Mengatasi Ban Calya Sigra Gesrot dan Amblas dengan Memasang Dumper Suspensi

CaruserMagz.com – Banyak pembaca yang mencari informasi tentang dumper atau stabilizer suspensi mobil. Sebagian besar adalah pemilik duo LCGC Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, yang memang banyak dikeluhkan suspensinya terlalu lembut.

 

Sehingga cenderung amblas jika dipenuhi penumpang dewasa. Alhasil perjalanan jadi tidak nyaman jika melalui jalan yang tidak rata karena roda sering kena spakbor, menghasilkan hentakan dan bunyi jedag-jedug.

 

Dumper merupakan aksesoris peredam per suspensi kendaraan yang terbuat dari bahan karet. Peredam suspensi ini juga sering disebut Active Stabilizer, karena juga berfungsi menstabilkan mobil dari efek limbung atau body-roll.

 

Salah seorang wiraniaga dumper mengungkapkan fungsi dari dumper yang dipasang pada per suspensi mobil. Wiraniaga tersebut mensharing mamfaat dumper pada group fanpage Calya-Sigra Holic pada Rabu, 7 Desember 2016 dengan maksud mempromosikan produk dumper merk “Prime Stabilizator“.

 

Kami tertarik untuk mengulas fungsi atau mamfaat dumper berdasarkan sharing dari wiraniaga Prime Stabilizator ini. Menurut wiraniaga tersebut, selain mencegah gesrot atau ban menyentuh spakbor, dumper juga punya banyak mamfaat lain.

 

Fungsi dan Mamfaat Dumper

1. Membuat per suspensi lebih kaku tapi tidak keras – Fungsi ini mencegah gesrot pada per yang terlalu lembut, karena dumper membatasi bantingan suspensi agar tidak sampai mentok. Sebagai hasilnya dalam kondisi mobil mengalami hentakan keras karena masuk lubang atau melewati polisi tidur dengan kecepatan tidak terlalu lambat, ban punya batas bantingan maksimal hingga tetap tidak menyentuh spakbor.

2. Fungsi Stabilizer – Meningkatkan kemampuan mobil dalam melewati tikungan dengan kecepatan yang tidak rendah atau harus melakukan manufer zig-zag secara tiba-tiba untuk menghindari lubang. Mamfaat dari fungsi ini adalah berkurangnya efek limbung, mengurangi body-roll saat menikung dan mencegah mobil menukit terlalu dalam saat pengereman mendadak karena dumper membatasi ayunan per suspense.

3. Berperan merawat shockbreaker – dengan adanya dumper pada per suspensi, bagian shockbreaker menjadi lebih ringan bebannya. Sehingga shockbreaker menjadi lebih awet dan usia pakainya lebih lama, karena sebagian fungsinya diambil alih oleh dumper

4. Mengurangi efek amblas saat muatan penuh – Karena dumper membatasi per suspensi agar tidak dapat ditekan secara maksimal sampai mentok, saat penumpang penuh atau membawa beban berat di bagasi belakang, mobil tidak sampai amblas hingga terlalu rendah. Fungsi dumper ini sangat bermamfaat bagi mobil ceper atau mobil bersuspensi lembut seperti Toyota Calya dan Daihatsu Sigra.

5. Memperpendek jarak pengereman – Pengetesan pernah dilakukan oleh beberapa pecinta otomotif, dengan adanya dumper ini membuat mobil lebih stabil dan pengereman lebih efektif. Waktu pengereman berkurang hingga 40% lebih cepat dengan jarak yang ditempuh lebih singkat sekitar 10% dibandingkan tanpa dumper.

 

Cara  Pasang Dumper

Menurut wiraniaga tersebut, pemasangan dumper sangatlah mudah dan simpel. Dumper sudah didesain untuk pemasanan plug and play tanpa harus membongkar roda. Hanya dibutuhkan waktu paling lama 30 menit untuk 4 roda, artinya hanya 15 menit jika sobat memasang dumper untuk roda belakang saja.

 

Harga

Dumper prime stabilizator tersebut dijual oleh sang wiraniaga seharga Rp. 750.000 untuk sepasang roda, atau 2 pcs. Jadi jika ingin memasang di 4 roda, dana yang dibutuhkan adalah Rp. 1,5 juta. Untuk wilayah DKI Jakarta, biaya tersebut termasuk ongkos pasang. Sedangkan untuk wilayah diluar Jakarta, mungkin sobat bisa meminta pemotongan harga karena harus memasang sendiri.

 

 

Sebagai informasi tambahan, selain Prime ada juga dumper dengan merk lainnya di pasaran, seperti Valen, Hurricane dan lain-lain. Di wilayah DKI, toko-toko otomotif di daerah Kemayoran Jakarta Pusat, banyak menjual aksesoris ini.

Demikian sharing ini, semoga bermamfaat bagi sobat yang sedang mencari informasi tentang dumper. Jika ada pertanyaan atau saran, silahkan disampaikan pada kolom komentar artikel ini.

 

Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *