Spesifikasi dan Harga Mercedes GLA 200, SUV Mercedes Termurah di Indonesia

CaruserMagz.com – Mercedes Benz merupakan brand premium mobil untuk kalangan ekonomi kelas atas. Mendengar namanya saja akan menciutkan nyali orang menengah ke bawah untuk melihat-lihat modelnya.

 

Jika ada pameran mobil ini di mall, biasanya tidak begitu dikerubuni orang, karena walau bisa disentuh, mobil brand ini terlihat seperti bintang nun jauh di langit.

 

Hanya orang-orang yang benar-benar berduit yang merasa bahwa membeli mobil ini cukup sepadan dengan kelasnya. Karena kalangan orang kebanyakan akan berfikir konyol membelanjakan milyaran rupiah hanya untuk membeli mobil yang jika membeli brand Jepang, sudah bisa memborong 5 mobil sekaligus.

 

Namun ternyata tidak semua mobil Mercedes Benz yang dijual di Indonesia itu berharga milyaran rupiah, beberapa diantaranya adalah tipe standar yang sebenarnya masih cukup terjangkau oleh dompet kalangan menengah di Indonesia. Namun butuh tidak sekedar gengsi menunggangi Mercedes, tapi juga nyali mengeluarkan biaya pemeliharaan rutin dan pajak khusus barang sangat mewah untuk meminang seekor Mercy.

 

Salah satu mobil Mercedes yang ternyata berharga di bawah 1 Milyar adalah Mercedes GLA 200. SUV yang menawan ini adalah mobil Mercedes berharga termurah di Indonesia, khususnya tipe standar.

 

Mercedes GLA 200 Indonesia
Mercedes GLA 200 Indonesia – Bepan-Belakang

 

Dari daftar harga resmi, ternyata SUV Mercedes ini berharga mirip dengan Honda CR-V Turbo 4×4, Toyota Fortuner VRZ 4×4 dan Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×4. Harga Mercedes GLA 200 adalah 609 Juta Rupiah untuk OTR Wilayah DKI Jakarta.

 

Mercedes GLA 200 merupakan SUV yang berkapasitas 5 penumpang dengan ruang kabin yang lapang dan nyaman. Sebagai tipe standar atau tipe termurah, GLA 200 tidak akan semewah Mobil Mercedes pada umumnya.

 

Jangan bandingkan GLA 200 ini dengan Pajero Sport Dakar, atau Fortuner VRZ atau Honda CRV yang merupakan tipe tertinggi pada brand-nya dalam hal akomodasi penumpang dan fitur. Karena membeli Mercedes bukanlah membeli akomodasi, kenyamanan atau fitur belaka. Uang Sobat sebagian besarnya dibelanjakan untuk membeli brand Mercedes itu sendiri ketimbang akomodasi dan fitur.

 

Dari segi performa, mobil 5-seater ini juga tidak begitu atraktif untuk ukuran SUV, namun mengingat body-nya yang tidak sebongsor Pajero Sport, tenaga dan torsi tersebut akan cukup terasa powerful untuk menombakkan SUV kecil ini.

 

GLA 200 dibekali mesin bensin 1.595cc 4-silinder dengan tenaga maksimum 156 hp pada 5.300 rpm dan torsi puncak 250 Nm pada 1250 – 4000 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda penggerak dengan transmisi otomatis 7G-DCT.

 

Klaim Mercedes, mobil ini bisa menuntaskan 0 hingga 100 km/jam dalam waktu 8,8 detik dan kecepatan maksimum 215 km/jam. Konsumsi bbm diklaim mencapai 17,24 km/liter. Sedangkan kapasitas tanki bbm SUV ini adalah 50 liter.

 

SUV landai ini berdimensi panjang 4.417 mm, lebar 1.804 mm dan tinggi 1.494 mm. Dari dimensi tersebut dapat dibayangkan bahwa mobil ini sangat aerodinamis, berkat body-nya yang panjang dan rendah. Berat kosong mobil ini adalah 1.435 kg dengan daya angkut sebesar 485 kg.

 

Masuk ke kabin kita akan disuguhi dashboard yang bernuansa mewah dengan motif bahan plastik karbon. Head unit model floating dengan monitor layar sentuh dan berbagai ornament chrom memberi kesan mewah pada interior mobil ini. Lingkar kemudi dan cluster meter dibaliknya terlihat sangat berkelas. Tidak ditemukan tuas transmisi, melainkan ada kenop putar pada konsol tengah yang menjadi pengatur posisi transmisi.

 

Mercedes GLA 200 Indonesia - Interior
Mercedes GLA 200 Indonesia – Interior
Kursi SUV ini berkontur busa yang tebal dan nyaman diduduki. Hal yang menjadi identitas model standar pada SUV ini adalah bahan pembalut kursi yang berupa kain empuk dengan motif lumayan kasar, bukan kulit seperti pada tipe tertinggi.

 

Berikut daftar harga Mercedes Benz GLA untuk semua tipe:
GLA 200                             : Rp.     609.000.000
GLA 200 AMG Line            : Rp.     709.000.000
New GLA 200 AMG Line    : Rp.     739.000.000
New GLA 200 45                : Rp.  1.299.000.000

 

Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

One thought on “Spesifikasi dan Harga Mercedes GLA 200, SUV Mercedes Termurah di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *