Pilih Mitsubishi Xpander atau Honda BR-V? Mana yang Lebih Bagus

CaruserMagz.com – Kehadiran Mitsubishi Xpander telah menyediakan pilihan baru bagi konsumen Indonesia. Tidak hanya di segmen Low MPV, tampilan Xpander yang beraroma SUV membuatnya mampu bersaing di segmen low SUV, bertarung dengan Honda BR-V, Toyota Rush dan Daihatsu Terios.

 
Berikut kami sampaikan beberapa pertimbangan bagi sobat yang masih bimbang apakan akan memilih Honda BR-V atau Mitsubishi Xpander.

 
Karena kedua mobil tersebut punya harga yang tidak terpaut begitu jauh pada varian menengah, walaupun secara spesifikasi dan tampilan punya banyak kelebihan masing-masing yang sangat menggoda.

 

Tampilan Desain Eksterior

Baik Honda BR-V sebagai low SUV maupun Mitsubishi Xpander sebagai MPV yang mirip SUV punya tampilan eksterior yang menggoda. Namun itu tergantung selera masing-masing orang. Menurut kami, karena Honda BR-V adalah SUV sebenarnya, maka dia punya tampilan yang lebih macho.

 
Terutama karena adanya ciri khas SUV seperti over-fender hitam, side skirt, bumper cover depan dan belakang dan roof rail. Sedangkan semua itu tidak dimiliki Xpander. Namun tampilan keseluruhan Mitsubishi Xpander yang mirip Pajero Sport juga nampak gagah. Jadi kembali keselera masing-masing saja.

 
Baca juga: Perbandingan Honda BR-V vs Toyota Rush

 

Tenaga Mesin

Dalam hal tenaga, Honda BR-V jauh unggul dari Mitsubishi Xpander, walau punya kapasitas mesin yang sama-sama 1.500cc. Karena LSUV tersebut bertenaga hingga 120 PS dan torsi 145 Nm. Sedangkan mesin Xpander bertenaga 104 PS dan torsi 141 Nm. Sehingga dalam hal tarikan mesin, BR-V akan terasa lebih nikmat dikemudikan.

 

Pengendalian

Honda memang membuat mobil-mobilnya untuk kenikmatan mengemudi yang superior. Sehingga Honda BR-V kembali unggul karena lebih fun-to-drive dibanding Mitsubishi Xpander. Dimensi BR-V yang landai juga memberi rasa mengemudi sedan yang stabil.

 
Namun pengendalian Xpander tidaklah buruk, berkat fitur Vehicle Stability Control (VSC) dan suspensi yang mantap, kestabilan Xpander juga baik. Hanya saja dalam hal pengendalian dan tenaga, Honda BR-V terasa lebih nikmat.

 

Kenyamanan

Dalam hal kenyamanan, Mitsubishi Xpander mengungguli Honda BR-V, karena kursi yang lebih tebal, kepraktisan yang lebih berlimpah, kelegaan kabin yang lebih luas, dan suspensi yang lebih empuk. Mitsubishi Xpander memang dibangun sebagai mobil keluarga yang mempertimbangkan kenyamanan semua penumpang di setiap baris kabinnya.

 

Harga

Harga Honda BR-V pada rentang Rp. 228 – 263 juta, sedangkan Mitsubishi Xpander Rp. 189 – 245 juta. Perbedaan harga yang cukup signifikan tersebut sangatlah wajar, mengingat kedua mobil ini berada pada segmen yang berbeda. Namun dalam hal fitur, Xpander tidak kalah dari BR-V. Jadi untuk urusan harga ini, tentu Xpander lebih bersahabat dengan dompet sobat, selisih Rp. 18 juta pada tipe tertinggi lumayan untuk memodifikasi Xpander jika pilihan jatuh pada Xpander.

 
Baca juga: Perbandingan Honda mobilio vs Mitsubishi Xpander

 

Kesimpulan

Dari ulasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa jika sobat lebih menyukai tampilan SUV sejati dan sangat menikmati mengemudi, maka Honda BR-V adalah pilihan yang tepat. Namun jika sobat menginginkan tingkat kenyamanan superior di setiap baris kabin untuk memanjakan semua penumpang mobil sobat, makan Mitsubishi Xpander pilihan yang lebih cocok.

 
Berikut kelebihan pada kedua mobil tersebut:

Honda BR-V: Pengendalian, Tenaga, Fun-to-Drive, Styling Eksterior SUV.
Mitsubishi Xpander: Kenyamanan, Kabin Lega, Fitur Berlimpah, Styling Eksterior unik dan gagah.

 
Demikian review singkat ini. Semoga membantu sobat yang sedang memilih-milih mobil mana yang akan sobat pilih. Keduanya adalah mobil keluarga dengan kelebihan masing-masing. Semoga sobat mendapat mobil terbaik, sesuai kebutuhan, selera dan anggaran dana yang tersedia.

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *