VW Tiguan 2017 Indonesia Diluncurkan pada GIIAS 2017, Perubahan dan Tambahan Fitur

CaruserMagz.com – Volkswagen (VW) New Tiguan resmi diluncurkan untuk Indonesia pada ajang GIIAS 2017, oleh PT Garuda Mataram Motor (GMM) yang merupakan agen resmi VW di Indonesia. Volkswagen adalah brand mobil sejuta umat di Eropa. Bahkan dari angka penjualan global, VW sering menjual lebih banyak mobil dibanding Toyota.
 
Harga mobil VW tidak segila brand premium seperti Mercedes atau BMW. Namun karena ini brand Eropa, tentu tidak akan semurah mobil Jepang atau Korea. VW Tiguan generasi kedua ini dibanderol dengan harga Rp.590 Juta (Off The Road), yang artinya akan lebih mahal saat sampai di konsumen, mengingat pajak barang mewah impor.

 
VW Tiguan adalah salah satu mobil pavorit kami selain Hyundai Santa Fe, karena keduanya berharga lumayan terjangkau untuk ukuran kantong orang kaya kebanyakan di Indonesia, sehingga value-for-money-nya masih masuk akal dibanding brand premium.
 
Cita rasa kemewahan, kenyamanan, kualitas interior dan fitur-fitur canggih cukup berlimpah pada VW Tiguan, dan yang paling menggoda adalah desain eksterior maskulis sekaligus elegan. Tampilannya mungkin ada yang bilang biasa saja, tapi menurut kami VW Tiguan punya kharisma yang menghipnotis.
 
CEO PT Garuda Mataram Motor, Andrew Hasuri, menggambarkan perubahan apa saja yang ada pada VW New Tiguan ini, yaitu terkait desain eksterior, fitur dan dimensi.
 
“Generasi ke-2 Tiguan menawarkan SUV termodern Volkswagen yang kini hadir lebih sporty, dengan kabin lebih lapang dibanding model sebelumnya. Fitur-fitur unggulan tak sekedar memberikan kenikmatan berkendara namun juga memberikan kemudahan bagi pemiliknya,”  jelas Andrew.
 
 

Dimensi dan Bobot

 
Dengan inovasi pemilihan bahan, VW berhasil mengurangi bobot New Tiguan hingga lebih ringan 50 kg dibanding generasi pertama. Berat kosong SUV yang sudah memakai platform modular transverse matrix (MQB) ini adalah 1.568 kg.
 
Hebatnya, dengan penurunan bobot tersebut dimensi SUV ini malah melar dan ruang kabin diperbesar dengan bertambahnya wheelbase sebanyak 7,7 cm. New Tiguan ini berdimensi panjang 4.486 mm, lebar 2.099 mm (termasuk spion), dan tinggi 1.657 mm.
 
Tinggi ruang kabin mencapai 1.049 mm untuk model tanpa sunroof dan 1.004 mm untuk model dengan sunroof. Kapasitas bagasi SUV 5-seater ini adalah 615 liter, jika kursi belakang dilipat volume bagasi menjadi 1.655 liter.
 
 

Eksterior

 
Perubahan eksterior New Tiguan cukup signifikan dibanding generasi pertama. Dimana desainnya tampak lebih dewasa dan makin elegan. Lampu utama terlihat lebih ramping diperindah oleh projector dan LED-DRL di bawahnya. Bumper dan desain foglampnya juga jadi lebih modern, mengingatkan kita pada VW Golf terbaru.
 
Bentuk pilar-C juga menjadi lebih ramping, sealur dengan kelengkungan kaca belakang. Fender juga lebih membulat, tidak seperti versi sebelumnya yang seolah mengotak karena tidak mengikuti alur lingkaran ban.
 
 

Interior

 
Masuk ke kabin, interior terasa lebih lapang dan lebih  mewah dengan ambien-lights. Warna interior tetap dominan hitam yang memberi kesan mewah dan elegan. Desain dashboard masih dengan pakem Volkswagen yang simple namun elegan. Bahan interior yang berkualitas dan berbagai aksen chrom dan piano black membuatnya terlihat modern.
 

Tampilan Interior VW New Tiguan
Tampilan Interior VW New Tiguan – Elegan Dashboard

 
Semua kursi telah dibalut kulit, termasuk sisi doortrim. Membuat mobil ini makin terlihat mewah. Desain kursinya sangat proporsional dan terlihat mewah, menjanjikan kenyamanan bagi semua penumpang. Apalagi ditambah foldable arm-rest pada baris kedua. Hal yang menarik dari interior VW Tiguan adalah adanya pilihan model dengan full-sun roof, sama seperti Hyundai Santa Fe dan KIA Sorento.
 
 

Mesin dan Performa

 
Untuk dapur penggerak, New Tiguan untuk Indonesia ini ditenagai mesin 1.400cc TSi 4-silinder dengan tenaga 150 hp dan torsi puncak 250 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda penggerak dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan berkopling ganda (DSG) atau transmisi matic triptronic.
 
Memang bukan tenaga yang besar untuk ukuran mobil Eropa, tapi bukankah itu fantastis, karena dengan mesin 1.400cc, tenaganya sudah sama dengan Toyota All New Fortuner. VW mengklaim mobil ini mampu melaju hingga 100 km/jam dalam waktu 9,2 detik, dari posisi diam dan top-speed 202 km/jam.
 
 

Fitur Canggih

 
Hal yang di-high-light oleh Volkswagen Indonesia saat peluncuran SUV ini pada ajang GIIAS 2017 adalah tambahan fitur-fitur canggihnya. Berikut daftar fitur VW New Tiguan ini:
 

New Tiguan dilengkapi sensor pembuka pintu bagasi
New Tiguan dilengkapi sensor pembuka pintu bagasi yang disebut Easy Open

 
Fitur Easy Open – Pintu bagasi bisa dibuka dengan hanya menggerakan kaki di bawah bumper belakang. Fitur ini memudahkan membuka pintu dengan bantuan sensor.
 
Adaptive Chassis Control (DCC) – Teknologi suspensi VW dengan system elektronik yang membuatnya bisa menyesuaikan bantingan dengan pilihan mode mengemudi normal, sporty atau comfort. Sehingga tingkat kenyamaan bisa diatur sesuai kebutuhan.
 
Park Assist – Membantu pengemudi saat memarkir mobilnya secara paralel dengan sistem otomatis, sehingga tidak perlu khawatir walau harus parkir di ruang sempit.
 
Area View Camera – untuk memberi view di sekeliling kendaraan secara 360 derajat.
 
Itulah perubahan dan tambahan fitur canggih pada Tiguan generasi kedua ini. Namun pabrikan asal Jerman ini tidak mengejar volume penjualan di Indonesia. Untuk sementara PT GMM sebagai agen Volkswagen di Indonesia hanya mendapat jatah untuk menjual sebanyak 30 unit saja. Jika terjual semua, baru bisa betambah quotanya, paling banyak hingga 50 unit saja.
 
Jadi bagi sobat yang sudah naksir berat dengan New Tiguan ini, silahkan segera dipesan. Sebelum ludes diborong pecinta mobil VW lainnya.
 
Salam Otomotif!
 

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

One thought on “VW Tiguan 2017 Indonesia Diluncurkan pada GIIAS 2017, Perubahan dan Tambahan Fitur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *