Review Night View Glasses, Iklan vs Fakta Kacamata Kuning untuk Pengemudi Mobil

CaruserMagz.com – Mungkin sobat akan sedikit bertanya mengapa kami menulis review tentang kacamata, padahal blog ini bertema otomotif. Namun kami rasa ini masih sangat terkait dengan dunia otomotif, karena kacamata yang akan kami review ini diperuntukkan bagi pengemudi mobil yang bermasalah dengan silaunya pandangan saat mengemudi malam hari oleh lampu mobil lain yang ada di depannya.
NV Glasses yang heboh iklannya
Produk yang diberi nama Night View (NV) Glasses ini sedang heboh diiklankan melalui media social, oleh para pedagangnya, dengan video yang nampak luar biasa dan menggambarkan bahwa NV Glasses ini seperti benda ajaib yang mampu merubah daya pandang pengemudi, dari yang gelap menjadi lebih terang hingga nampak seperti pemandangan di siang hari. Tak pelak, pesanan pun banjir hingga ribuan dari pengguna social media, hampir semua komentar di postingan video tersebut seperti berebut untuk membeli, semahal apapun harganya.
Benarkah demikian?? Does it make any sense? Atau ini hanya tipuan iklan yang berlebihan? Kami tertarik untuk mencobanya dan membuktikan apakah kacamata kuning tersebut sehebat yang dibanggakan oleh produsennya di video tersebut. Silahkan sobat simak review kami berikut ini dan simpulkan sendiri, apakah masuk akal atau tidak.

Bagaimana daya pandang mata kita bekerja?

Pertama, perlu kita fahami bahwa apa yang mampu mata kita lihat sangat dipengaruhi intensitas cahaya yang masuk ke mata kita. Sehingga “makin banyak cahaya yang menerangi objek yang kita pandang, maka akan makin terlihat jelas bagi mata kita.” Ini adalah pedoman ilmu pengetahuan yang tidak terbantahkan dan harus kita akui fakta kebenarannya.
Fakta kedua yang tidak dapat kita tolak adalah, cahaya berlebihan yang masuk ke mata kita, akan menyebabkan efek silau atau bahkan mata kita menjadi tidak mampu memandang objek yang berada di dekat dengan sumber cahaya yang menyilaukan tersebut. Artinya, intensitas cahaya yang dibutuhkan mata umtuk memandang dengan jelas, mempunyai ambang batas minimal dan maksimal. Di luar range batasnya, mata kita tidak dapat melihat dengan jelas.

Apa yang ada pada Kacamata NV Glasses?

Kacamata NV Glasses ini berwarna kuning dan dibingkai dengan frame kacamata biasa, tidak ada fitur-fitur khusus pada kaca dan framenya yang mampu menambahkan intensitas cahaya pada objek yang di pandang penggunanya.
Jika sobat membayangkan ini adalah seperti kacamata para tentara Amerika yang jika dipakai, mereka bisa melihat di kegelapan layaknya melihat di siang hari, maka buanglah jauh-jauh persangkaan itu. Mungkin itu hanya karena sobat kebanyakan nonton film holiwood.. hehe.
Kalaupun teknologi itu benar ada, kemungkinan itu merupakan teknologi yang sangat tinggi dan tentunya melibatkan perangkat yang supercanggih dan supermahal. Rasanya tidak mungkin kacamata plastic berwarna kuning dengan harga sekitar 100 ribu rupiah akan mempunya teknologi secanggih mata binatang nocturnal seperti harimau atau musang.
So.. Nothing special pada kacamata NV Glasses tersebut. Itu hanya kacamata yang lensanya berwarna kuning. Perbedaannya dari sun glasses yang biasa kita gunakan saat mengemudi di siang hari, hanyalah pada warnanya yang kuning, sedangkan sun glasses berwarna hitam.

Apa fungsi NV Glasses sebenarnya?

Dari iklannya yang heboh, kacamata plastic kuning ini digambarkan seperti super duper canggih dan mampu merubah objek yang dipandang dari gelap gulita, menjadi seperti pemandangan di siang hari. Coba sobat ingat 2 fakta yang kami jelaskan di atas, lalu kaitkan dengan iklan pada cuplikan gambar yang kami ambil dari video iklannya berikut ini:
Iklan NV Glasses yang berlebihan, dari gelap gulita menjadi terang benderang
Pertanyaannya, apakah iklan tersebut masuk akal? apakah ada lampu supercanggih pada frame kacamata itu sehingga pemandangan jalan raya yang nampak gelap menjadi super terang hingga seperti sore hari?
Jawabannya, TIDAK. that does not make any sense. Itu hanya iklan yang berlebihan. Karena jika sobat ingin pemandangan di depan mobil sobat nampak lebih terang, maka perbesarlah kapasitas lampu utama mobil sobat, bukan dengan memakai kacamata plastik berwarna kuning.
Lalu apakah kami menyarankan agar sobat jangan membeli produk tersebut? tentunya bukan itu maksud kami, itu pilihan sobat pembaca masing-masing. Karena bagaimanapun itu adalah kacamata dan tentunya bisa digunakan selama mata sobat masih berfungsi dan masih ada hidung dan telinga untuk memasangnya.. hahaha..
Fungsi sebenarnya dari NV Glasses ini adalah seperti tertulis di kemasannya, yaitu “Anti Glare Glasses” atau dalam bahasa kampungnya, “Kacamata anti silau“. Sehingga nama Night View Glasses, kami rasa terlalu berlebihan dan merupakan strategi pemasaran belaka.
Kacamata anti silau ini cocok digunakan pada sore menjelang senja atau pagi hari, ketika cahaya matahari berlawan arah dengan pandangan mata kita saat kita menyetir. Kacamata ini cukup efektif mereduksi cahaya yang berlebihan dan membuat efek penglihatan yang lebih kontras terhadap objek yang kita pandang, sehingga ada kesan lebih jelas. Jadi sebenarnya kacamata ini mengurangi intensitas cahaya yang masuk ke mata, bukan membuat malam yang gelap seperti nampak terang benderang.
Lalu apa bedanya dengan sun glasses? bedanya sekali lagi, warna NV glasses ini kuning. sehingga semua yang sobat lihat menjadi kekuning-kuningan, sedangkan sun glasses berwarna hitam, sehingga penglihatan sobat jadi kehitam-hitaman. That’s it! selain itu TIDAK ADA bedanya! hahaha…

Bahaya Menggunakan NV Glasses saat menyetir di malam hari

Dari satu kacamata yang berhasil kami beli, walau harus menunggu hampir sebulan sampai pesanan kami ditanggapi oleh sang penjual, mungkin karena saking banyaknya yang membeli. Kami melakukan uji coba, walau kami sudah tidak begitu mempercayai iklannya, tidak ada ruginya dicoba, toh harganya tidak mahal-mahal amat.
Yang kami rasakan saat menggunakannya di sore hari menjelang senja, cukup bermamfaat. Sinar matahari yang mengarah tepat ke kaca depan mobil dapat direduksi dengan baik, sehingga kami tidak perlu menggunakan sun roof. Begitu pun dengan lampu-lampu dari mobil lain dari arah yang berlawanan yang mulai menghidupkan head lamp karena hari menjelang malam, saat masih ada sinar matahari, NV glasses ini cukup nyaman digunakan.
Tapi sangat berbeda saat malam hari, apa yang digembar gemborkan di iklannya sangat berbeda dengan kenyataan. Kacamata ini malah membuat pemandangan pengemudi lebih gelap, memang sedikit mengurangi silau dari cahaya lampu mobil dari arah yang berlawanan, namun berkebalikan dari iklannya, pemandangan menjadi tampak lebih gelap dibanding tidak menggunakannya.
NV glasses akan nyaman digunakan pada malam hari saat sobat menyetir di tengah kota yang banyak lampu jalan dengan intensitas cahaya yang terang, sehingga pencahayaan dari lampu jalan memungkinkan fungsi anti silau bekerja tanpa harus terganggu dengan reduksi cahaya oleh kacamata kuning tersebut.
Diperjalanan luar kota di malam hari, dimana kondisi tidak ada lampu penerang jalan dan sedikitnya rambu-rambu lalu lintas, kami merekomendasikan agar sobat tidak menggunakan NV glasses, karena akan mengurangi daya lihat mata sobat. Apalagi jika kondisi jalan banyak berlubang atau buruk, sobat menjadi tidak dapat melihat kondisi jalan dengan jelas.

Kesimpulan

Jika sobat membayangkan NV glasses tersebut akan berfungsi sehebat di iklannya, maka itu kesalahan besar. Berhentilah berharap pada keajaiban produk murah. sebagaimana ada kata-kata mutiara nan bertabur berlian: “Harga tak pernah bohong“. hahaha..
Jika sobat ingin membelinya untuk sekedar mencoba, atau menambah kegantengan atau kecantikan sobat dengan kacamata berwarna kuning, bolehlah untuk dicoba. Mungkin dengan sun glasses yang berwarna hitam, mata jeli bak mata bidadari sobat jadi tidak kelihatan, dengan kacamata kuning, tentunya mata sobat masih bisa dilihat orang lain tanpa melepas kacamata tersebut.
Dari segi fungsinya, tidak ada perbedaan signifikan dengan sun glasses pada umumnya. Yang pasti kacamata ini bisa digunakan untuk mengurangi efek silau, tapi ingat, bukan untuk membuat mata sobat seperti mata singa yang bisa melihat di malam hari tanpa lampu penerang.
Review ini kami tulis dari pengalaman, bukan bermaksud mendemarketisasi suatu produk. Hanya saja kami ingin mencerdaskan pembaca khususnya pengguna media sosial, agar jangan mudah kagum pada iklan yang bombastis, bersikap skeptis (mencari fakta dan bukti) adalah lebih bijak, gunakan akal sehat.
Demikian, Semoga tulisan ini bermamfaat bagi sobat pembaca. Salam Skeptis!

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

33 thoughts on “Review Night View Glasses, Iklan vs Fakta Kacamata Kuning untuk Pengemudi Mobil

  • October 6, 2016 at 6:20 am
    Permalink

    terima kasih atas review nya, saya hampir beli kaca mata ini di sebuah marketplace tapi setelah membaca review ini, saya urungkan niat saya untuk membeli karena tidak ada manfaatnya untuk saya yang setiap hari pulang malam dari jakarta ke bogor.. ^_^

    Reply
  • October 24, 2016 at 1:10 am
    Permalink

    Kalo mas dito baca tulisan kami ini sampe selesai, pasti tau jawaban pertanyaan mas. Kami tulis review ini berdasarkan pengalaman mencobanya. bukan mengira-ngira.. thanks

    Reply
  • November 3, 2016 at 12:59 pm
    Permalink

    Benar bangettt!!! Terlambat baca gue.. ud beli pruduknya 35rb. Yaudala mau gmn lg dijadiin pajangan aj drmh wkwkwk

    Reply
  • November 19, 2016 at 10:46 am
    Permalink

    ada solusi ga? terutama utk perjalanan jauh dimana kendaraan di depan memakai lampu yg menyilaukan sehingga terpaksa kita tidak hanya mengurangi kecepatan, melainkan juga mengambil lajur lebih ke pinggir?

    Reply
  • November 19, 2016 at 10:57 am
    Permalink

    Hmm..kalo orang yg matanya normal (gk pake kacamata) sebenernya gk masalah banget lah.
    Saran saya, kalo bener2 sampe ngeblank jika silau oleh oleh lampu kendaraan di depan, sebaiknya jangan nyetir malam hari di jalan yang tidak difahami. Itu berbahaya..

    Reply
  • December 1, 2016 at 2:36 pm
    Permalink

    Saya sudah beli dan saya menyesal walaupun harganya hanya 20.500 di Tokopedia -_- asem poll. Ada tambahan review. Produk ini sangat bahaya apabila digunakan dijalan yang penuh tikungan. Lalu keadaan hujan dan tanpa penerangan jalan. Karena warna lampu Dr mobil lawan itu samar2 gara2 lensanya warna kuning.
    Lalu menurut pengalaman saya. SAMA SAJA. pakek dengan g pakek. Cuman kalau silau memang bermanfaat. Karena sedikit memblokir cahaya silau. Beli atau tidak terserah anda. Yang jelas saya menyesal

    Reply
  • December 1, 2016 at 2:39 pm
    Permalink

    Hahaha.. kacamata ini memang udah banyak makan korban. Udah kelanjur dibeli, dinikmati ajalah.. semoga banyak yg baca review ini sebelum jadi korban penyesalan selanjutnya.. hehe..

    Reply
  • January 2, 2017 at 9:28 am
    Permalink

    hiiiikss.. satu lagi korban iklan.. dinikmati aja gan. Sapa tau bikin lebih ganteng, kan itu suka dipake Tom Cruzz.. hehe

    Reply
  • January 11, 2017 at 12:13 am
    Permalink

    Suwun infonya… Saya sudah terlanjur beli sangat mahal banget juga, tak iklasin aja mudah2n yg jualan panjang umur aamiin…

    Reply
  • January 17, 2017 at 3:33 pm
    Permalink

    hahaha, untung nemu link review ini…udah hampir mau deal beli kacamata ini, apalagi dia ada model double untuk pengguna kacamata minus walau harga nya lebih mahal dr yg di sebutin di atas…125rb.

    iklannya boombastis, buat yg matanya minus pasti jadi problem kalau nyetir keluar kota malem2…
    nemu produk ini kaya nemu solusi nya..padahal zonk…
    hahaha…

    bener kata reviewr nya, tetep skeptis n kritis..harga gak bohong, mana ada kacamata 100rb an punya fitur lebih edan dari night vision nya army equipt yg harganya jutaan…

    wkwkw thx..

    Reply
  • January 17, 2017 at 3:41 pm
    Permalink

    gimana rasanya setelah dipake mas Mifta? diungkapin di mari donk.. hehehe

    Reply
  • February 28, 2017 at 12:58 am
    Permalink

    Halo kalau kacamat yg block sinar biru kyk lens policore n uv itu apa memang ada ya?

    Reply
  • February 28, 2017 at 4:51 am
    Permalink

    saya kurang tahu, tidak begitu heboh di forum jual beli.
    dari namanya itu seperti bahan kacanya yang mungkin terbuat dari bahan organic, bukan silicon karena ada kata2 poly.
    mungkin pembaca yang lain bisa bantu informasi.

    Reply
  • February 28, 2017 at 9:16 am
    Permalink

    Makasih mas infonya, penjelasannya masuk akal dan bisa diterima plus pengalamannya memakai produk tsb.

    Awalnya saya ga tertarik produk itu dan secara logika ga percaya, tapi setelah lihat komparasi gambar sebagaimana di iklankan tsb jadi sempat tertarik dan hampir aja beli lensa kuning yg menarik itu karena begitu luar biasanya capturenya hehe (walo kalo disuruh make lensa kuning ga pede juga saya haha).

    Makasih sekali lagi saya ga jadi beli, kalo rencana beli mungkin di optik aja yg bahannya bener2 kaca yang anti glare bukan polyurethane atau semacam plastik kek produk tsb yg mestinya gampang baret juga.

    Reply
  • February 28, 2017 at 9:17 am
    Permalink

    Apakah kacamata yg block sinar biru n uv kyk lens policore benar ada?

    Reply
  • April 4, 2017 at 5:20 am
    Permalink

    Haha jasa anda sangat berarti, terima kasih untuk reviewnya. Hampir saja kecolongan..

    Reply
  • May 31, 2017 at 5:01 am
    Permalink

    Sdh d depan toko kacamata nih…putar baliiiik…..teng's bro….

    Reply
  • May 31, 2017 at 5:03 am
    Permalink

    Hehehe.. waduuuh.. bisa kena marah yg jualan kacamata nih gue.. takuuuut..

    Reply
  • June 10, 2017 at 6:30 am
    Permalink

    hahahaa…sama2, sedasng brosing2 mo beli buat perjalanan jauh keluar kota lebaran nanti…..
    untung nemu blog ini…makasih Pak Yayan Abdhi.
    sangat bermanfaat, dan menolong kantongku gak jadi jebol.
    heheheh

    Reply
  • July 1, 2017 at 9:02 am
    Permalink

    Hanya terasa manfaatnya saat hujan dan lampu dari depan silau terpantul oleh air di windshield mobil kita.

    Reply
  • July 27, 2017 at 12:26 pm
    Permalink

    dengan harga 30k, saya rasa bermanfaat sekali, dipakai di siang hari mata gak capek karena cahaya lebih redup, klo malam lampu dr kendaran didepan juga gak silau

    Reply
  • July 27, 2017 at 10:58 pm
    Permalink

    Makasih review nya. Padahal dah pengin ikut jual…hehe maklum naluri bisnis. ga jadi jual lah baca review ini

    Reply
  • August 31, 2017 at 4:49 am
    Permalink

    Kalau cuma ngilangin silauw terkena sinar matahari. Bagus belok yg 50rb aja yg warna nya agak hitam..😋

    Reply
  • September 11, 2017 at 1:08 am
    Permalink

    udah sempat dibeli se harga 80.000 plus ongkir.memeang betul gan tidak terlalu ber guna yang silau tetap silau.

    Reply
    • September 20, 2017 at 11:47 am
      Permalink

      Yup.. anda bukan korban pertama.. hampir semua pembeli kacamata ajaib ini mengalami penyesalan yang sama.. hehe

      Reply
  • September 22, 2017 at 6:44 am
    Permalink

    Saya punya kacamata frame BLSY dengan 2 magnetic clip on warna hitam dan kuning (semuanya polarized) dan lensanya leinz dengan filter sinar biru.
    Clip on warna kuning menurut saya membantu di malam hari. Pernah saya pakai saat berkendara di daerah BSD Serpong jam 11 malam dan penglihatan tetap OK.
    Begitu juga dengan clip on warna hitam yang sangat membantu di siang hari.
    Mungkin kualitas lensa berbeda. Jadi tidak semua lensa kuning sama, ada harga ada rupa. Semoga membantu 🙂

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *