New Mitsubishi Pajero Sport Dipamerkan di BIMS 2017, Perubahan Minor Makin Macho

CaruserMagz.com – New Mitsubishi Pajero Sport 2017 dipamerkan di Bangkok International Motor Show (BIMS) 2017. SUV ladder frame berkapasitas 7 penumpang yang juga dikenal dengan nama Montero ini, benar-benar telah naik kelas dari kendaraan lapangan menjadi mobil keluarga yang mewah dan gagah.

 

Pajero Sport merupakan SUV yang mempunyai platform yang sama dengan pickup Triton. Pada awalnya Triton dan Pajero Sport punya wajah yang benar-benar mirip, perbedaan hanya pada bagian belakang. Namun sekarang pelanggan banyak menjadikan Pajero Sport sebagai mobil keluarga, sehingga menuntut Mitsubishi membuat perbedaan yang signifikan, demi memenuhi ekpektasi pengguna SUV besar ini.

 

Walau tidak disebut sebagai versi facelift, New Pajero Sport yang dipajang pada even Bangkok International Motor Show 2017 di Thailand ini, memperlihatkan beberapa ubahan minor yang membuatnya makin maskulin dan tetap plamboyan. Berikut beberapa hal terkait New Pajero Sport 2017 tersebut:

 

Eksterior

 

Secara keseluruhan bentuknya masih sama dengan Pajero Sport yang ada sekarang, namun Pajero Sport yang dipamerkan ini terlihat lebih agresif dengan berbagai aksesoris khas crossover. Fascia depan bertabur chrom, masih dengan desain dynamic shield bermotif huruf X, yang meliputi grill atas, grill radiator, lampu utama, dan fog lamp.

 

Pada bagian samping, hal yang baru adalah kehadiran over-fender, side skirt pada pintu dan bumper cover, yang semuanya berwarna hitam. Tambahan ini membuat New Pajero Sport 2017 terlihat lebih macho dan benar-benar menunjukkan karakter seekor SUV. Desain 6-spoke velg sporty yang lebih tegas juga berbeda dari Pajero Sport yang ada di Indonesia Sekarang.

 

Pada bagian belakang, masih sama dengan Pajero Sport sekarang, hanya saja ada beberapa tambahanan aksesoris yang melengkapi tampilannya jadi lebih elegan, seperti rear-spoiler, aksen chrom yang mirip exhaust pada sisi kiri dan kanan bumper, dan muppler bermotif chrom menghiasi ujung kenalpot. Sayangnya ban serap masih terlihat telanjang di bagian bawah bumper, tanpa cover seperti pada Toyota Fortuner.

 

Secara keseluruhan desain Mitsubishi Pajero Sport 2017 ini tetap dengan taburan chrom yang banyak, bahkan ditambah. Namun tambahan over-fender dan side-skirt akan kian menarik bagi orang-orang muda yang ingin tampil stylist, khususnya di Indonesia yang cukup maniak dengan chrom, jika saja model ini juga dijual di Tanah air.

 

Interior

 

Desain dashboard SUV 7 penumpang ini terlihat sama dengan yang sudah ada di Indonesia sekarang, yaitu mirip dengan dashboard Pickup Triton terbaru. Namun lebih enak dipandang dibanding dashboard Pajero Sport tipe Dakkar. Karena tidak ada aksen kayu terang yang membuatnya nampak murahan.

 

Mitsubishi Pajero Sport 2017 - Interior
Mitsubishi Pajero Sport 2017 – Interior

Hanya ada 2 aksen warna, yaitu hitam pada sebagian besar dashboard dan doortrim, dan silver pada pinggiran konsol tengah bersambung ke center-cluster, sekitar tuas transmisi, sekeliling exhaust AC dan pegangan tangan pada doortrim. Lingkar kemudi yang berbalut kulit juga mendapat aksen silver pada keempat spokenya.

 

AC digital otomatis juga terlihat pada center-cluster, Sayangnya panel AC tersebut sama persis dengan milik Mitsubishi Mirage, sehingga kurang terkesan premium. Hal yang juga kurang sedap dipandang adalah monitor layar sentuh yang tidak terlihat terintegrasi dengan dashboard, tapi lebih seperti produk aftermarket pada kebanyakan mobil untuk kalangan menengah ke bawah. Mungkin ini adalah masukan yang baik bagi Mitsubishi untuk me-redesain center cluster Pajero Sport agar terlihat lebih mewah dan terintegrasi layaknya mobil mahal berharga 500 jutaan rupiah.

 

Semua kursi sudah dibalut dengan jok kulit hitam termasuk pada doortrim dan arm-rest pada konsol tengah. Hal tersebut cukup memuaskan, sehingga membuat suasana interior cukup premium bagi penumpang.

 

Dimensi

 

Dimensi Pajero Sport 2017 ini 90mm lebih panjang dari model yang ada sekarang,  hingga 4785 mm dan 35 mm lebih rendah pada 1.805 mm. Ground clearance lebih tinggi sebesar 13 mm menjadi 218 mm. Hal yang tetap mempertahankan adalah wheelbase 2.800 mm dan lebar 1.815. Maka SUV ini punya ruang bagasi yang lebih luas dan daya jelajah yang bertambah dengan ground clearance lebih tinggi.

 

Fitur

 

Fitur merupakan salah satu faktor dimana Mitsubishi Pajero Sport punya banyak kelebihan dibanding kompetitornya seperti Toyota Fortuner dan Hyundai Santa Fe.:

 

Berikut list fitur Mitsubishi Pajero Sport 2017 ini:
– 7 airbag (versi Indonesia hanya 2 airbags)
– Teknologi rem ABS dengan EBD dan BA
– Vehicle Stability Control
– Pengaturan posisi kursi pengemudi elektrik
– AC dual-zone climate control otomatis
– Blind Sport Warning System
– Teknologi visualisasi sekitar mobil dengan 4 kamera
– Sistem infotainment layar sentuh dengan tampilan layar split (untuk pengemudi dan penumpang)
– Headphone inframerah nirkabel
– Forward Collision Mitigation Mitigation
– LED pada lampu belakang
– Rem cakram di keempat roda
– Traction control
– Electrical Parking Brake
– Hill Start Assist Control
– Head Lamp Washer
– Trailer Stability Assist
– Front Cabin Sunroof
– dan sebagainya.

 

Mesin dan Tenaga

 

Mesin berteknologi turbocharger 4-silinder 2.4-liter untuk varian diesel yang menghasilkan daya hingga 181 PS dan torsi 430 Nm yang disalurkan pada keempat roda melalui sistem Super Select 4WD. Tenaganya cukup bengis saat dipacu, berkat torsi yang besar.

 

Mesin tersebut diklaim lebih hemat bahan bakar sebanyak 17% dibanding versi sebelumnya dan mengeluarkan emisi gas buang lebih sedikit 200 gram CO2 per km.

 

Kompetitor

 

Di pasar otomotif Indonesia, New Mitsubishi Pajero Sport SUV bertarung dengan SUV ladder frame lainnya seperti: saingan utamanya Toyota Fortuner dan Pendatang baru Chevrolet Trailblazer. Namun dari sisi kapasitas penumpang dan tampilan yang gagah, SUV ini juga akan bersaing dengan Honda CR-V 7 seater, Hyundai Santa Fe, KIA Sorento, Nissan X-Trail dan Chevrolet Captiva.

 

Varian dan Harga

 

List harga yang ditampilkan pada saat ajang Bangkok Motor Show ini adalah sebagai berikut:
• 2.4 GLS         – 1.138.000 baht (sekitar 439 Juta Rupiah)
• 2.4 GT           – 1.250.000 baht (sekitar 482 Juta Rupiah)
• 2.4 GT 4WD – 1.450.000 baht (sekitar 559 Juta Rupiah)

 

Demikianlah ulasan mengenai Mitsubishi Pajero Sport baru 2017 yang dipamerkan di Ajang Bangkok International Motor Show 2017 ini. Mungkin tampilan baru ini layak anda nantikan kehadirannya di Indonesia. apakah ini adalah Pajero Sport yang akan diproduksi di Karawang? Itu mungkin saja!

 
Sumber gambar: IndianAutosBlog.com

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *