Toyota Vios Facelift 2017 Indonesia Mendapat Mesin dan Sistem Transmisi Baru

CaruserMagz.com – Toyota Indonesia memberikan press rilis di laman resminya toyota.astra.co.id, Selasa 1 November 2016, mengenai ubahan pada Toyota Vios Facelift 2017. Raksasa otomotif Jepang ini menyatakan bahwa ubahan signifikan pada mesin baru yang lebih halus dan sistem transmisi CVT yang nyaman. Perpaduan mesin dan transmisi baru tersebut diklaim menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Ubahan minor pada eksterior juga dilakukan pada Vios tipe TRD Sportivo, hingga lebih sporty dan stylist.
Penampakan Toyota Vios TRD 2017 dengan Minor Change, body kit dan sticker
Vice President Director dari Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto mengatakan: “Sejalan dengan penerapan prinsip continous improvement serta semangat ‘Let’s Go Beyond’, Toyota berkomitmen memberikan pengalaman terbaik kepada pelanggan melalui peluncuran New Vios dengan mesin baru berteknologi Dual VVT-i dan transmisi otomatis CVT
Mesin 1.5 liter 1NZ-FE pada versi sebelumnya diganti dengan mesin yang sama dengan Toyota Sienta, yaitu 1.5 2NR-FE yang diyakini lebih halus getarannya, sehingga tingkat kebisingan dari mesin berteknologi dual VVTi ini berkurang secara signifikan.
Mesin baru tersebut dipadukan dengan sistem transmisi CVT atau Continuous Variable Transmission berteknologi Sequential Shift. Jadi meskipun ini merupakan transmisi otomatis, tetap bisa dikendarai seperti mobil manual, sehingga pengemudi bisa menggeber sedan ini dengan torsi yang besar sesuai seleranya. Toyota mengklaim transmisi baru ini akan membuatnya lebih mudah dikendarai dengan akselerasi yang nyaman.
Perpaduan mesin dual VVT-i yang lebih halus dan transmisi CVT dengan tambahan fitur pemindahan posisi transmisi secara manual akan membuat konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Jika melirik tenaga mesin Sienta yang sama persis dengan mesin Vios 2017 ini, tenaganya kemungkinan akan berkurang 2 PS dari Vios versi lama. Mesin 1.5 2NR-FE bertenaga 107 PS pada 6000 rpm dan torsi 140 Nm pada 6200 rpm, jadi wajar jika konsumsi bahan bakarnya akan lebih irit dari versi lama yang bertenaga 109 PS.
Ubahan pada New Vios memang dirancang sesuai kebutuhan konsumen dalam penggunaan aktivitas urban. Paduan mesin dan transmisi terbaru akan makin menciptakan kenyamanan dan efisiensi dalam berkendara,” Ujar Henry Tanoto.
Pada bagian luar, tidak ada perubahan sama sekali untuk Vios tipe standar. Dimensi, desain depan dan belakang dan ground clearance semua sama, jadi sekali pandang tidak akan terlihat berbeda antara Vios lama dan versi 2017.
Perubahan pada eksterior hanya dilakukan pada Toyota Vios tipe TRD Sportivo dan tipe G. Vios TRD akan mendapat trunk spoiler, body kit pada seluruh bagian bawah dan sticker sporty berlabel TRD Sportivo di sisi bawah pintu. Body kit tersebut memberi penampakan yang lebih ceper namun cukup elegan, sehingga memberi aura sporty.
Vios 2017 tipe G juga akan mendapat ubahan minor, yaitu velg alloy wheel baru dengan desain multi-spoke dan two-tone color, abu-abu dan warna chrom (grey and machining). Velg baru ini juga tentunya akan ada pada tipe TRD Sportivo.
Di bagian dalam, tidak ada perubahan desain sama sekali, hal yang akan jelas berbeda adalah pada tuas tranmisi yang sudah ada tanda (+) dan (-) untuk mode pengendaraan yang lebih membutuhkan akselerasi.
Selain itu, fitur audio entertainment mendapat peningkatan dengan hadirnya DVD AVX internet dan miracast yang menambah nuansa kemewahan kabin New Vios facelift 2017 ini. Ubahan minor lainnya, ada pada tampilan baru ornamen AC yang berwarna silver untuk New Vios grade G dan TRD.
Belum ada pernyataan resmi kapan Vios 2017 ini akan menjalani prosesi buka tudung dan resmi bisa dipesan calon pembelinya. Even terdekat adalah peluncuran Toyota Yaris facelift dan Yaris Heykers, pada tanggal awal November 2016.
Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

One thought on “Toyota Vios Facelift 2017 Indonesia Mendapat Mesin dan Sistem Transmisi Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *