Spesifikasi dan Fitur Suzuki Swift 2017 Bocor melalui Brosur sebelum Peluncuran Resmi

CaruserMagz.com – Sebelum peluncuran resmi Suzuki Swift 2017 di Jepang pada akhir Desember 2016, brosur Swift generasi baru ini telah dibocorkan ke media melalui foto brosur resmi yang memuat data varian, spesifikasi, fitur dan harga jualnya untuk pasar otomotif Jepang. Penampakan eksterior dan interior juga terungkap cukup jelas.
Brosur Suzuki Swift 2017 tipe RS
Total ada 6 varian yang terbagi atas 2 tipe, yaitu tipe regular yang terdiri dari varian XG, XL, Hybrid ML dan tipe yang lebih tinggi dengan varian RS, RS-Turbo dan RS-Hybrid.

Tipe RS

Suzuki Swift tipe RS memiliki mesin yang berbeda-beda untuk tiap variannya:
Pada tipe RS, jantung pacunya sama dengan tipe regular, yaitu mesin  1.2 liter 4-silinder DOHC VVT, berbahan bakar bensin, dengan pilihan transmisi manual dan otomatis CVT masing-masing 5-percepatan. Perbedaan varian RS ini dari tipe regular lebih pada aksesoris sporty pada bagian eksterior.

Pada tipe RS-Turbo (RSt) menggunakan mesin 1000cc 3-silinder DOHC plus Boosterjet (turbocharge), dengan transmisi otomatis CVT 6-percepatan. RSt dilengkapi fitur paddle-shifter, sehingga pengemudi bisa memindahkan gigi transmisi dengan jari-jari saat menyetir. Konsumsi bbm Swift turbo ini diklaim mencapai 20 km/liter.

Sedangkan tipe RS-Hybrid menggendong mesin 1.2 liter 4-silinder DOHC VVT dengan teknologi hybrid SHVS, yang merupakan teknologi mild-hybrid memamfaatkan kelebihan energi yang dihasilkan mesin diesel dan pengereman. Berkat teknologi hybrid tersebut, Swift Hybrid diklaim menghasilkan efisiensi bahan bakar hingga 27,4 km/liter pada varian bertransmisi otomatis CVT. Tenaga yang dikeluarkan mesin Swift Hybrid cukup kecil, yaitu 75PS saja, namun torsinya mencapai 190Nm.

Tipe Regular (biasa)

Tipe regular ditenagai oleh mesin bensin 4-silinder 1.2-liter DOHC VVT tersedia dengan pilihan transmisi manual atau CVT masing-masing 5-speed. Sedangkan varian Hybrid-ML dilengkapi system SHVS yang sangat hemat bahan bakar.

Ketiga varian regular tersebut menggunakan roda depan sebagai penggerak utama, namun mobil ini juga bisa dipesan dengan sistem AWD.

Brosur Suzuki Swift 2017 tipe Regular

Fitur

Pada brosur yang terungkap, rincian beberapa fitur Swift RSt Boosterjet cukup jelas. Pada bagian eksterior ada lampu utama LED dengan fitur pengaturan ketinggian otomatis, LED-DRL, lampu kabut, velg alloy 16 inci multi-spoke serta sensor dan kamera parkir.
Masuk ke bagian interior, terlihat lingkar kemudi yang bernuansa mahal dengan bagian bawah yang datar (flat-bottomed), pengaturan audio dan cruise control pada palang setir, paddle shifter untuk varian RST saja, AC dengan kontrol otomatis, keyless entry sekaligus tombol start/stop, multi-information display (MID) dengan layar berwarna terlihat lebih modern, sistem infotainment berbentuk layar monitor touchscreen yang dilengkapi navigasi dan konektivitas Apple Carplay, Electronic Power Steering (EPS). Kursi depan dengan pemanas juga menambah kenyaman untuk berkendara pada musim dingin di Jepang.
Untuk fitur keselamatan aktif Suzuki Swift 2017 sudah dilengkapi sistem Hill Hold Assist, Dual Camera Brake Support, Lane Departure Warning, dan speed limiter.

Baca juga: Suzuki Swift berteknologi hybrid SHVS

Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Suzuki Swift 2017 ini sudah makin canggih dan dibuat dengan pilihan varian yang beragam. Sehingga konsumen dengan preferensi berbeda-beda bisa terpenuhi ekspektasinya. Desain eksterior dan interiornya juga makin kekinian dan terlihat mempunyai kualtias yang makin terlihat premium.

Di Jepang Suzuki Swift 2017 ini dibanderol dengan rentang harga 153 juta rupiah untuk tipe terendah, hingga sekitar 214 juta rupiah untuk tipe tertinggi. Bila masuk ke Indonesia, kemungkinan harganya bisa menyentuh 300 juta-an rupiah, jika membanding selisih harga mobil di Jepang dan di Indonesia pada umumnya. Namun pengurangan fitur-fitur yang mahal dan tidak diperlukan di Indonesia, dapat metekan harga hingga mampu bersaing dengan para kompetitornya di segmen yang sama.

Akan seperti apa Suzuki Swift generasi selanjutnya untuk pasar Indonesia, kita tunggu saja kabar dari Suzuki Indonesia.

Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *