Pajero Sport vs Fortuner, Mana yang Paling Cepat, Bertenaga dan Paling Irit Bahan Bakar

 

CaruserMagz.com – Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner adalah seteru paling hot dalam pertarungan big SUV 7 seater di Indonesia. Fortuner dan Pajero Sport tetap mejadi SUV sejuta umat bagi konsumen Indonesia, walau ada cukup banyak pilihan SUV besar lainnya yang tak kalah gagah, canggih dan bertenaga seperti Hyundai Santa-Fe, KIA Sorento, Isuzu MU-X dan Chevrolet Captiva.
Adu Tenaga dan Keiritan New Pajero Sport vs New Fortuner
Adu Tenaga dan Keiritan New Pajero Sport vs New Fortuner – Foto by YA
Faktor brand Toyota dan Mitsubishi yang sudah dikenal baik oleh masyarakat Indonesia, menjadi penentu utama mengapa kedua SUV bongsor ini lebih laris dibanding para kompetitor dari brand lainnya.
Jika sobat pembaca sedang menimbang-nimbang yang mana dari kedua SUV ini yang akan menghuni garasi sobat, tentunya ingin tahu yang mana yang paling sesuai dengan ekspektasi. Artikel ini mungkin berguna untuk mengetahui perbandingan tenaga, akselerasi dan keiritan bahan bakar kedua SUV terlaris ini. Berikut ulasan lebih rinci-nya:

1. Perbandingan Mesin dan Tenaga

Di atas kertas sesuai klaim dan spesifikasi dari pabrikan, perbandingan mesin dan tenaga Fortuner vs Pajero Sport dapat dilihat pada table berikut ini:
Dari table di atas dapat kita ketahui bahwa Mitsubishi Pajero Sport unggul jauh dalam hal tenaga dan torsi untuk tipe 4×2 tertinggi, yaitu punya tenaga 31,4 PS lebih besar dan torsi 30 Nm lebih banyak. Namun Fortuner bisa mencapai tenaga dan torsi maksimum lebih cepat karena tenaga 150 PS-nya sudah tercapai di 3400 rpm, sedangkan Pajero Sport butuh 3500 rpm untuk mencapai tenaga maksimum 181 PS.

Data tersebut juga menggambarkan bahwa Pajero Sport seharusnya lebih cepat dan lebih kencang dalam berakselerasi dibanding Fortuner. Sedangkan Fortuner akan lebih efisien terhadap bahan bakar, karena kubikasi mesin yang lebih kecil. Kelebihan Fortuner dalam hal ini juga adalah kapasitas tanki bbm yang lebih besar, yang artinya punya kemampuan jarak tempuh yang lebih jauh.

Transmisi baru 8-percepatan milik Pajero Sport juga memberi keunggulan dalam akselerasi, karena perpindahan gigi juga akan lebih singkat dan punya nafas tenaga yang lebih panjang. Sehingga bagi penggemar tenaga dan torsi besar dalam berkendara, akan lebih memilih Pajero ketimbang Fortuner. Namun bagi mereka yang lebih mementingkan efisiensi bbm serta jarak tempuh, maka Fortuner adalah pilihannya.

Pada tipe menengah, Toyota Fortuner tipe SRZ 4×2 2.7L bermesin bensin lebih bertenaga 27 PS dibanding Pajero Sport Exceed 2.5L. Namun karena Pajero Sport Exceed bermesin Diesel, dia mempunyai torsi yang lebih besar 82 Nm dibanding Fortuner SRZ.

2. Perbandingan Performa (Akselerasi)

Performa kedua SUV ini diuji secara professional oleh media otomotif ternama, yaitu AutoBild Indonesia. pengetesan tersebut menguji seberapa kencang akselerasi untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari posisi diam.
Dari pengujian tersebut, didapatkan data bahwa New Pajero Sport lebih unggul dalam akselerasi, dari posisi diam ke kecepatan 100 km/jam mampu dituntaskan Pajero Sport dalam 10,3 detik, sedangkan New Fortuner membutuhkan waktu 2,5 detik lebih lama, yaitu 12,8 detik.

3. Perbandingan Keiritan Konsumsi BBM

Komparasi keiritan konsumsi bbm juga berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan AutoBild, yaitu konsumsi bbm untuk rute dalam kota yang lebih banyak di putaran gigi bawah dan untuk rute luar kota atau toll saat mobil dipacu dengan kecepatan tinggi yang relatif stabil.
Hasil pengujian tersebut menyimpulkan ternyata New Fortuner lebih irit bbm dibanding New Pajero Sport. Untuk rute dalam kota, Fortuner mampu menempuh 12,2 km tiap liter bbm, sedangkan Pajero hanya 12 km saja. Selisihnya memang tidak signifikan untuk rute perjalanan dalam kota yang stop-and-go.
Namun untuk rutel luar kota atau jalur toll, selisihnya cukup signifikan, hingga 1,6 km/liter untuk keunggulan Fortuner. Pajero Sport menempuh 14,8 km/liter sedangkan Fortuner 16,4 km/liter.
Berikut data hasil pengujian tersebut:
Data hasil test performa dan keiritan bbm Pajero Sport vs New Fortuner 2016 – Sumber: AutoBild Indonesia

 

 
 

4. Perbandingan Fitur terkait Performa dan Pengendalian

Mengenai fitur-fitur pada Pajero Sport dan Fortuner yang terkait dengan performa dan pengendalian, Pajero Sport lebih unggul karena sudah dilengkapi Vehicle Stability Control, sehingga efek limbung karena body-nya yang bongsor bisa dikurangi secara signifikan. Sedangkan Fortuner tidak dilengkapi fitur tersebut.
Fitur Traction Control juga menjadi kelebihan New Pajero Sport dari Fortuner, sehingga Pajero Sport akan lebih aman dibawa off road atau jalan yang licin.
Baca Juga:
Dari ulasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa dalam hal performa mesin masing-masing punya keunggulan sebagai berikut:
Mitsubishi New Pajero Sport : Akselerasi, Fitur Pengendalian
Toyota New Fortuner             : Lebih irit bbm dan jarak tempuh lebih jauh
Salam Otomotif!

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *