Mitsubishi Pajero Sport 2021 Facelift Diluncurkan, Simak Harga dan Perubahannya

Share

CaruserMagz.comMitsubishi Pajero Sport facelift 2021 akhirnya diluncurkan juga di Indonesia. Mungkin sejak 2 tahun terakhir PT MMKSI kebanyakan memproduksi Pajero Sport, sehingga stoknya lama sekali bisa dihabiskan. Mungkin juga ada peran virus Corona yang memperlambat habisnya stok Pajero Sport versi 2019 hingga 2020.

Pasalnya Pajero Sport Facelift ini sudah mengaspal di Thailand sejak 2019 lalu. Jadi sebenarnya sudah tidak surprise lagi mengenai tampilan dan perubahannya. Mengapa PT MMKSI menunda peluncuran Pajero Sport Facelift di Indonesia, tentu mereka punya alasan tersendiri.

Dalam sambutan resmi pada prosesi peluncuran secara virtual, Naoya Nakamura selaku President Director PT MMKSI menyampaikan:

Kami akan memperkenalkan produk yang mampu memberikan cerita petualangan dengan teknologi canggihnya, produk baru ini didesain dengan tampilan tangguh dan mewah, hari ini kami persembahkan wujud baru SUV legendaris yang sudah ditunggu-tunggu dan telah menemani petualangan masyarakat Indonesia selama lebih dari 12 tahun,” buka Nakamura-san.

Izinkan saya mempersembahkan New Pajero Sport-Live The Adventure,” kata President Director PT MMKSI tersebut sebagai seremoni peluncuran Mitsubishi Pajero Facelift 2021 Indonesia, Selasa 16 Februari 2021.

Pajero Sport Facelift Tampak Samping
Pajero Sport Facelift Tampak Samping

Harga Mitsubishi Pajero Sport Facelift 2021

Yang ditunggu-tunggu peminat Pajero Sport, tentu adalah seberapa besar kenaikan harganya dibanding versi sebelumnya dengan segala perubahan yang dibuat. Berikut daftar harga Pajero Sport Facelift 2021:

  • Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4×2 MT: Rp 502,8 juta
  • Mitsubishi Pajero Sport Exceed 4×2 AT: Rp 517,8 juta
  • Mitsubishi Pajero Sport GLX 4×4 MT: Rp 567,8 juta
  • Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4×2 AT: Rp 575,7 juta
  • Mitsubishi Pajero Sport Ultimate 4×2 AT: Rp 624,7 juta
  • Mitsubishi Pajero Sport Dakar Ultimate 4×4 AT: Rp 733,7 juta.

So.. Tidak ada lagi Pajero Sport berharga di bawah Rp 500 juta, dan yang termahal sudah menyundul harga premium SUV seperti Hyundai Palisade, VW Tiguan All Space dan Mazda CX-9.

Perubahan Pajero Sport 2021 yang Beda dari versi Lama

Perubahan Mitsubishi Pajero Sport 2021 facelift ini menyasar sektor eksterior, interior dan fiturnya. Berikut detail perubahan pada SUV 7-Seater andalan 3-Berlian ini:

Eksterior

Penyegaran tampilan luar Mitsubishi Pajero Sport 2021 sudah sering terpampang di internet sejak 2 tahun terakhir. Beberapa revisi pada tampilan diharapkan membuatnya makin menarik.

Wajah Dynamic Shield Baru – wajah Pajero Sport 2021 facelift tampak lebih rapi pada aksen krom-nya. Perbedaan paling mencolok adalah hadirnya susunan lampu baru di sisi bawah head lamp yang sekaligus menghilangkan lampu kabut di bagian bawah bumper.

Head Lamp Baru – Lampu utama tampak lebih ramping dan lebih simpel, karena hanya diisi oleh head lamp dan LED DRL. Sedangkan lampu sein berada di bagian bawah, tergabung dengan housing lampu kabut dan cornering lamp.

LED Active Cornering Lamp – Lampu cornering adalah fitur yang benar-benar baru dan tidak ada pada versi sebelumnya. Lampu ini berfungsi menerangi sisi arah mobil berbelok untuk visibilitas yang lebih baik di malam hari. Ini adalah fitur baru yang sangat berguna.

New Combination Lamps – Housing lampu baru hadir mendominasi sisi tengah fasia depan, layaknya posisi headlamp pada Xpander. Housing baru itu berisi lampu sein, cornering lamp dan Foglamp yang dinaikkan ke atas, sehingga lebih aman dari lumpur atau benturan dengan benda keras.

Bumper underguard baru – Di bagian dagu depan, underguard bermotif silver diubah jadi lebih gahar dengan volume lebih besar dan kisi-kisi horizontal di tengah.

Mitsubishi Pajero Sport 2021 Facelift vs Lama
Mitsubishi Pajero Sport 2021 Facelift vs Lama

Desain Spoke Velg Baru – Hal baru yang mencolok di bagian samping adalah desain spoke velg yang jadi lebih tegas dan bernuansa robotik. Ini terlihat lebih jantan. Namun ukuran velg-nya tidak berbeda dari model sebelumnya.

Lampu Vertikal di Belakang Lebih Pendek – Lampu belakang yang banyak dikritik dengan sebutan seperti orang menangis, mendapat revisi yang sepertinya ditujukan menanggapi kritik tersebut. Kini diubah jadi lebih pendek dan jadi sedikit lebih sedap dipandang dibanding sebelumnya.

Spoiler Belakang Baru – Hal baru lainnya adalah spoiler belakang yang tampak makin sporty.

Shark Fin Antenna – antena sirip hiu kini menjadi standar pada semua varian Pajero Sport Facelift 2021. Membuatnya tampak modern dan kekinian.

Mitsubishi Pajero Sport Facelift Tampak Depan dan Belakang
Mitsubishi Pajero Sport Facelift Tampak Depan dan Belakang

Interior

Secara desain, interior Pajero Sport 2021 facelift ini tidak berubah dari model sebelumnya. Namun beberapa bagian mendapat sentuhan kekinian yang membuatnya terasa jauh lebih modern dibanding versi lama. Berikut detailnya:

LCD Meter Cluster layar penuh berukuran 8-inci – meter cluster di balik lingkar kemudi diubah jadi full digital berwarna, sehingga jelas terasa sangat modern. Tampilannya bisa diubah-ubah dengan beberapa mode, baik tampilan klasik seolah spedometer dan tachometer jarum, maupun digital hingga terasa kekinian.

Head Unit 8-inci Baru – Perangkat utama infotainment mendapat upgrade dengan Smartphone-link Display Audio (SDA).

AC Dual-Zone Auto Climate Control – Fitur pengatur suhu kabin ini cukup signifikan, sehingga membuat Pajero Sport 2021 lebih nyaman.

Steering Switch Baru – Perubahan juga dilakukan pada tombol-tombol pengaturan audio di palang setir.

Floor Console Baru – Di bawah konsol tengah, ada ruang penyimpanan baru yang dilengkapi soft pad untuk menaruh barang semisal smart phone atau lainnya.

Power Outlet AC Baru di Baris ke-2 – Untuk kenyamanan penumpang, Mitsubishi menambahkan power outlet untuk pengecasan gadget.

Fitur Interior Baru di Pajero Sport 2021 Facelift
Fitur Interior Baru di Pajero Sport 2021 Facelift

Fitur-fitur Canggih Baru

Power Tailgate dengan Kick Sensor dan Remote – pintu bagasi kini telah bisa dibuka dengan tanpa disentuh, cukup mengayunkan kaki di bawah bumper belakang. Selain itu, bisa juga secara remote melalui aplikasi Mitsubishi di smartphone.

Aplikasi Mitsubishi Remote Control – Mitsubishi telah menyediakan aplikasi smartphone untuk berbagai fungsi mobil baik dari jarak dekat hingga menengah. Antara lain:

Aplikasi Mitsubishi Remote Control di Smartphone
Aplikasi Mitsubishi Remote Control di Smartphone
  • Pengoperasian pintu bagasi.
  • Operation Assist – Mengaktifkan/mematikan alarm.
  • Fungsi vehicle reminder – jika ada yang lupa dimatikan saat telah meninggalkan mobil atau juga untuk mengecek kondisi mobil
  • Car information – konsumsi bbm dan peringatan pengisian bbm.
  • Car Finder – untuk mengetahui lokasi mobil di parkiran yang luas, dengan menghidupkan lampu utama dari aplikasi hp.

Auto dimming rear-view mirror – kaca spion dalam telah menggunakan auto-dimming, artinya jika ada cahaya lampu lain dari belakang, kaca spion tersebut secara otomatis akan mengurangi intensitas pantulan cahayanya untuk menghilangkan efek silau pada pengemudi.

Multi Around View Monitoring – Pajero Sport 2021 telah dilengkapi 360 around view atau bird-view monitor dengan bantuan 4 kamera dan sensor ultrasonic. Sehingga memudahkan saat parkir dan membuat posisi parkir lebih presisi dan aman dari benturan.

Multi Around View Monitor pada SUV Ladder Frame Mitsubishi
Multi Around View Monitor pada Pajero Sport 2021

Teknologi Keselamatan Canggih – Ada banyak fitur safety baru yang disematkan pada Pajero Sport 2021 Facelift, hingga membuatnya jauh lebih menarik. Namun tentu hal itu membuat harganya kian mahal. Fitur-fitur tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Forward Collision Mitigation System (FCM) – fitur peringatan dan assist rem untuk mencegah tabrakan dengan kendaraan atau objek lain di depan dengan bantuan sensor. Sistem akan memberi peringatan pada pengemudi jika ada potensi tabrakan dengan objek di depan, jika pengemudi tidak merespon secara tepat, sistem akan mengaktifkan rem, bahkan hingga mobil berhenti jika pengemudi kurang kuat menginjak rem.
  • Adaptive Cruise Control – Fitur untuk mempertahankan kecepatan tanpa pengemudi harus menginjak pedal gas, sekaligus menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan. Fitur ini juga bekerja secara kolaboratif dengan fitur FCM.
  • Blind Spot Warning & Lane Change Assist (LCA) – Fitur dengan sensor radar di bumper belakang untuk memberi peringatan jika ada kendaraan lain di posisi blind-spot di belakang. Peringatan berupa lampu yang berkedip-kedip di kaca spion.
  • Rear Cross Traffic Alert (RCTA) – Fitur dengan sensor radar di bumper belakang untuk memberi peringatan jika ada kendaraan lain saat mobil akan mundur. Fitur ini juga berkaitan dengan fitur FCM dimana mobil akan otomatis direm jika ada potensi tabrakan.
  • Ultrasonic Mis-acceleration Mitigation System – Fitur pengontrol tenaga mobil agar tidak berakselerasi secara tidak sengaja, misalnya saat di parkiran sehingga terhindar dari menabrak objek yang tidak terlihat seperti pembatas parkir.
  • Brake Auto-Hold – Fitur pengereman yang berguna saat terjebak macet ditanjakan atau turunan. Pengemudi tidak perlu khawatir mobil akan meluncur atau mundur dengan mengaktifkan fitur ini.

Mesin Tidak Berubah

Untuk sektor mesin, Pajero Sport 2021 masih menggunakan mesin MIVEC Diesel Turbo 2.4-Liter berkode 4N15. Output tenaganya mencapai 181 PS pada 3.500 rpm dan torsi puncak 430 Nm pada 2.500 rpm.

Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang atau keempat roda melalui transmisi otomatis 8-percepatan. Penggerak 4 rodanya menggunakan sistem penggerak Super-Select 4WD-II dan off-road mode yang bisa menyediakan traksi optimal saat menerjang medan off road.

Pilihan Warna

Untuk pilihan warna, tidak ada warna baru pada Pajero Sport facelift ini, Seperti sebelumnya ada 5 pilihan warna yaitu:

  • Coklat – Deep Bronze Metallic
  • Abu-abu – Graphite Gray Metallic
  • Silver – Sterling Silver Metallic
  • Putih – Quartz White Pearl
  • Hitam – Jet Black Mica

Untuk warna interior, ada dua jenis yaitu Elegand Beige di tipe Dakar 4×2 Ultimate dan Sporty Black dengan jok kulit pada tipe Dakar 4×4 Ultimate dan Dakar 4×2 AT.

Itulah perubahan pada Pajero Sport Facelift 2021, sepertinya fitur-fitur Pajero Sport kini jauh mengungguli saingan terberatnya, yaitu Toyota Fortuner. Namun itu tercermin dari harganya yang lebih mahal.

Yayan Abdhi

Yayan Abdhi

"Pecinta otomotif yang lebih suka menulis, ketimbang berbicara di depan kamera. Terimakasih telah berkunjung ke blog ini. Dukung saya untuk terus menulis artikel-artikel bermamfaat dengan membagikan artikel ini di akun media sosial Sobat."

You may also like...

Tulis Komentar