50 Tahun Mercedes-Benz Produksi Mobil di Indonesia

Mercedes-Benz Rayakan Golden Anniversary, 50 Tahun Produksi Mobil di Indonesia

Berita Mercedes-Benz

CaruserMagz.comMercedes-Benz Rayakan 50 Tahun Produksi Mobil di Indonesia – Mungkin banyak masyarakat kita yang mengira hanya brand mobil Jepang dan Tiongkok yang memiliki pabrik perakitan mobil di Indonesia, tetapi ternyata beberapa brand mobil mewah Eropa juga memiliki fasilitas tersebut sejak lama. Salah satunya adalah perusahaan otomotif asal Jerman yang merupakan brand mobil mewah nomor wahid di dunia, yaitu Mercedes-Benz. Perusahaan ini telah mendirikan pabrik perakitan mobil di Indonesia sejak tahun 1970.

Namun karena konsumennya merupakan golongan ekonomi kelas atas, alias kaum elit yang berduit, maka Mercedes-Benz banyak dikira menjual semua mobilnya dengan status CBU dari Jerman. Namun sebenarnya perusahaan yang dulu bernama Daimler-Benz tersebut mulai mendirikan pabrik perakitan mobil di Indonesia pada tahun 1970 dengan nama P.T. German Motors Manufacturing, yang lokasi pabriknya di Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Perusahaan otomotif Jerman tersebut mulai memproduksi mobilnya di Indonesia pada tahun 1973. Model yang diproduksi saat itu antara lain adalah sedan 200, 240D dan 280 dari seri W115 atau dikenal juga sebagai Strich Acht.

Selama eksistensinya di Indonesia, Mercedes-Benz telah memproduksi mobil-mobil mewah untuk kalangan “The Have“. Beberapa yang terkenal di antaranya adalah segmen sedan seperti S-Class (W123 Series dan W126 Series), G-Class (W 463) dan segmen SUV seperti GL-Class (X 166) dan ML-Class (W 166 Seires).

Mercedes-Benz Rayakan 50 Tahun Produksi Mobil di Indonesia
Mercedes-Benz Rayakan 50 Tahun Produksi Mobil di Indonesia

Baca juga:
Mercedes-Benz Indonesia Berkonflik dengan Gaikindo Karena Urusan Data Penjualan Kendaraan
Berdamai! Mercedes-Benz Indonesia Kembali jadi Anggota Gaikindo

Dengan mengambil tahun 1970 sebagai awal kehadiran mobil Mercedes-Benz produksi dalam negeri, maka pada tahun 2020, Perusahaan berlambang bintang-tiga tersebut lengkap berusia 50 tahun di Indonesia. 50 Tahun biasa disebut Golden Age, sehingga sering dirayakan sebagai Golden Anniversary.

Mercedes-Benz rayakan momen Ulang Tahun Emas ini bersama seluruh karyawannya dengan menggelar acara di pabriknya yang kini berlokasi di daerah Wanaherang, Cibubur, Bogor, Jawa Barat. Dalam perayaan ini, Mercedes-Benz memajang 2 mobil SUV andalannya yang dirakit secara lokal di pabrik Mercy Wanaherang, yaitu GLE 450 4MATIC dan GLS 450 4MATIC.

Tahun ini merupakan tahun yang sangat spesial dari berbagai aspek untuk Mercedes-Benz sekaligus menandai 50 tahun kami memproduksi serangkaian produk kendaraan luxury di Indonesia, untuk Indonesia,” ujar Patrick Schwind selaku Presiden Direktur, PT Mercedes-Benz Indonesia.

Kami telah menunjukkan dan membuktikan bahwa kami mampu merakit dan memproduksi kendaraan mewah berkualitas tinggi di Indonesia, serta memberikan kesenangan kepada pelanggan kami dengan mobil penumpang yang kami rakit secara khusus,” papar Patrick Schwind.

Replika Mobil Pertama Mercedes Benz didonasikan ke Museum Nasional Indonesia - Sumber-Dokumentasi PT Mercedes Benz Indonesia - Feb 2020
Replika Mobil Pertama Mercedes Benz didonasikan ke Museum Nasional Indonesia – Sumber: Dokumentasi PT Mercedes Benz Indonesia – Feb 2020

Selain acara tersebut, sebelumnya perayaan 50 tahun Mercedes-Benz di Indonesia dilakukan pada bulan Februari 2020 lalu, dengan mendonasikan replika mobil pertamanya di dunia, yaitu Benz Patent-Motorwagen (Benz Patent Motor Car) ke Museum Nasional Indonesia, sebagai simbol kontribusi perusahaan terhadap mobilitas di Indonesia. Model replika tersebut kemudian dipamerkan pada tanggal 8 hingga 15 Februari 2020, sebagai pameran sementara dengan tajuk “Perjalanan 50 Tahun Kesuksesan Mercedes-Benz di Indonesia” di Museum Nasional Indonesia.

Saat ini, PT Mercedes-Benz Indonesia memproduksi banyak mobil luxury unggulan di Indonesia, antara lain rangkaian SUV mewah seperti GLC, GLE, serta new GLS dan serial Sedan C-Class, E-Class, S-Class.

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Tulis Komentar