Tahukah Kamu, Deretan Perusahaan Otomotif Terkenal ini Ternyata Milik Volkswagen

CaruserMagz.comPerusahaan milik Volkswagen apa saja? – Ada sangat banyak merek otomotif di dunia, baik untuk kendaraan roda empat maupun roda dua. Mungkin sebagian besarnya tidak kita kenali karena tidak menjual produknya di Indonesia. Tapi ada beberapa yang sangat terkenal hingga tak banyak orang yang tidak kenal. Salah satunya adalah Volkswagen (biasa ditulis VW), merek otomotif terbesar kedua di dunia setelah Toyota, dalam hal angka penjualan mobil akhir-akhir ini.

Besarnya suatu perusahaan otomotif hingga menjadi Korporasi Multinasional raksasa biasanya bersifat ekspansif, sehingga merek-merek besar seperti Volkswagen, Renault, Nissan dan Toyota bernafsu besar untuk mengakuisisi atau mencaplok kepemilikan banyak merek otomotif lainnya. Hal tersebut sudah jamak di dunia bisnis, tidak hanya di bidang otomotif.

Lalu bagaimana dengan Volkswagen, apa saja perusahaan atau brand lain yang sebenarnya dimiliki perusahaan automaker dari Jerman tersebut? Anda mungkin terkejut bahwa banyak merek terkenal lainnya ternyata adalah milik Volkswagen atau paling tidak sebagian sahamnya dimiliki oleh pabrikan asal negeri Bavaria ini.

Sejarah Singkat dan Asal Nama Volkswagen

Sebelumnya mari kita kenali lebih dekat, bagaimana sejarah merek mobil Jerman ini. Makna kata Voklswagen sendiri dalam bahasa Jerman berarti “Mobil Rakyat“. Perusahaan otomotif yang berbasis di Wolfsburg, Lower Saxony ini didirikan pada tahun 1937 oleh Serikat Buruh Jerman (Deutsche Arbeitsfront), yang saat itu merupakan serikat dagang Nazi.

Awalnya banyak pabrikan di Jerman hanya membuat mobil untuk kaum elit saja. Istilah mobil rakyat di Jerman sudah muncul sejak pertengahan 1920-an. Istilah yang saat itu terkenal adalah “German Voklswagen” atau mobil rakyat Jerman. Hingga pada tahun 1933, Adolf Hitler menyatakan akan membuat “mobil rakyat” (Volkswagen). Pemimpin Nazi tersebut menginginkan sebuah mobil standar berkapasitas 2 dewasa dan 3 anak dengan kecepatan hingga 100 km/jam. Rencananya, mobil tersebut disediakan bagi rakyat Nazi dengan harga terjangkau.

Pabrik pertamanya didirikan pada tahun 1936 di kota KdF-Stadt (sekarang Wolfsburg) yang berada di Jerman Barat di dekat perbatasan dengan Jerman Timur. Namun tak berlangsung lama, pabrik tersebut dialih-fungsikan untuk membuat kendaraan militer karena perang dunia-II pecah pada tahun 1939. Setelah Jerman (Hitler) dikalahkan oleh Sekutu di PD-II, pada tahun 1945 pabrik tersebut diserahkan Sekutu pada pihak Inggris dan Ivan Hirst, seorang tentara angkatan darat Inggris ditunjuk untuk memimpin pemulihan pabrik.

Volkswagen berhutang budi sangat besar pada Hirst, karena dibawah kepemimpinannya pabrik tersebut berhasil melewati berbagai keadaan dan masa sulit. Pada tahun 1948, pabrik itu diserahkan pada Jerman, dan menjadi roda penggerak ekonomi utama bagi Jerman Barat, kemudian terus berkembang hingga menjadi salah satu mercusuar ekonomi Jerman hingga saat ini.

Kepemilikan Saham Volkswagen

Jadi, sejarah VW tidaklah sama dengan kebanyakan brand otomotif ternama lainnya yang berawal dari nama keluarga pendirinya. Melainkan berawal dari nasionalisme bangsa Jerman sendiri. Sehingga brand ini lebih identik sebagai perusahaan negara sejak dulu, walau saat ini saham terbanyak dimiliki oleh Group Porsche Automobil Holding. Berikut Daftar kepemilikan saham Volkswagen:

Sharing SahamPemilik Saham
50.76% per tanggal 30 Jan 2009Porsche Automobil Holding
2.37% per tanggal 30 Jan 2009Porsche Holding GmbH
20.26% per tanggal 16 Feb 2008Negara bagian Lower Saxony
17% per tanggal 18. Dec 2009Keemiratan Qatar
9.61%dimiliki umum
Kepemilikan Saham Volkswagen, sumber: Wikipedia

Volkswagen merupakan perusahaan yang diperdagangkan di publik. Struktur kepemilikan perusahaan ini sangat kompleks. Perlu dicatat bahwa Porsche Automobil Holding dan Porsche GmbH tidaklah identik dengan Dr. Ing. h.c. F. Porsche AG, perusahaan pembuat mobil Porsche. Porsche Automobil Holding dimiliki oleh keluarga Porsche, Keemiratan Qatar, dan 49.9% dimiliki Volkswagen AG. Sedangkan Porsche GmbH adalah sepenuhnya milik Volkswagen AG.

Perusahaan Apa Saja Milik Volkswagen?

Hingga saat ini (akhir 2020), tidak kurang dari 12 merek otomotif terkenal menjadi milik Volkswagen. Tidak hanya merek asal Jerman, namun beberapa diantaranya merupakan merek ikonik dari negara asalnya seperti Italia dan Prancis. Berikut daftarnya:

1. Volkswagen Passenger Vehicle

Sebagian besar kita sudah tahu beberapa model terkenal dari mobil VW. Bahkan diantaranya termasuk dalam daftar mobil terlaris di dunia sepanjang masa, seperti VW Golf, Beetle dan Passat. Beberapa model Volkswagen yang dijual di Indonesia saat ini adalah VW Tiguan, Golf dan Polo.

2. Volkswagen Commercial Vehicle (VWCV)

VWCV dulunya adalah bagian dari Volkswagen Passanger Vehicle, kemudian mulai beroperasi sebagai merek terpisah pada tahun 1995. Sekarang, VWCV adalah rekanan dari VW Truck & Bus, yang juga mengelola merek seperti Scania dan MAN. Produk dari merek ini antara lain ada van, truk pikap dan campervan bernama Volkswagen California.

3. AUDI

Audi adalah merek mobil mewah dari grup VW, layaknya Lexus dari Toyota dan Genesis milik Hyundai. Audi sejatinya adalah merek yang dimiliki oleh Auto Union, merek Audi menghilang sejak pecahnya PD-II. Pada tahun 1964, VW membeli Auto Union, dan pada 1969 VW membeli NSU Motorenwerke AG. VW menggabungkan Auto Union dan NSU untuk membentuk perusahaan Audi yang sekarang.

Audi Aicon Concept - Mobil Otonom 2021
Audi Aicon Concept – Konsep Mobil Otonom Audi

Pembelian Auto Union dan NSU menjadi titik penting bagi sejarah Volkswagen, karena 2 perusahaan ini menyumbangkan kecanggihan teknologi mereka pada Volkswagen, hingga VW mampu bertahan bahkan berkembang. Mobil Audi menjadi hit besar, ketika permintaan terhadap mobil-mobil VW menurun drastis pada tahun 1970-an.

4. SEAT

SEAT adalah kepanjangan dari Sociedad Española de Automóviles de Turismo, sebuah perusahaan otomotif asal Spanyol yang berdiri pada 1950. Pada tahun 1982, Volkswagen mengambil langkah pertama untuk memperluas wilayahnya di luar Jerman dengan membuat perjanjian kerjasama dengan SEAT. Perusahaan Spanyol ini menjadi anak perusahaan non-Jerman pertama dari VW AG pada tahun 1986, setelah pengambilalihan 51% saham oleh VW. Sekarang, Volkswagen memiliki kepemilikan penuh atas SEAT.

5. ŠKODA

Skoda adalah pabrikan mobil terkemuka asal Ceko yang memproduksi mobil kompak dan sedan ramah keluarga. Pada tahun 1991, Volkswagen dan Skoda menjalin perjanjian kemitraan usaha patungan. Saat itu, VW hanya memiliki 30% saham, yang meningkat menjadi 70% pada tahun 1995. Pada tahun 2000, Skoda resmi menjadi anak perusahaan VW.

6. Bentley

Bentley awalnya adalah perusahaan asal Inggris pembuat mobil mewah yang didirikan pada 1919. Volkswagen AG mengakuisisi Bentley pada tahun 1998. Setelah akuisisi tersebut, Volkswagen menghabiskan hampir US $ 845 juta untuk meningkatkan produksi Bentley. VW juga menghabiskan dana besar untuk memodernisasi pabrik mobil mewah Inggris tersebut.

7. Bugatti

Bugatti adalah pembuat hypercar asal Prancis yang terkenal. Pada tahun 1998, Volkswagen membeli hak untuk memproduksi mobil di bawah Bugatti, penggabungan lengkap terjadi pada tahun 2000. Sekarang, VW memproduksi mobil ultra-high performance di bawah lini ini, seperti Bugatti Veyron dan Chiron yang pernah memecahkan rekor mobil tercepat di dunia.

8. Lamborghini

Sifat ekspansif dan superioritas Volkswagen dalam hal penguasaan merek-merek otomotif terkenal sepertinya tidak pernah terpuaskan. Lamborghini adalah brand pembuat supercar dan hypercar yang tak luput dari radar sasaran sang raksasa otomotif Jerman. VW membeli mayoritas saham Lamborghini pada tahun 1998 dari konsorsium V’Power Corporation dan Mycom Setdco, perusahaan konglomerasi asal Indonesia, dengan nilai US $ 110 juta.

V’Power Corporation adalah perusahaan milik Tommy Soeharto (Hutomo Mandala Putra). Sedang Mycom Setdco, merupakan grup investasi asal Malaysia, yang sebagian sahamnya dimiliki pengusaha Indonesia, Setiawan Djodi. Pada 21 Januari 1994, perusahaan patungan itu berhasil mengakuisisi Lamborghini dengan nilai US$ 40 juta.

Lamborghini Essenza SCV12 Limited Edition
Lamborghini Essenza SCV12 Limited Edition

Saat ini, Lamborghini memproduksi mobil sport mewah berperforma tinggi dan merupakan salah satu brand mainstream untuk supercar, sehingga mobil-mobilnya menjadi koleksi wajib pecinta kecepatan di seluruh dunia. Lamborghini saat ini juga masih punya kaitan erat dengan Indonesia, karena PERTAMINA sebagai BUMN Energi tanah air, menjadi salah satu sponsor utama, yaitu sebagai Technical Partner Divisi Balap Motorsport Lamborghini Squadra Corse.

Baca: Pertamina jadi Technical Parner Divisi Balap Lamborghini

9. Porsche

Pada tahun 2009, VW AG membeli 49,9% saham Porsche. Itu merupakan langkah awal bagi VW untuk membentuk grup otomotif terintegrasi. Mereka tidak dapat menyelesaikan merger pada tahun 2011 karena beberapa masalah hukum, namun merger tersebut terjadi pada tahun 2012 ketika VW membeli sisa saham Porsche untuk menjadi perusahaan induknya.

Mungkin cukup membingungkan, dari daftar pemilik saham Volkswagen AG, Porsche Automobil Holding (PAH) memiliki 50,76% share. Tapi pemilik mayoritas saham PAH adalah Volkswagen AG. Jadi siapa memiliki siapa? Namun PAH bukanlah organisasi pembuat sportcar Porsche yang kita kenal, itu adalah perusahaan holding.

10. Ducati

Ducati adalah pabrikan pembuat motor sport asal Italia. Ini adalah salah satu merek ikonik Italia yang juga tidak lagi dimiliki pengusaha dari negara asalnya. Pada 2012, Lamborghini yang telah jadi milik Volkswagen AG, membeli Ducati dengan harga sekitar $ 840 juta. Sejak saat itu, di bawah penguasaan grup VW, pabrikan sepeda motor legendaris Italia tersebut telah memperkenalkan beberapa sub-merek terpopulernya seperti Scrambler, Multistrada, dan Panigale.

11. Scania

Scania adalah anak perusahaan VW yang membuat kendaraan niaga berat. Ini adalah merek asal Swedia yang sudah lama berdiri, bahkan merupakan salah satu produsen kendaraan komersial pertama di dunia. Pada tahun 2000, VW membeli 18,7% dari modal saham Scania. Kemudian pada tahun 2014, Scania menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki oleh VW. Saat ini, ia memproduksi mesin, truk berat, dan bus di 14 negara berbeda.

12. MAN

Grup Volkswagen mengakuisisi MAN pada tahun 2012. Sub-merek ini terutama bekerja di bidang transportasi dan energi. MAN menempati pangsa pasar yang besar di semua departemen yang dipasoknya: bus, truk, van, mesin turbo, mesin diesel. Orang-orang yang berkecimpung di bidang pembangkit listrik banyak mengenal merek MAN, karena perusahaan ini merupakan produsen Generator Set yang bermesin diesel besar.

Baca juga: Perusahaan Apa Saja yang Dimiliki Toyota

Itulah daftar perusahaan milik Volkswagen? Ternyata banyak merek otomotif terkenal dari berbagai negara sudah dikuasai Perusahaan otomotif multinasional Jerman tersebut. Sifat ekspansifnya dalam menguasai berbagai perusahaan ikonik dari berbagai negara di Eropa, mungkin mewarisi ambisi pencetus pendiriannya, yaitu Adolf Hitler yang bercita-cita menguasai dunia dengan faham Nazi-nya. Volkswagen kini memiliki lokasi di tujuh negara di dunia.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

You may also like...

Tulis Komentar