Kelebihan Kekurangan Wuling Confero S Indonesia, ini Review Detailnya

CaruserMagz.com – Segmen mobil low MPV di Indonesia kini diramaikan oleh mobil asal negeri China. Wuling Confero S adalah mobil pertama dari brand lokal terbesar di China tersebut yang masuk ke Indonesia. Bukan sebagai mobil impor, melainkan dirakit secara lokal di pabrik Wuling, Cikarang.

 
Wuling Confero adalah MPV terlaris di China yang di negara asalnya tersebut bernama Hong Ghuang. Artinya secara kualitas sebenarnya brand ini telah membuktikan diri dengan eksistensi yang kokoh di negara asalnya.

 
Bagaimana tidak, karena Wuling bekerjasama dengan General Motors, perusahaan otomotif dengan brand Chevrolet asal Amerika Serikat yang sudah sangat teruji produk-produknya.

 
Kehadiran low MPV baru ini tentu membuat kita penasaran, apa saja kelebihan dan kekurangannya. Tentu Wuling punya hal-hal yang diandalkan untuk ditawarkan pada konsumen Indonesia dengan Confero S ini. Berikut kami ulas dengan detail satu-persatu apa saja kelebihan kekurangan Wuling Confero S yang di jual secara CKD di Indonesia.

 

Kelebihan Wuling Confero S

 

Harga Murah

untuk kelas low MPV di Indonesia, Wuling memberi gebrakan cukup telak dengan menawarkan MPV 7-seater ini dengan harga pada level yang mengiris segmen mobil LCGC. Atau dapat dikatakan selevel dengan small hatchback seperti Nissan March, Mitsubishi Mirage dan KIA Picanto.

Sehingga jika dibandingkan dengan mobil yang seharusnya menjadi saingannya, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio dan Mitsubishi Xpander, Wuling Confero menang telak dari segi harga.

Baru disediakan 3 Tipe dari Wuling Confero, tipe termurah adalah Confero 1.5 dengan banderol harga Rp 128,8 Juta. Sedangkan tipe tertinggi adalah Wuling Confero S 1.5L Lux Plus dengan harga Rp. 165,9 juta. Berikut daftar harga Wuling ConferoS untuk semua tipenya:

Wuling Confero 1.5 Rp. – 128,8 Juta
Wuling Confero S 1.5C – Rp.150,9 Juta
Wuling Confero S 1.5C Lux – Rp.152,9 Juta
Wuling Confero S 1.5C Lux Plus – Rp.153,9 Juta
Wuling Confero S 1.5L – Rp.162,9 Juta
Wuling Confero S 1.5L Lux – Rp.164,9 Juta
Wuling Confero S 1.5L Lux Plus – Rp.165,9 Juta

 

Fitur Berlimpah

Wuling menawarkan Confero S dengan nilai lebih pada fitur-fitur yang berlimpah. Khususnya pada tipe tertinggi. Dibandingkan dengan mobil-mobil dari brand Jepang, dengan harga yang setara dengan LCGC,  Wuling Confero S punya fitur yang cukup mencengangkan. Berikut fitur-fitur Wuling Confero S:

Fitur Keselamatan – Fitur Rem yang lengkap, yaitu ABS-EBD, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), dual airbags, Tire Pressure Monitoring System (informasi tekanan ban) di MID, kunci immobilizer, Isofix (pengait kursi bayi).

Fitur Interior – Head unit touch screen 8 inci dengan dengan kemampuan phone mirroring, koneksi bluetooth, speaker dengan kualitas suara bagus, Port USB HDMI untuk mengecas gadget di setiap baris kabin, jam analog pada dashboard, audio steering switch, AC Digital, AC Double blower, Tilt Steering, power window dengan sensor.

Fitur Eksterior – Head lamp projector dengan fitur pengaturan leveling dan follow me home, spion electrik, LED DRL di bawah fog lamp, velg sporty dual-tone, roof rail, side skirt, sensor parkir di depan dan belakang, kamera mundur (parkir), fitur pembuka kaca dengan remot dari luar untuk mengeluarkan udara panas sebelum memasuki mobil.

 

Kabin Lapang

Luas kabin Wuling Confero S dapat dikatakan sangat lapang. Ruang kaki dan ruang kepala tersedia berlimpah bagi semua penumpang di setiap baris kursi. Hal tersebut karena dimensinya yang panjang dan tinggi.

Konfigurasi kursi juga ada pilihan 7-seater atau 8-seater. Pada tipe tertinggi kursi tengah adalah 2 kursi captain seat. Bagi konsumen yang menginginkan muatan yang banyak bisa memilih konfigurasi kursi 8-seater.

 

Tampilan Unik dan Menarik

Dalam hal tampilan eksterior, Wuling Confero S tidak seperti kebanyakan mobil asal China yang merupakan jiplakan dari mobil brand lain. Wuling sudah punya pakem desainnya sendiri yang cukup menarik.

Tampilan Confero S cukup unik untuk kelas MPV, karena sudah dilengkapi berbagai aksesoris SUV, seperti roof rail, side skirt hitam, body kit depan dan belakang yang juga hitam dan side body molding dengan aksen krom. Kelengkapan tersebut membuat tampilan Confero S nampak solid.

Namun tentunya kembali ke selera masing-masing orang, memang bentuk Wuling Confero ini bukanlah selera semua orang. Karena ada juga yang berpendapat bahwa bentuk keseluruhannya kurang modern atau nampak seperti mobil jadul.

 

Build Quality Bagus

Berbicara tentang kerapian pemasangan, Wuling Confero ini patut diacungi jempol. Apalagi dengan harga yang di bawah para kompetitornya, mobil ini terasa overspeck atau ketinggian spesifikasi dan kualitasnya.

Jika saja ini adalah mobil Jepang atau Korea, mungkin harganya sudah masuk ke kelas medium MPV seperti Toyota Innova. Bahan interior terasa kokoh karena cukup tebal dan ketebalan body juga berbobot, tidak seperti kaleng kerontang pada LCGC dari brand lainnya.

 

Basis Teknologi Chevrolet (General Motors)

Bukan rahasia lagi bahwa Wuling di China mengadopsi teknologi Chevrolet dari Amerika Serikat, khususnya pada mesin dan platform-nya. Sehingga secara kualitas sebenarnya tidak perlu diragukan. Dari Wuling Confero S yang sudah ada, sepertinya tidak terlalu banyak downgrade. Bahkan sepertinya Wuling sengaja membuat produknya overspek di Indonesia, untuk menggaet konsumen sebanyak-banyaknya.

Semoga saja kedepannya Wuling terus meningkatkan kualitas produknya, bukan sebaliknya menurunkan spek untuk mendapat keuntungan berkali-kali lipat, saat brand-nya sudah punya nama baik di Indonesia.

 

Mesin Bertenaga

Wuling Confero S dibekali mesin 1.485cc. 4-silinder in-line DOHC, DVVT. Tenaga maksimum 107 hp pada 5.800 rpm. Torsi puncak 142 Nm pada 3.800 hingga 4.400 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui gear box manual 5-percepatan.

Angka horse power tersebut lebih besar dari milik Toyota Avanza, Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga, sehingga dalam hal tenaga dapat dipastikan mobil ini tidak akan kelelahan saat melahap tanjakan.

 

Berpenggerak Roda Belakang (RWD)

Selain tenaga yang besar, Wuling Confero S ternyata berpenggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD), sama seperti Avanza dan Xenia. Sehingga dalam hal daya dorong, mobil ini akan punya kemampuan yang tidak kalah dari Avanza. Apalagi dengan torsi yang lebih besar dari Avanza. Dalam hal ini Wuling Confero S cukup meyakinkan bila digunakan untuk perjalanan jauh dan medan jalan beragam.

 

Kekurangan Wuling Confero S Indonesia

 
Dengan seabreg kelebihan dan fitur yang berlimpah, Wuling Confero S ini tidak lepas dari beberapa hal yang dianggap kekurangan atau kelemahan. Berikut daftar kekurangan Wuling Confero S yang harus dimaklumi para pemiliknya:

 
Hanya Tersedia Transmisi Manual – Entah mengapa Wuling tidak langsung menghadirkan varian matic, padahal mobil matic sangat diminati diperkotaan yang nyatanya adalah habitat kaum menengah yang mampu membeli mobil. Sehingga bagi sobat yang tidak tahan kakinya pegal karena harus menekan kopling saat terjebak kemacetan, Wuling Confero S ini bukanlah pilihan yang cocok.

 
Interior Cerah – Warna interior Confero dibuat dual tone, yaitu hitam kecoklatan dan beige. Namun warna cerah beige lebih dominan pada doortrim, dashboard dan kursi. Sehingga bagi sobat yang punya anak yang suka makan di dalam mobil, interior Wuling confero ini harus sering dibersihkan secara ekstra. Apalagi jika noda yang lengket, kemungkinan akan membuat mobil cepat terlihat kumuh.

 
Bahan Interior Plastik Keras – Bahan interior Wuling memang terasa solid dan tebal, namun sayangnya kesan murahan masih ada karena merupakan plastik keras. Mengingat harganya yang jauh lebih murah dari kompetitor, kiranya itu adalah hal yang wajar. Anggap saja membeli LCGC kualitas super.

 
Akses ke Baris ke-3 Sulit – Pada tipe dengan kursi captain seat, akses ke baris ke-3 cukup sulit. Celah di antara kursi captain seat cukup kecil, sedangkan kursi tersebut tidak bisa dilipat sepenuhnya dan saat disliding maksimal ke depan ruang celah yang tersedia juga masih tidak memadai, apalagi untuk orang dewasa dengan tubuh gemuk, akan sulit masuk ke kabin belakang.

 
Tipe Standar Belum ada Rem ABS-EBD – Fitur pengereman ini hanya ada pada tipe tertinggi, sedangkan pada tipe standar masih tanpa teknologi rem tersebut.

 
Pengendalian Limbung – Tubuh Wuling Confero yang tinggi dan konfigurasi RWD-nya membuat pengendalian mobil ini kurang nikmat dikendarai, yaitu terasa limbung dan cenderung understeer. Namun mobil ini memang didesain sebagai mobil keluarga yang lebih mengutamakan akomodasi, fungsionalitas dan kenyamanan. Sehingga tidak perlu dikendarai dengan kebut-kebutan.

 
Setir Kurang Komunikatif – Cukup banyak orang yang sudah mencoba mengendarai mobil ini mengatakan bahwa setir Wuling Confero S ini kurang komunikatif, pengendara kurang bisa menebak kondisi jalan dari dari setirnya.

 
Jaringan Bengkel Resmi Belum Luas – Sebagai brand baru, tentu masalah ini wajar. Namun itu artinya konsumen yang berada di pelosok seperti kota kabupaten, tentu akan kurang berminat membeli mobil ini karena tidak tersedianya jaringan service. Wuling terus membangun jaringan dealernya untuk menyediakan service purna jual yang mumpuni.

 
Image Mobil China – Sejarah otomotif China yang kurang baik di mata konsumen Indonesia sedikit banyak cukup berpengaruh. Wuling harus bekerja keras meyakinkan konsumen untuk menangkis image buruk tersebut. Apalagi ditambah kasus bus trans-jakarta asal China yang berulang kali terbakar, cukup banyak orang Indonesia yang menyamaratakan semua produk asal negeri tersebut.

 
Kekedapan Kabin Kurang Senyap – Wuling masih harus meningkatkan kualitas Confero S dalam hal kekedapan kabin, karena suara-suara dari luar kurang teredam dengan baik, padahal kesenyapan kabin sangat berpengaruh pada kenyamanan dan rasa akan kemewahan.

 
Bantingan Suspensi Keras – Selain pengendalian yang limbung, hal lain yang dikeluhkan pengguna mobil ini adalah bantingan suspensi yang keras, sehingga mengurangi kenyamanan sebagai mobil keluarga.

 
Baca juga: Wuling Kortes Hadir dengan Fitur Canggih dan Berlimpah

 
Demikianlah review mengenai Kelebihan dan kekurangan Wuling Confero S, low MPV asal Tiongkok yang cukup fenomenal kehadirannya di Indonesia. Banyaknya keunggulan Confero dalam hal fitur adalah hal yang menarik, walau disana-sini masih ada kelemahan yang harus diperbaiki oleh Wuling.

Dengan harga yang jauh lebih murah dari kompetitor, rasanya value for money Confero S ini sangatlah tinggi. Karena level harganya mengiris segmen LCGC yang kita semua tahu seperti apa kualitas dan keluhan penggunanya yang bejibun.

Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *