Jenis-jenis Mobil Penumpang di Indonesia, Pengertian dan Fungsinya

CaruserMagz.com – Bagi sobat yang sudah malang melintang di dunia permobilan, mungkin artikel ini tidak begitu penting. Namun kami berharap tulisan ini berguna bagi sobat yang baru ingin mengerti tentang mobil atau masih mencari informasi jenis mobil apa yang tepat untuk dibeli.

Ada banyak istilah jenis mobil yang sering kita dengar, tapi tidak sedikit yang tidak tahu apa kepanjangan dan pengertian dari singkatan-singkatan penamaan jenis mobil tersebut. Berikut kami jelaskan apa saja jenis mobil, pengertian dan fungsinya.

 

1. MPV

MPV merupakan singkatan dari “Multy Purpose Vehicle” dengan arti yang lebih ringkas disebut “Mobil Serba Guna“. MPV adalah jenis mobil yang bisa digunakan untuk banyak keperluan, sehingga daya angkut atau kapasitas penumpang menjadi prioritasnya.

 

Jadi MPV cocok untuk sobat yang memerlukan kapasitas penumpang yang banyak, karena seekor MPV dapat memuat 7 penumpang atau lebih jika penumpangnya berbadan kecil. Mobil MPV dibagi berbagai segmen lagi, seperti: low-MPV, Medium-MPV, Compact-MPV dan Luxury-MPV.

Low MPV disasar untuk konsumen menengah ke bawah sehingga jenis mobil ini menjadi mobil sejuta umat.  Jadi ini adalah mobil berkapasitas 7 penumpang yang berharga paling terjangkau. Contoh mobil Low MPV antara lain: Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Daihatsu Xenia, Nissan Grand Livina. Bahkan sekarang low MPV sudah memasuki kategori LCGC seperti Toyota Calya, Daihatsu Sigra dan Datsun Go+ Panca.

Medium MPV berada satu kelas di atas low-MPV, mobil ini berdimeni bongsor karena mengutamakan kelegaan kabin dan daya angkut penumpang yang banyak, namun berharga tidak terlalu mahal sehingga masih terjangkau oleh kalangan menengah. Medium MPV di Indonesia antara lain: Toyota Innova, KIA Sedona, Nissan Serena dan lain-lain. Mobil jenis ini cocok untuk sobat yang menginginkan kenyamanan dan kelegaan kabin.

Compact MPV merupakan jenis yang belum lama mengaspal di Indonesia, MPV ini berdimensi sama dengan low MPV namun berharga lebih mahal karena fitur, kenyamanan dan kualitas yang lebih baik. contoh compact MPV adalah Honda Freed dan Toyota Sienta.

Luxury MPV merupakan jenis MPV Mewah yang biasanya dipilih oleh orang-orang kaya untuk memberi kenyamanan kelas atas bagi keluarganya. Contoh MPV mewah antara lain: Toyota Alphard, Nissan Elgrand, Honda Oddyse, Mitsubishi Delica dan lain  sebagainya.

 

2. SUV

SUV merupakan singkatan dari “Sport Utility Vehicle” yang berarti mobil berperforma tinggi atau bertenaga besar, jenis mobil ini identik dengan system penggerak pada ke-empat roda, sehingga juga dijuluki “high performance four wheel drive car“, walau sebenarnya sekarang tidak semua SUV berpenggerak AWD. Di beberapa Negara Eropa SUV lebih dikenal dengan istilah Crossover atau Off Road Car.

SUV cocok untuk menempuh jalan dengan kondisi kurang baik, seperti bergelombang, banyak lubang atau off road, karena kaki-kaki dan bannya didesain lebih tangguh dari mobil perkotaan. Pada umumnya SUV lebih mengutamakan torsi yang besar. Selain kegunaannya yang bisa melibas berbagai medan jalan, tongkrongannya yang gagah, membuat SUV digemari karena memberi prestise yang dinilai mewah.

 

Ada beberapa sub-jenis dari mobil SUV, antara lain:

SUV Besar – Ini adalah SUV yang berkapasitas 7 Penumpang. Contoh SUV besar 7 penumpang yang banyak di Indonesia adalah Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Isuzu MUX, Hyundai Santa-Fe, KIA Sorento, Nissan X-Trail, Chevrolet Captiva dan lain-lain.

Medium SUV – Ini adalah jenis SUV mewah berharga mahal dengan badan cukup bongsor namun hanya mempunyai kapasitas untuk 5 penumpang saja. Contoh mobil ini adalah Honda CR-V, Suzuki Grand Vitara, Mazda CX-5, KIA Sportage, Hyundai Tucson, dan lain sebagainya.

Low SUV – Mobil jenis ini dibuat oleh pabrikan untuk memenuhi keinginan kalangan menengah ke bawah untuk memiliki mobil SUV dengan kapasitas 7 penumpang. Walau kapasitas penumpangnya banyak seperti SUV besar, harganya lebih terjangkau atau sekitar 50% dari harga big SUV. Mungkin bisa dikatakan bahwa jenis ini adalah mobil low MPV yang diberi kaki-kaki dan aksesoris SUV. Contoh Low SUV antara lain: Toyota Rush, Daihatsu Terios dan Honda BR-V.

Mini SUV (Crossover) –  Jenis ini adalah SUV berbadan kecil, tapi punya fitur dan kemewahan cukup mewah. Crossover punya kenyamanan dan nuansa interior sedan, tapi dengan ground clearance dan performa yang cukup tangguh. Pada sisi eksterior crossover dihiasi dengan aksesoris khas SUV seperti fender, roofrail, bumper protector dan lain sebagainya. Contoh SUV kecil ini antara lain: Honda HR-V, Suzuki S-Cross, Nissan Juke, Mitsubishi Outlander, Toyota CH-R.

 

3. Sedan

Sedan adalah jenis mobil perkotaan yang mengutamakan kenyaman, namun punya performa yang lumayan besar untuk dipacu pada kecepatan tinggi. Pada umumnya ini adalah mobil orang berduit, karena harganya tidaklah murah. Dengan kapasitas hanya 5 penumpang dan bagasi khusus di bagian belakang, sedan termurah berharga setara dengan crossover, yaitu sekitar 300 jutaan rupiah. Beberapa segmen sedan antara lain:

Mini Sedan – Ini adalah jenis sedan terendah untuk kalangan menengah. Contohnya adalah Toyota Vios, Honda City, Suzuki Baleno, KIA Rio Sedan dan lain sebagainya.

Medium Sedan – Di Indonesia medium sedan antara lain: Toyota Corolla Altis, Honda Civic, Mazda-6, dan lain-lain. Medium sedan punya kabin yang lebih lapang dari mini sedan dan juga tentunya fitur dan harga yang lebih tinggi.

Luxury Sedan – Ini adalah sedan mewah dengan harga mendekati atau lebih dari 1 Milyar rupiah. Contohnya antara lain: Toyota Camry, Toyota Crown, Honda Accord, Nissan Teana, dan berbagai produk sedan eropa dari brand Mercedes, Audi, BMW, VW dan lain sebagainya.

 

4. Hatchback

Hatchback adalah turunan dari sedan yang bagian bagasi khusus ditiadakan, bagian belakang dibuat seperti MPV sehingga bagasi terintegrasi dengan kabin. Layaknya sedan, hatchback hanya berkapasitas maksimum 5 penumpang. Kelebihan dari sedan, jenis mobil ini lebih lincah di perkotaan karena punya dimensi yang lebih pendek. Hatchback tetap memberi suasana kabin sedan yang nyaman.

 

Beberapa sub-jenis dari hatchback antara lain:

Small hatchback – yang merupakan hatchback kecil atau sering disebut supermini, keycar (di Jepang), atau citycar. Mobil jenis ini punya dimensi yang kecil namun tetap memberi kenyamanan sedan. Biasanya dibuat dengan mesin yang kecil pula karena hanya untuk medan jalan perkotaan. Contoh small hatchback di Indonesia antara lain: Nissan March, Honda Brio, Toyota Etios, KIA Picanto, Hyundai i10, Suzuki Splash, Chevrolet Spark dan Daihatsu Sirion. Small hatchback murah bergelar LCGC juga sedang menjamur di Indonesia, antara lain: Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Datsun Go, Suzuki Karimun WagonR.

Medium Hatchback – Jenis ini bisanya merupakan versi hatchback dari sedan, seperti Toyota Yaris yang merupakan turunan dari Vios, Honda Jazz dari Honda City, VW Polo dan KIA Rio yang juga punya versi sedan, Hyundai Grand Avega yang merupakan turunan dari Hyundai Accent atau Elantra di beberapa Negara lain. Medium hatchback punya fitur dan harga yang hampir sama dengan versi sedannya.

Luxury Hatchback – Ini adalah hatchback mewah, dalam hal dimensi biasanya tidak terlalu berbeda dengan medium hatchback, tetapi dalam hal fitur, kualitas pembuatan dan harga, menyamai luxury sedan. Contohnya antara lain: Hatchback buatan Eropa seperti Mercedes Benz, BMW, Audi dan Volkswagen. Dari Korea selatan ada Hyundai i30, Ioniq dan lain-lain. Dari Jepang sudah ada Honda Civic Turbo versi Hatchback.

 

5. Sport Car

Dari namanya sudah bisa dibayangkan bahwa mobil jenis ini adalah mobil bertenaga besar. Dalam hal bentuk, Sport Car biasanya menyerupai sedan, tapi dengan desain yang lebih sporty. Tenaga yang besar dan pengendalian yang sempurna menjadi syarat utama dari mobil jenis ini. Harga sport car bukanlah buat kalangan yang memerlukan mobil untuk fungsi angkutan penumpang, tapi lebih kepada mereka yang menginginkan prestise, kemewahan, eksistensi dan menikmati  kesuksesan dalam bentuk tunggangan mewah. Contoh mobil yang juga sering disebut super car atau hyper car ini antara lain: Lamborghini, LaFerrari, McLaren, Buggati, BMW i8 dan lain sebagainya. Brand-brand Jepang juga punya mobil jenis ini seperti Toyota, Honda dan Mazda.

 

6. Coupe

Coupe berasal dari kata couple yang berarti dua atau sepasang. Jadi ini adalah mobil yang hanya memuat 2 penumpang, sehingga hanya ada 2 pintu di sisi sampingnya. Ini juga jenis mobil mewah yang berharga mirip dengan sport car. Pada umumnya sport car merupakan coupe juga, tapi banyak mobil coupe yang tidak termasuk sport car.

 

 

Demikian ulasan kami tentang beberapa jenis mobil yang ada di Indonesia. Semoga bermamfaat bagi sobat yang ingin memilih mobil jenis apa yang cocok untuk dimiliki. Jika sobat punya pendapat dan informasi tambahan, silahkan disampaikan melalui kolom komentar.

 

Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

2 thoughts on “Jenis-jenis Mobil Penumpang di Indonesia, Pengertian dan Fungsinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *