 yang mampu berkaselerasi lebih cepat.

 

Selain itu, Tesla juga menyediakan pilihan Tesla Model X dengan konfigurasi 7-penumpang dengan tambahan biaya sebesar 3.000 Dollar Amerika Serikat, atau sekitar 40 Juta rupiah. Varian dengan kursi untuk 5 dan 6 penumpang juga masih disediakan.

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

One thought on “Performa Tesla Model S dan Model X Ditingkatkan jadi Lebih Cepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *