Beda Tenaga Kuda vs Torsi pada Mobil, Mana yang Dipertimbangkan saat Membeli Mobil

CaruserMagz.com – Dalam memilih mobil, salah satu yang sering kita pertimbangkan adalah tentang performa mesin, yaitu berhubungan dengan tenaga dan torsi. Tenaga mobil biasanya dinyatakan dengan angka daya kuda atau sering disebut Horsepower, sedangkan torsi atau torque bersatuan Newton Meter (Nm) atau Kilogram-force meter (kgm). Lalu apa beda Tenaga Kuda vs Torsi?

 
Mengapa penting mengetahui pengertian horsepower dan torsi serta perbedaannya? Hal ini akan berguna saat kita membuat keputusan dalam memilih mobil, khususnya dalam memahami akan sebesar apa kemampuan mobil berakselerasi dan mengangkut beban, khususnya kemampuan mobil dalam berakselerasi dan menerjang tanjakan.

 
Memang pabrikan tentu telah merancang mobilnya dengan tenaga dan torsi yang memadai untuk mengangkut beban yang telah ditentukan. Namun pada segmen mobil yang sama, besaran tenaga dan torsi juga berkontribusi pada berbedanya kehematan bahan bakar.

 

Definisi Tenaga Kuda vs Torsi

 
Pengertian sederhana dari Tenaga Kuda atau sering disebut horsepower (HP) adalah daya yang dibutuhkan untuk memindahkan beban dalam jarak dan waktu tertentu. 1 HP didefinisikan sebagai daya yang dibutuhkan untuk memindahkan beban seberat 0.45 kg (1 pon) sejauh 10 km (33.000 kaki) dalam 1 menit. Sehingga satuan dari horsepower adalah pound-feed/minutes.

 
Sedangkan torsi dalam pengertian otomotif adalah ukuran gaya putar yang dihasilkan mesin yang kemudian disalurkan ke gearbox transmisi dan dilanjutkan ke roda penggerak. Satuan torsi juga sering ditulis pound-feet (lbf).

 
Dari pengertian di atas dapat kita simpulkan bahwa Daya Kuda atau Horsepower adalah Torsi dibagi waktu.

 
Baca juga:

 

Perbedaan Tenaga Kuda vs Torsi

 
Mungkin penjelasan mengenai pengertian tenaga kuda dan torsi di atas masih terlalu rumit untuk dimengerti. Untuk memperjelas imajinasi, maka sebaiknya kita memahami apa beda Tenaga Kuda vs Torsi.

 
Lebih sederhananya bisa dikatakan bahwa Torsi berhubungan dengan akselerasi, sedangkan tenaga kuda adalah kecepatan. Sudah bisa membayangkan perbedaannya?

 
Jika belum, mungkin ilustrasi ini bisa memperjelas. Pabrikan sering mengeluarkan hasil uji performa mobil berupa waktu yang dibutuhkan untuk mencapai kecepatan 100 km/jam dari posisi diam, misalnya 0-100 kpj dalam 8 detik. Nah.. performa tersebut adalah hasil dari Torsi, bukan disebabkan horsepower.

 
Sedangkan horsepower adalah kemampuan mesin mobil untuk membuat mobil berlari dengan kecepatan stabil tanpa tersendat-sendat. Jadi torsi berfungsi mengangkat mobil dari diam dan menambah kecepatan atau berakselerasi, sedangkan daya kuda berfungsi mempertahankan kecepatan mobil.

 
Jika anda menyetir, saat mendahului kendaraan lain akan terasa kinerja torsi. Mobil dengan torsi besar akan terasa enteng untuk berakselerasi sehingga terasa kuat untuk manambah kecepatan, sebaliknya mobil dengan torsi kecil akan terasa mudah loyo saat diajak bapalan atau melibas tanjakan.

 
Perbedaan kinerja torsi dan horsepower juga dapat dirasakan pada beda mobil diesel dan bensin. Dimana mobil diesel terasa lebih kuat dalam berakselerasi, namun mobil bensin terasa lebih ringan dalam mempertahankan kecepatan. Mobil diesel punya karakter torsi besar dibanding mobil bensin.

 

Mempertimbangkan Horsepower vs Torsi saat Membeli Mobil

 
Jika kita membutuhkan mobil dengan daya angkut yang besar, kemampaun akselerasi yang tinggi, maka pilihlah mobil dengan angka torsi besar pada rpm rendah.

 
Sedangkan mobil dengan tenaga kuda yang besar cocok untuk sobat yang menyukai kecepatan tinggi dan performa sporty.

 
Maka kita jangan terlalu fokus memperhatikan besaran tenaga kuda saja, karena sebenarnya angka torsi juga penting sebagai ukuran kemampuan mobil.

 
salam Otomotif!

 

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:
Profile Photo - Yayan Abdhi - Carusermagz

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it.”

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Loves to drive cars and writes a lots about it."

Tulis Komentar