Perbandingan Lengkap Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga – Harga, Spesifikasi dan Fitur

CaruserMagz.com – Segmen Low MPV di Indonesia kini dihuni banyak mobil dari berbagai brand. Kesuksesan Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia telah mengundang brand lain untuk juga ikut bertarung di pasar otomotif paling gemuk ini. Suzuki menghadirkan Ertiga dan Honda meluncurkan Mobilio yang atraktif.

Bagi sobat yang ingin keluar dari zona mainstream, Ertiga dan Mobilio merupakan pilihan paling logis sekaligus paling menarik. Namun terkadang banyak yang lama memutuskan, yang mana yang akan dibeli.

 

Untuk membantu calon pembeli mobil low MPV, kami ingin menghadirkan perbandingan objektif Suzuki New Ertiga vs Honda Mobilio, berdasarkan data teknis dan pendapat para pemilik mobil ini. Komparasi ini akan mengulas: Harga, Spesifikasi, Desain, Performa, Kenyamanan, Kepraktisan, Build-quality dan Fitur. Berikut ulasan detail mengenai perandingan low MPV Suzuki vs Honda ini:

 

1. Perbandingan Harga

 

Kami menilai perbandingan harga akan menjadi fokus utama calon pembeli mobil ini, oleh karena itu kami meletakkan perbandingan harga pada poin pertama. Dari perbandingan harga ini, kita bisa lihat peta pertarungan kedua MPV ini pada masing-masing variannya.

 

Berikut table perbandingan harga Ertiga vs Mobilio secara head to head:

Perbandingan Harga Mobilio vs Ertiga 2017
Perbandingan Harga Suzuki Ertiga vs Mobilio 2017
Dari perbandingan harga tersebut, dapat kita simpulkan bahwa pada level yang sama Suzuki Ertiga relatif lebih murah dari Honda Mobilio untuk harga OTR DKI Jakarta. Sehingga secara kasat mata, Suzuki Ertiga unggul dalam pertarungan harga dan pilihan varian yang lebih banyak.

 

Tapi harga tersebut adalah harga OTR, sedangkan dalam praktik penjualannya biasanya ada diskon yang beragam dari dealer maupun salesnya. Apalagi jika sobat mau membeli mobil keluaran tahun lalu yang belum terjual, biasanya dealer akan melego dengan diskon fantastis hingga puluhan juta rupiah.

 

Jadi pintar-pintarlah bernegosiasi dan jika beruntung, sobat bisa mendapat harga yang jauh lebih murah dari OTR tersebut.

 

Lalu bagaimana jika sobat ingin membeli mobil ini sebagai mobil bekas (second), perbandingan harga yang kami perhatikan di situs-situs jual beli mobil bekas dan e-commerce seperti olx.co.id dan jualo.com, Suzuki Ertiga juga relatif lebih murah.

 

Dari perbandingan harga tersebut, dapa kita simpulkan bahwa nilai jual kembali Mobilio lebih baik dari Ertiga Jadi bagi sobat yang merencanakan menjual kembali mobil yang dibeli dalam waktu yang tidak lama, Mobilio bisa dipertimbangkan.

Dengan fitur yang cukup banyak, kualitas bahan yang lebih bagus, kami simpulkan Suzuki Ertiga mempunya Value-for-Money yang lebih menarik dibanding Honda Mobilio.

 

2. Perbandingan Desain

 

Tak dapat dipungkiri bahwa tampilan atau desain eksterior menjadi faktor dominan kedua yang mempengaruhi keputusan calon pembeli mobil, khususnya di Indonesia. Tampilan yang menarik atau atraktif, lebih menggoda dibanding hal-hal detail spesifikasi, karena ini terkait rasa kebanggaan terhadap tunggangan sehari-hari.

 

Memang mengenai tampilan masing-masing orang akan berbeda-beda, namun biasanya pabrikan mobil akan meneliti bagaimana selera kebanyakan konsumen mobil di suatu negara. Jadi siapa yang bisa mendesain mobilnya dengan tampilan yang paling dekat dengan selera mayoritas konsumen, dialah yang akan lebih banyak dibeli oleh konsumen.

 

Eksterior

 

Dalam hal desain eksterior, kami kira tidak berlebihan jika kami katakan bahwa Honda Mobilio mengungguli Suzuki Ertiga. Tampilannya yang aerodinamis memberi aura yang stylist dan tajam sekaligus bertenaga.

 

Tampilan belakang Honda Mobilio juga terlihat lebih menggoda dari Ertiga yang ada kesan mobil kargo. Dimensi Mobilio yang lebih rendah juga membuat tampilannya lebih sporty, sedangkan Ertiga memang lebih cocok bersaing dengan Avanza dalam hal desain eksterior.

 

Interior

 

Melirik bagian dalam, dashboard Honda Mobilio kami kira lebih sedap dipandang. Karena desain dengan garis-garis tegas yang satu platform dengan Honda Jazz, lebih memberi kesan modern dibanding dashboard Ertiga.

 

Namun sayangnya Mobilio hanyak enak dipandang dashboardnya, dalam hal desain doortrim dan kursi, Ertiga lebih baik dari Mobilio yang terkesan ketinggalan. Kursi Mobilio yang tipis dan desain doortrim yang terlalu biasa tidak serasi dengan dashboardnya yang atraktif. Apabila diperhatikan lebih dekat, dashboard Mobilio terkesan kurang rapi.

Jadi secara keseluruhan, Ertiga unggul dalam desain interior, karena desain kursi yang mewah, center arm-rest pada baris kedua dan doortrim terlihat lebih berkelas.

 

3. Perbandingan Build Quality

 

Biuld Quality atau kualitas pembuatan adalah terkait kualitas bahan dan kerapian pemasangan berbagai komponen, baik di luar maupun di bagian dalam mobil.

 

Dalam hal build quality, sudah banyak dibahas oleh berbagai reviewer professional bahwa Suzuki Ertiga unggul dari Honda Mobilio. Suzuki terlihat begitu niat membuat mobil low MPV berkualitas, dengan finishing yang rapi dan kualitas bahan yang tidak keterlaluan menghemat biaya produksi.

 

Sedangkan Honda Mobilio yang termasuk produk awal bagi Honda memasuki segmen untuk konsumen menengah ke bawah, cukup disayangkan Honda melakukan down grade yang menurut kami keterlaluan, demi menekan biaya produksi.

jika sobat adalah orang yang memperhatikan detail build quality, sobat akan mendapati bahan interior Mobilio merupakan plastik keras yang tipis hingga bisa melengkung ke dalam saat ditekan.

Finishing interior Mobilio juga nampak kurang rapi, celah cukup lebar di sisi pertemuan doortrim dan dashboard serta pintu dan pilar-B, terasa kurang sedap dipandang. Permukaan dashboard dan doortrim juga terasa kasar saat disentuh.

 

Dapat dikatakan Mobilio hanya unggul dalam hal bentuk dashboard, selebihnya secara keseluruhan build quality interior dan eksterior Ertiga terasa lebih premium karena tebal, halus dan rapi.

Interior Ertiga terasa jauh lebih mewah, lebih elegan dan lebih berkelas di banding Mobilio. Kesan mobil untuk kalangan bawah, terasa kental di interior Mobilio, terutama dari kualitas bahan interior, desain kursi yang tipis dan  kain pembalut kasar.

 

4. Perbandingan Spesifikasi – Dimensi

 

Langsung saja sobat simak perbandingan data teknis dari dimensi kedua low MPV ini, dari tabel berikut:

Perbandingan Dimensi Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga
Perbandingan Dimensi Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga

Dari tabel di atas, dapat kita rangkumkan beberapa hal, antara lain:

Kelegaan kabin – Dengan dimensi yang lebih panjang hingga 12,1 cm, Honda Mobilio punya kabin yang lebih lega disbanding Suzuki Ertiga, apalagi dengan busa kursi yang lebih tipis, Honda Mobilio makin terasa lebih lega. Namun dalam hal ruang kepala, Suzuki Ertiga lebih unggul karena dimensinya yang lebih tinggi. Jadi masing-masing punya kelebihan dalam hal kelegaan kabin.

Luas Bagasi – Mengenai bagasi memang tidak tanpak jelas dari ukuran dimensi, namun desain bokong Mobilio yang tidak datar seperti Ertiga, membuat Mobilio punya ruang bagasi yang lebih luas. Pelipatan kursi tipis baris ketiga mobilio yang sederhana membuat bagasinya lebih luas lagi.

Radius putar – Wheelbase Ertiga yang lebih panjang menyebabkannya membutuhkan radius putar yang lebih luas saat harus berbalik arah. Maka Mobilio lebih gesit dalam hal radius putar.

Daya Jelajah – Walau hanya berbeda 4 mm, Mobilio punya jarak terendah ke jalan yang lebih tinggi, sehingga daya jelajahnya akan lebih baik dibanding Ertiga. Khususnya saat harus menempuh jalan yang bergelombang.

Pengendalian – Dimensi Mobilio yang lebih rendah secara keseluruhan memberi efek pengendalian yang lebih baik. Hal tersebut juga berkontribusi pada pengendalian Mobilio yang terasa lebih asyik dikemudikan.

Dari ulasan di atas, maka secara dimensi, Honda Mobilio dapat dikatakan unggul dari Suzuki Ertiga, khususnya dalam hal kelegaan kabin.

 

5. Perbandingan Mesin dan Performa

 

Kedua low MPV ini berpenggerak roda depan, sehingga menjadi antitesis dari MPV sejuta umat, Avanza-Xenia yang berpenggerak roda belakang. Mengenai dapur pacunya, berikut perbandingan detail mesin Ertiga vs Mobilio:

komparasi Mesin dan Performa Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga
komparasi Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga – Mesin dan Performa

Dari tabel perbandingan di atas, dapat kita tebak bahwa Mobilio berfokus pada kenikmatan mengemudi, sedangkan Ertiga lebih mengutamakan kenyaman penumpang.

 

Untuk performa mesin, akselerasi Mobilio lebih unggul dengan hanya butuh 11,1 detik untuk melaju dari diam ke kecepatan 100 km/jam. Sedangkan Ertiga membutuhkan waktu hingga 14 detik.

Dari kapasitas mesin Mobilio yang lebih besar 123cc dari Ertiga, wajar jika tenaganya lebih besar. Dengan mesin 1,5L yang sama dengan milik Honda Freed, tarikan Mobilio terasa lebih bertenaga dibanding Ertiga.

 

Ditambah dimensinya yang lebih rendah, desain aerodinamis dan suspensi yang kaku, pengendalian Mobilio terasa lebih mantap dan stabil, sehingga pengemudi cukup percaya diri menikung tajam dengan kecepatan tinggi hingga di atas 60 km/jam.

 

Namun Ertiga ternyata unggul dalam hal konsumsi bbm untuk perjalanan luar kota atau rute toll yang hingga 19,2 km/liter, hal ini membuktikan pilihan mesin yang lebih kecil pada Ertiga memberi mamfaat dalam hal efisiensi bahan bakar.

 

Terbukti Ertiga memang lebih mengutamakan kenyaman dan efisiensi, sesuai slogan-nya “Lebih Mengerti Keluarga“. Sehingga suspensi dibuat empuk, kursi tebal dan body lebih tinggi untuk kelegaan ruang kepala. Dari segi pengendalian Ertiga memang tidak lebih baik dari Honda Mobilio, tapi dalam hal kenyamanan dan efisiensi, Ertiga punya keunggulan.

 

6. Perbandingan Fitur

 

Dalam hal fitur, kedua low MPV ini bersaing cukup ketat, khususnya pada tipe menengah dan tertinggi. Pada awalnya keduanya sepertinya didedikasikan untuk merampas sebagian kue pasar yang selama ini dikuasai Avanza, sehingga fitur berlimpah menjadi andalan keduanya.

 

Berikut perbandingan fitur Ertiga vs Mobilio:

Fitur
Honda Mobilio
Suzuki Ertiga
Fitur Keselamatan    
Teknologi Rem ABS+EBD: Semua Tipe ABS+EBD: GX, Dreza dan Diesel
Airbags Dual Airbags – Semua Tipe Dual Airbags, Semua Tipe
Stability Control Tipe RS-CVT N/A
Hill Start Assist Control Tipe RS-CVT N/A
Sensor Parkir Semua Tipe Semua Tipe, kecuali GA
High mount Stop Lamp LED, Semua Tipe Semua Tipe, kecuali GA
Side Impact Beam Semua Tipe Semua Tipe
Seat Belts Pretensioner with load limiter Pretensioner – load limiter
+ Heigh Adjuster
Seat Belt Reminder Tipe S & E: Driver Only,
Tipe RS: Driver & Front passanger
Hanya Pengemudi
Auto Door Lock by speed Semua tipe Semua Tipe
Kamera Parkir Tipe E-CVT dan RS Tipe Dreza
Teknologi Rangka Monocock – G-CON+ACE Monocock 
Fitur Eksterior    
Projector Head Lamp 2016: Tipe RS , 2017: Semua tipe  N/A
Fog Lamp Tipe E dan RS Semua Tipe, kecuali GA
LED – DRL Pada Head Lamp N/A
Electric mirror Semua Tipe Semua Tipe
Retractable mirror Tipe E dan RS Tipe GX dan Dreza
Lampu Sein pada Spion Tipe E dan RS Tipe GX dan Dreza
Tinted Glass (anti panas) Heat rejecting green tinted glass N/A
Fitur Interior    
AC Digital Semua tipe, Otomatis E-CVT & RS N/A
AC Double Blower Semua tipe Semua Tipe, Kecuali GA
Auto up-down kaca Sisi Pengemudi – Tipe E dan RS Sisi Pengemudi – Semua Tipe
ISOFIX Semua Tipe  N/A
Touchscreen monitor Tipe E: 6,2″ dan RS: 6,8″ Dreza: 9″, Diesel: , GX: 
Audio Steering control Tipe E-CVT dan RS Tipe GX, Diesel dan Dreza
Driver Seat Heigh Adjuster N/A Tipe GX, Diesel dan Dreza
Audio Speakers Tipe S & E : 4, Tipe RS: 6 Semua tipe 4, kecuali GA
Steering Adjustment Tilt Steering Tilt Steering
Akses ke baris ke-3 One touch tumble Sliding kursi baris kedua
Drive by Wire Semua tipe N/A
Eco Indicator Semua Tipe Semua Tipe
Fitur Keamanan    
Immobilizer Immobilizer + Wave Key Immobilizer
Alarm System Tipe E dan RS Semua Tipe, Kecuali GA
Keyless Entry Tipe E dan RS Semua Tipe, Kecuali GA

 

Dari table di atas, terlihat bahwa Honda Mobilio lebih unggul dalam jumlah dan kecanggihan fitur. Khususnya pada fitur keselamatan. Cukup banyak fitur yang ada pada Mobilio tidak tersedia pada Suzuki Ertiga.

Hal ini cukup masuk akal, mengingat Honda Mobilio lebih sering mendapat facelift dan penambahan fitur, sedangkan Suzuki cukup lamban dalam mengupdate Ertiga. Mungkin pada facelift selanjutnya Ertiga akan dibuat lebih kaya fitur seperrti Mobilio yang ada sekarang.

Jadi dalam hal persaingan fitur, Honda Mobilio mempunyai value for money yang lebih baik dibanding Suzuki Ertiga.

 

7. Perbandingan Kenyamanan

 

Dari ulasan terkait mesin dan performa pada poin no.5 di atas, Ertiga lebih unggul dalam hal kenyamanan baik bagi pengemudi maupun penumpang. Hal-hal yang menunjang kenyamaan Ertiga untuk mengungguli Mobilio antara lain:

 

Suspensi Ertiga yang lebih empuk, sehingga bantingan saat melewati jalan tidak rata terasa lembut.
Kursi Ertiga yang lebih tebal, empuk dan kain pembalut yang halus.
Warna interior yang terang memberi kenyaman bagi mata penumpang.
Adanya arm-rest di tengah pada kursi baris kedua, menjadi kelebihan untuk kenyaman pada Ertiga.
Ruang kepala yang sangat lapang.
Kualitas bahan interior yang terlihat mewah pada Ertiga berbanding terbalik dengan Mobilio yang terlihat berbahan murahan (cheap look).

 

Mobilio sebenarnya cukup nyaman jika dibandingkan Toyota Avanza, namun jika harus dibandingkan dengan Ertiga, kenyamannya kalah telak, Semua faktor kenyamanan pada Ertiga menjadi kekurangan Mobilio saat dibandingkan dengan Ertiga.

 

8. Perbandingan Kepraktisan

 

Sebenarnya kepraktisan kedua MPV keluarga ini sudah cukup memadai, ruang penyimpanan dan cup-holders, akses antar baris kabin serta luas bagasi sudah mencukupi untuk kebutuhan sehari-hari keluarga.

 

Hanya saja jika harus dibandingkan, Ertiga lebih unggul karena memiliki lebih banyak ruang penyimpanan seperti cup holder dan penyimpanan terbuka. Total ada 10 cup holder, termasuk cupholder foldable yang berada di depan exhaust AC untuk menjaga suhu minuman tetap dingin dan cupholder pada center armrest di baris kedua.

 

9. Perbandingan Biaya Servis dan Harga Spare Parts

 

Bukan rahasia umum bahwa biaya servis, harga spare part dan aksesoris original Honda jauh lebih mahal dibanding mobil brand lainnya. Jadi jika sobat memutuskan membeli Mobilio yang dari segi harganya sudah lebih mahal, sobat juga harus siap-siap dengan biaya operational yang lebih tinggi. Baik dalam hal service rutin, maupun saat harus melakukan penggantian spare part.

 

Begitupun jika sobat cukup hobby memodifikasi mobil dengan aksesoris original dari Honda, maka sobat harus menyiapkan uang yang lebih banyak karena aksesoris mobil Honda terkadang seperti tidak masuk akal harganya.

 

KESIMPULAN

 

Dari perbandingan panjang di atas, kami menyimpulkan kelebihan masing-masing Ertiga dan Mobilio dari rivalnya, sebagai berikut:

 

Honda Mobilio:
Kelebihan: Desain Eksterior, Pengendalian, Tenaga dan Torsi, Lebih kaya fitur
Kekurangan: Build Quality: Kualitas bahan plastic interior, kerapian assembly, desain kursi, biaya operasional.

 

Suzuki Ertiga:
Kelebihan: Desain interior, Build Quality, Kenyamanan, Biaya operasional
Kekurangan: Desain eksterior, Pengendalian,

 

Dengan metode scoring, kami coba menilai kedua low MPV ini, dari setiap komponen penilaian dengan rentang score 1-10, sebagai berikut:

 

Perbandingan Mobilio vs Ertiga - scoring
Perbandingan Mobilio vs Ertiga – scoring
Dari total score tersebut, maka dapat kita simpulkan bahwa Suzuki Ertiga lebih unggul dari Honda Mobilio. Hal tersebut terjadi karena faktor kenyamanan, build quality, biaya operasional dan tentunya kemewahan interior yang seperti setingkat di atas kelas low MPV.

 

Bagi sobat yang hobby mengemudi dan menikmati pengendalian mobil yang bertenaga cukup gesit, mungkin kekurangan-kekurangan Mobilio dapat diabaikan. Namun karena kedua mobil ini adalah low MPV yang diperuntukan bagi mobil keluarga, maka kenyamanan adalah faktor terpenting, sehingga Suzuki telah tepat memposisikan Ertiga dengan slogan “Mengerti Keluarga“.

 

Namun dalam hal menjatuhkan pilihan, mobil mana yang akan dibeli, tentunya setiap orang punya preferensi atau kecenderungan masing-masing. Ada yang lebih tertarik pada tampilan eksterior, ada yang lebih ingin menikmati kenyamanan dan kemewahan interior dan ada pula yang lebih suka dengan fitur-fitur canggih serta kenikmatan mengemudi.

 

Dari simpulan mengenai plus-minus mobil ini dibanding kompetitornya yang kami jelaskan di atas, sobat dapat mempertimbangkan mobil yang mana yang akan dibeli, sesuai keinginan, kebutuhan dan anggaran yang tersedia.

 

Jika ada saran atau pertanyaan, silahkan sampaikan melalui kolom komentar. Semoga sobat mendapat mobil impian terbaik.

 

Salam Otomotif!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

One thought on “Perbandingan Lengkap Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga – Harga, Spesifikasi dan Fitur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *