Toyota Crown 2021 - model sedan akan disuntik mati

Toyota Crown Kena SUV-isasi Juga, Model Sedan Bakal Disuntik Mati

Berita SEDAN Toyota

CaruserMagz.comToyota Crown Kena SUV-isasi – Toyota Crown facelift 2021 baru saja diluncurkan pada awal November 2020. Sedan mewah ini adalah mobil yang biasanya dijadikan mobil pejabat tinggi negara seperti Menteri atau Kepala Lembaga Tinggi dan lainnya. Sedan mewah ini biasa juga digunakan oleh petinggi korporasi besar atau pengusaha. Sebuah kabar mengejutkan bahwa Toyota Crown sedan akan disuntik mati dalam beberapa tahun mendatang.

Tak lama dari peluncuran model terbarunya, suatu publikasi di Jepang oleh Chunichi melaporkan bahwa Crown model sedan kemungkinan akan disuntik mati dan dirubah menjadi SUV baru pada tahun 2022. Menurut laporan tersebut, seperti dikutip Carscoops.com, rencana pabrikan triple-elips dipicu oleh melambatnya penjualan Crown.

Hal ini senada dengan kabar untuk Toyota Yaris yang disebut akan diskontinyu sebagai hatchback di Indonesia, dan diganti dengan compact SUV dengan nama Yaris Cross pada tahun 2023. Badai SUV-isasi ini sebelumnya menghasilkan Corolla Cross, ternyata tak luput Crown kena SUV-isasi juga. Apakah kita akan mendengar kabar yang sama selanjutnya untuk Camry? Bisa jadi!

Interior Toyota Crown 2021 - model sedan
Interior Toyota Crown 2021 – model sedan

Cukup masuk akal jika penjualan Crown melambat, karena disegmen luxury car, ia harus melawan brand-brand yang memang di atas Toyota, seperti Mercedes-Benz di segmen mobil sangat mewah. Padahal lawan Mercy dari grup Toyota seharusnya adalah Lexus. Belum lagi minat pada jenis mobil sedan kian meredup di seluruh dunia, karena dikalahkan oleh segmen SUV.

Versi SUV dari Toyota Crown dikabarkan akan menggunakan platform yang sama dengan Toyota Highlander, jadi ini adalah SUV yang juga mewah dan menyasar segmen konsumen yang berduit. Namun belum disebutkan apakan akan berkonfigurasi 7-seater atau tetap 5-seater sebagaimana model sedannya. Apabila akan identik dengan Highlander, mestinya 8-seater.

Toyota Highlander - SUV 8-Seater
Toyota Highlander – SUV 8-Seater

Crown SUV ini akan difokuskan di pasar Asia, namun juga akan ditawarkan di Amerika Utara dan China. Hmm.. apakah mobil para Menteri di Indonesia akan tetap menggunakan Toyota Crown walau sudah berubah jadi SUV? Tapi mungkin beralih ke brand lain seperti Lexus, Mercedes-Benz atau BMW yang tetap menyediakan sedan mewah.

Sebagai informasi tambahan, Crown Sedan saat ini ditawarkan dengan tiga pilihan powertrain. Versi paling murah bermesin bensin 2.0-liter 4-silinder turbo dengan tenaga 241 hp. Model menengah adalah mesin bensin hybrid 2.5-liter bertenaga 222 hp. Sedangkan tipe termahal bermesin V6 hybrid 3.5-liter bertenaga 354 hp.


ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar