Barang Penting Dibawa saat Mudik dengan Mobil Pribadi, Jangan Disepelekan!

CaruserMagz.com – Menempuh perjalanan mudik menggunakan mobil pribadi dengan menyetir sendiri sudah menjadi kelaziman di era sekarang. Bagi sobat yang anggota keluarganya banyak dan juga hobi nyetir dalam perjalanan jauh, tentu mudik dengan mobil pribadi adalah hal yang menyenangkan juga menguntungkan.

 

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa mudik dengan mobil pribadi punya resiko stress karena kemacetan yang biasanya luar biasa. Juga ada resiko berhadapan dengan masalah mobil itu sendiri. Oleh karena itu, persiapan mudik harus benar-benar matang dan membawa peralatan atau barang yang penting terkait mobil maupun perlengkapan pribadi.

 

Berikut barang atau benda yang penting dan sebaiknya tidak sobat lupakan untuk dibawa saat perjalanan mudik. Beberapa di antaranya sering dilupakan atau disepelekan, namun saat dibutuhkan, keberadaannya sangat berguna.

 
 

1. Peralatan atau Perkakas Mobil

 

Peralatan standar mobil sangat penting untuk mengatasi masalah yang mungkin terjadi terkait mobil. peralatan itu akan sangat berguna dan ketidak tersediaannya akan menjadi masalah besar. Yaitu: dongkrak, kunci roda, tools kit seperti kunci pas, obeng dan lain sebagainya.

 
 

2. Ban Cadangan (serap)

 

Ketinggalan ban cadangan mungkin jarang terjadi, namun yang kerap terjadi adalah lupa mengecek dan memastikan kondisinya sempurna. Ban serap jarang digunakan, bahkan kebanyakan bertahun-tahun ban serap tersebut tidak pernah dilepas dari tempatnya karena tidak pernah mengalami pecah ban di perjalanan.

 

Nah.. sebelum mudik, sangat penting untuk memastikan bahwa ban serap dalam kondisi prima, baik tekanan udaranya maupun kondisi karetnya. Agar saat terjadi pecah ban di perjalanan mudik, kita tidak berhadapan dengan masalah yang lebih rumit karena lupa memastikan kondisi ban cadangan ini.

 
 

3. Kabel Jumper Aki Mobil

 

Mungkin kabel jumper aki mobil jarang digunakan, namun tetap penting dibawa. Hal yang lebih penting sebenarnya adalah memastikan kondisi aki mobil sobat dalam kondisi prima dengan mengecek voltase dan kinerja alternator pada mobil sobat. Jangan bawa aki yang sudah berumur panjang pada perjalanan jauh.

 

Sebagus apapun kondisi aki mobil sobat, sebaiknya tetap bawa kabel jumper, karena kita tidak tahu masalah kelistrikan yang kita hadapi terkadang bukan hanya karena aki yang soak, tapi bisa juga karena terjadinya hubungan singkat pada sistem kelistrikan mobil kita. Minimal kabel jumper itu akan berguna saat kita ingin menolong pemudik lain yang mengalami aki mobilnya bermasalah.

 
 

4. Air Radiator (Persediaan)

 

Sebaiknya persediaan air radiator juga dibawa. Untuk berjaga-jaga terjadi apa-apa dengan cairan pendingin mesin. Paling tidak bisa digunakan untuk menolong pengguna mobil lain yang mengalamai masalah dengan radiatornya.

 
 

5. Kunci Setir

 

Saat dalam perjalanan jauh, adakalanya kita harus singgah untuk makan, istirahat atau sholat. Sehingga mobil harus kita tinggal di parkiran. Kunci setir dengan warna mencolok akan berguna mencegah mobil kita dicuri. Paling tidak, kunci setir yang terpasang memberi efek fisikologis pada pencuri untuk menghidari membuka pintu mobil, karena sudah pasti dia mengalami kesulitan untuk mencuri mobil kita.

 
 

6. Senter

 

Senter adalah alat sederhana yang banyak terlupakan. Kegunaannya baru terasa penting saat kita menghadapi masalah dengan kondisi mobil di malam hari. Sebaiknya sediakan senter di globe-box kabin depan.

 
 

7. Alat Navigasi atau Smartphone

 

Mungkin kebanyakan pemudik sudah faham jalur yang akan ditempuhnya, sehingga merasa tidak perlu gadget navigasi. Namun alat navigasi akan berguna saat terjadi kemacetan jalan yang parah, sehingga harus melewati jalur alternatif. Misalnya kita lewat jalur lintas kota, namun saat terjadi jalan putus atau permasalahan lain, kita harus lewat tengah kota yang tidak begitu kita fahami. Nah.. alat navigasi atau smartphone yang ada aplikasi navigasi akan sangat berguna.

 
 

8. Charger hp atau Power Bank

 

Handphone yang selalu menyala sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat modern  saat ini. Sehingga battery hp harus senantiasa berisi. Jika lupa membawa charger hp untuk di mobil atau power bank, dunia terasa sepi dan kita terasa terisolasi dalam kubus logam dan kaca yang disebut mobil. Charger juga bisa digunakan untuk mengecas gadget lain selain hp seperti tab, playstation, laptop, mp3 player dan lain sebagainya.

 
 

9. Kelengkapan P3K dan Obat-obatan

 

Kelengkapan P3K juga merupakan hal yang sering dilupakan, saat dibutuhkan baru ketahuan bahwa kit pertolongan pertama ini tidak memadai, misalnya obat merah yang sudah mengeras, kapas yang sudah habis dan lain sebagainya. Obat-obatan juga penting disediakan, seperti obat anti mabok perjalanan bagi yang anggota keluarganya mudah mabok perjalanan.

 
 

10. Bantal Leher

 

Bagi penumpang bantal leher akan sangat berguna untuk menopang kepala saat tidur di perjalanan. Selain lebih nyaman, bantal leher juga membuat penggunanya lebih aman. Tidur di mobil tanpa penyangga leher akan membuat kita terasa lelah atau bahkan berakibat terasa pegal.

 
 

11. Jaket atau Sweater

 

Perjalanan mudik juga harus dilalui pada malam hari, khususnya yang jarak kampung halamannya membutuhkan perjalanan lebih dari sehari. Saat kondisi malam hari, jaket atau sweater akan sangat berguna menjaga suhu tubuh tetap hangat. Karena mau tidak mau AC tetap dibutuhkan, karena tanpa AC, udara di dalam kabin akan terasa pengap. Namun temperaturnya akan terasa lebih dingin dibanding siang hari.

 
 

12. Uang Tunai

 

Jangan mengandalkan ATM atau kartu kredit saat dalam perjalanan. Lebih baik menyiapkan uang tunai secukupnya, misalnya untuk bayar parkir, bayar tol, makan di warung pinggir jalan dan lain sebagainya. Karena bisa saja saat kita butuh mengambil uang di ATM atau saat ingin membayar dengan kartu kredit, ternyata sedang ada masalah jaringan. Atau ternyata ATM-nya dalam kondisi tidak ada uangnya, alias habis dan hanya bisa melakukan transaksi non-tunai.

 
 

13. Tempat Sampah

 

Tempat sampah juga sering diremehkan, sehingga banyak pengguna jalan tidak menyediakannya di dalam mobil lalu buang sampah sembarangan saat dalam perjalanan. Sebaiknya kebiasaan buruk buang sampah di jalan itu ditinggalkan. Sediakan tempat sampah di mobil untuk membuang sisa atau kemasan makanan. Saat berhenti untuk istirahat atau makan, buang sampah di kotak sampah mobil ke tempat sampah yang ada di area kita berhenti.

 
 

14. Parfum Mobil

 

Saat dalam perjalanan, kita pastinya juga membawa makanan yang bisa saja sisanya menimbulkan bau kurang sedap. Bau pengap dan kurang sedap bisa juga berasal dari mulut dan tubuh kita karena selama perjalanan tidak gosok gigi. untuk menetralisir bau-bau yang kurang sedap, sebaiknya sediakan parfum mobil.

 
 

15. Mainan Anak

 

Bagi sobat yang membawa anak kecil, sebaiknya bawa mainan-mainan kesukaannya. Karena anak-anak sangat mudah merasa bosan berada di dalam mobil dalam waktu lama. Untuk menghilangkan kejenuhannya, sebaiknya ada mainan-mainan agar perhatiannya teralihkan dari kebosanan.

 

 

Demikianlah tips mudik bagi pengguna mobil pribadi, sebaiknya sobat membuat list barang-barang yang penting di atas agar tidak terlupakan. Kemudian cek sekali lagi sehari sebelum perjalanan dimulai. Semoga perjalanan mudik sobat menyenangkan!

 

Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”