Valtteri Bottas Resmi Gantikan Nico Rosberg sebagai Pembalap F1 Mercedes-AMG

 

CaruserMagz.com – Tim juara konstruktor F1 2016, Mercedes-AMG akhirnya secara resmi mengumumkan pembalap barunya sebagai pengganti Nico Rosberg, sang juara dunia yang mengundurkan diri. Pembalap beruntung yang berhasil menduduki kursi jet darat tim Formula-1 terbaik itu adalah Valtteri Bottas.

Valtteri Bottas saat bergabung dengan Williams Martini Racing Team
Valtteri Bottas sebenarnya masih terikat kontrak dengan Willams Martini Racing Team. Bersama Williams, Bottas telah menjalani 4 musim dengan 77 balapan dan berhasil naik podium sebanyak 9 kali.
Valtteri memang diproyeksikan Mercedes untuk membalap di tim kelas atas seperti AMG-PETRONAS, dan dia memang dipersiapkan untuk itu. Sebelumnya Federation Internationale de l’Automobile (FIA) sebagai otoritas F1 pernah merilis para kandidat yang mungkin menjadi pengganti Rosberg pada laman resminya, dan Bottas ada pada list tersebut.
Tim berjuluk “The Silver Arrow” tersebut melakukan evaluasi dan berbagai pertimbangan sebelum akhirnya memutuskan bahwa Valtteri Bottas adalah pembalap yang paling ideal untuk menggantikan Rosberg sebagai rekan setim Lewis Hamilton.
Saya siap bekerja keras, untuk membuktikan diri pada tim dan untuk membuktikan kemampuan saya. Ini akan menjadi musim yang menantang dan bergabung dengan tim baru membuat lebih banyak yang harus dikerjakan dibanding keadaan normal. Tapi saya 100% siap untuk itu. Saya berlatih keras untuk berada dalam kondisi fisik yang terbaik karena akan jauh lebih sulit dengan mobil-mobil baru. Saya selalu mengatur bar sangat tinggi, sehingga target saya adalah untuk berhasil dari balapan pertama. Saya penuh energi dan siap bekerja untuk tahun ini dan mudah-mudahan banyak kesuksesan yang bisa diraih dengan Mercedes,” Ungkap Bottas dengan penuh semangat.
William Martini merupakan salah satu tim satelit bagi Mercedes AMG, maka menjadi mudah bagi Mercedes untuk menarik Bottas. Dari pilihan pembalap binaan Mercedes yang ada, memang Valtteri Bottas yang paling mungkin dan paling potensial menggantikan Rosberg.
Ada beberapa pembalap junior binaan Mercedes, seperti Pascal Wehrlien dan Esteban Occon. Namun keduanya masih terlalu minim pengalaman di F1. Banyak kekhawatiran pengamat F1 bawah jika dipaksa menggandengkan Hamilton dengan pembalap yang terlalu junior, akan membuat tim menjadi pincang.
Sedangkan Bottas sudah cukup berpengalaman dan menunjukkan performa yang  menjanjikan. Pembalap 27 tahun itu tidak asing lagi dengan podium F1. Tercatat 9 kali dia naik podium dan sudah melapah 77 racing di ajang Formula-1.
Big Boss Mercedes, Toto Wolff sendiri adalah pengagum Bottas di lintasan balap. Wolf sangat memahami kemampuan dan personal Bottas, karena dia sendiri terlibat dalam tim manajemen Bottas.
Berikut ungkapan Toto Wolff mengenai Bottas:
Dia memiliki track record yang mengesankan dalam kategori pembalap junior dan sembilan podium di F1. Tapi sekarang saatnya untuk tingkat selanjutnya, untuk melihat bagaimana ia bisa meningkatkan tantangan untuk memenangkan balapan dan untuk kejuaraan. Kita tahu bahwa kita sudah berada di belakang kurva dalam hal persiapan untuk musim baru, jadi kita sibuk untuk program mengintegrasikan dia ke dalam tim. Satu hal yang pasti: yang saya tahu Valtteri, dia akan memberikan segalanya,” Kata Wolf.
Dengan bergabungnya Valtteri Bottas ke Mercedes-AMG, berarti tim Williams Martini memiliki kursi utama yang kosong, sedangkan Lance Stroll merupakan pembalap junior yang baru saja akan debut sebagai pembalap F1.
Namun beruntungnya, Williams segera mendapat pengganti. Pelipe Massa mengurungkan niatnya untuk pensium dari F1 dan mau membalap dengan Williams untuk satu musim lagi di F1 GP 2017. Massa mengungkapkan bahwa dia senang bisa kembali membalap di Formula-1 dan Williams adalah tim yang dia sukai.
Salam AutoSport!

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *