Daihatsu DN F-Sedan Concept akan Jadi Sedan Murah, Apakah ini Model Kembar Selanjutnya?

 

CaruserMagz.com – Pada GIIAS 2017, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali menampilkan mobil konsepnya, yaitu DN-MultiSix yang dirumorkan akan menjadi next generation Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza, dan sebuah mobil konsep sedan yang diberi naman Daihatsi DN F-Sedan.

 

Menurut ADM dalam siaran pers-nya saat pameran mobil konsep ini di GIIAS 2017, DN F-Sedan dirancang untuk memberikan kenyamanan, efisiensi dan kenikmatan mengemudi dalam sebuah sedan kompak.

 

Kompaknya sedan ini terlihat dari ukurannya yang tergolong kecil untuk mobil sedan, yaitu panjang 4.200 mm, lebar 1.430 mm, tinggi 1.430 mm dan wheelbase sepanjang 2.510 mm.

 

Kapasitas mesinnya juga cocok untuk mobil kompak perkotaan, yaitu 1.200cc 4-silinder berbahan bakar bensin. Belum ada informasi seperti apa tenaga dan torsi sedan ini dalam siaran pers Daihatsu, namun disebutkan bahwa transmisi yang akan disematkan adalah CVT.

 

Dari dimensi dan mesinnya, tergambar bahwa mobil ini adalah compact sedan yang sepertinya akan jadi sedan murah untuk kalangan menengah ke bawah, setingkat di bawah Toyota Vios. Sedan dengan mesin kecil seperti ini sudah ada dari brand Honda, yaitu Honda Amaze yang merupakan versi panjang dari Brio, namun tidak dijual di Indonesia.

 

Perkiraan kami, jika mobil ini akan diproduksi oleh ADM, ada kemungkinan versi massal-nya adalah kembaran baru untuk segmen sedan, karena kini kembaran keluaran ADM sudah menyentuh banyak segmen sejak kesuksesan mereka dengan Avanza-Xenia.

 

Di segmen low MPV ada Avanza-Xenia, segmen low SUV ada Rush-Terios, segmen Citycar ada Agya-Ayla dan terakhir di segmen LCGC 7-seater, ADM juga meraup sukses dengan Calya-Sigra. Tinggal segmen sedan yang belum punya kembaran toyota-daihatsu.

 

Namun bisa juga versi produksi dari DN F-Sedan concept ini adalah produk yang hanya diusung brand Daihatsu saja, seperti Daihatsu Sirion pada segmen compact hatchback.

 

 

Bebicara mengenai desain, mobil konsep ini terlihat futuristik dan menawan. desain bagian belakang yang berbentuk fastback mengingatkan kita pada Tesla Model S atau Tesla-3 yang berkesan cepat.

 

Yang agak menggelitik adalah bagian wajahnya, jika saja tidak ada emblem logo Daihatsu pada hidung sedan ini, kami yakin kebanyakan orang akan mengira ini adalah mobil honda. Karena gril dan lampu utamanya mengingatkan kita pada solid wings design milik Civic Turbo atau Accord terbaru.

 

Ini lagi-lagi seperti desain gado-gado, dari bagian tengah ke belakang sedan ini seperti Tesla, tapi di bagian depan seperti Honda. begitu juga konsep DN-MultiSix yang juga dipajang bersamaan, juga punya aura mobil Honda, yaitu HR-V.

 

Jika saja versi produksinya punya wajah yang tidak jauh berbeda dari versi konsep ini, tentu akan menjadi pilihan yang menarik, karena kesan modern dan futuristik sangat kental dengan headlamp yang sipit dan bertaburnya LED-DRL yang menawan.

 

Bagian belakang tak kalah menarik, rear lamp juga dibuat sipit memanjang dari sisi tepi hingga membentang di pintu bagasi, itu terkesan sangat modern. Bagian ujung bagasi dibuat ekstensi hingga seperti rear spoiler.

 

Dengan desain yang sporty tersebut, seandainya mobil ini diberi mesin bertenaga monster, kami kira masih terasa cocok. Karena bentuknya sudah seperti mobil bertenaga besar.

 

Tidak ada desas-desus kapan konsep ini akan dijadikan versi produksi masal. Menampilkan mobil konsep sepertinya sudah menjadi menu utama bagi ADM dalam setiap event otomotif besar, beberapa mobil konsep sebelumnya saja belum ada kejelasan kapan akan dibuat versi komersilnya, apalagi konsep DN ini yang baru saja diperkenalkan.

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *