Ide Modifikasi Interior Mitsubishi Xpander, Agar Lebih Mewah, Modern dan Elegan

 

CaruserMagz.com – Interior Mitsubishi Xpander ternyata punya nuansa MPV yang lebih kental, cukup kontras dengan eksteriornya yang banyak disebut-sebut lebih mirip SUV. Namun itu wajar, karena mobil ini adalah low MPV yang dibangun untuk kenyamanan di dalam kabinnya.

 

Setelah sebelumnya kami membahas modifikasi eksterior Xpander agar lebih sporty layaknya SUV untuk mengembalikan nuansa XM-Concept, kali ini kami ingin memberi saran mengenai modifikasi interior, agar penumpang mobil ini jadi betah.

 

Dalam fikiran kami, interior Mitsubishi Xpander ini punya nuansa kabin Toyota Innova, terutama pada desain konsol tengah, head unit dan dashboard. Sehingga jika ingin memodif kabin ini, arah yang lebih sesuai adalah membuatnya lebih elegan dan terlihat lebih mewah.

 

Berikut beberapa tips modifikasi interior Mitsubishi Xpander yang bisa kami sarankan:

 

Ganti head unit ke monitor touch screen

 

Selain tipe Ultimate, Xpander hanya dilengkapi head unit 2DIN. Hal itu memang terlihat kurang modern di zaman sekarang. Untuk membuat dashboard terlihat mewah, sebaiknya pengguna Xpander tipe Sport, Exceed dan di bawahnya membeli HU genuine untuk Xpander Ultimate, atau HU layar touchscreen dari brand premium dengan konektifitas lengkap.

 
 

Pasang steering switch audio control

 

Pada tipe selain Ultimate dan sport, tidak ada fitur steering switch. Agar lebih mudah dalam mengoperasikan audio head unit, sebaiknya pasang fitur tersebut. Kemungkinan akan disediakan oleh Mitsubishi bersamaan dengan head unit touch screen genuine. Pada Tipe sport, bisa ditambahkan pengaturan konektifitas telephony Bluetooth yang belum tersedia.

 
 

Pasang kamera parkir

 

Seiring dengan mengganti head unit jadi monitor layar sentuh, sebaiknya juga pasang kamera parkir, agar lengkap kemewahan fitur head unit tersebut, sekaligus lebih aman saat memarkir mobil. Akan lebih baik juga jika dikombinasikan dengan sensor parkir.

 
 

Ganti wood panel jadi aksen kayu lebih gelap atau piano-black

 

Wood panel pada tipe ultimate terlihat kurang mewah karena warna motif kayu yang cerah. Motif kayu cerah tersebut terlihat murahan. Agar terlihat lebih mewah, sebaiknya ganti dengan warna panel kayu yang lebih gelap. Atau bagi yang tidak suka model panel kayu, bisa menggantinya dengan warna black-piano.

 
 

Pasang pembalut jok kulit

 

Pasanglah pembalut jok kulit berbahan kulit atau kulit sintesis premium. Untuk Xpander yang interiornya berwarna dominan beige, sebaiknya pilihlah warna kombinasi hitam dan beige juga pada jok kulit, agar senada dengan warna interior, namun buatlah warna kursi jadi dominan hitam.

 

Untuk tipe sport yang warna interiornya full hitam, sebaiknya pilih jok kulit yang berwarna full hitam, agar menambah kesan elegan. Bisa juga dihiasi jahitan dengan warna terang seperti merah atau jingga.

 
 

Pasang kulit pada doortrim dan dashboard

 

Pada Xpander terlihat banyak jahitan palsu pada dashboard dan doortrim, mungkin maksudnya agar terlihat mewah. Namun sesuatu yang palsu tentu kurang menarik. Bagi sobat yang punya uang lebih, bisa menyerahkan interior mobilnya pada bengkel modifikasi professional dengan memasang kulit sesungguhnya pada dashboard dan doortrim untuk semua pintu, sehingga menjadi mewah sesungguhnya dan juga lebih nyaman saat disentuh.

 

Biasnya pekerjaan ini bisa dilakukan langsung oleh bengkel jok kursi, bahkan beberapa salon mobil professional menyediakan paket jok kulit untuk kursi sekaligus untuk dashboard dan doortrim.

 
 

Pasang monitor atap atau pada head rest

 

Untuk memberi kenyamanan pada penumpang baris kedua dan nuansa interior yang lebih modern, Roof-monitor bisa jadi pilihan. Atau bisa juga memasang monitor layar sentuh pada head rest kursi depan.

 
 

Ganti handel pintu dalam jadi krom

 

Pada Xpander tipe bawah dan menengah, handel pintu masih berwarna beige. Itu terlihat kurang menarik. Jika mungkin gantilah handel tersebut dengan yang beraksen krom. Aksen krom yang minimalis juga bisa ditambahkan pada beberapa spot lain, namun jangan berlebihan.

 

Itulah beberapa saran modifikasi interior Mitsubishi Xpander, semoga berguna bagi sobat yang ingin merubah kabin mobilnya jadi lebih mewah dan terlihat modern. Jika sobat punya saran tambahan, silahkan disampaikan pada kolom komentar artikel ini.

 

Salam Otomotif!

 

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

One thought on “Ide Modifikasi Interior Mitsubishi Xpander, Agar Lebih Mewah, Modern dan Elegan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *