Toyota TJ Cruiser Concept Memadukan Ketangguhan SUV dan Kepraktisan MPV

CaruserMagz.com – Toyota mematenkan sebuah model baru pada awal tahun 2017, yaitu Toyota TJ Cruiser concept. Dari namanya, terdengar seperti mirip FJ Cruiser yang merupakan SUV sejati. Sehingga seolah-olah TJ Cruiser ini adalah suksesor dari FJ Cruiser yang discontinue.

 
Namun ternyata Toyota TJ Cruiser ini merupakan line-up baru yang memadukan gagahnya model SUV dan kepraktisan MPV atau bahkan mobil kargo (van).

 
Seperti diberitakan oleh Paultan.org, Inisial T untuk kata “Toolbox” yang mungkin maksudnya menggambarkan kepraktisan yang lengkap. Sedangkan huruf J untuk “Joy” yang bermakna kenikmatan mengemudi, ketangguhan dan tampilan yang gagah.

 
Namun dalam line-up Toyota, TJ Cruiser termasuk jenis SUV. Hanya saja mobil ini menyediakan kepraktisan dan kenyaman MPV pada interiornya.

 

Toyota TJ Cruiser Concept Rear
Toyota TJ Cruiser Concept Rear look

 
Perlu kita camkan lagi bahwa TJ Cruiser ini merupakan model konsep. Jadi belum tentu sama dengan versi produksi. Biasanya model produksi akan jauh berbeda, terutama dalam hal desain eksterior dan interior, maupun kualitas bahannya.

 
Tampilan wajah konsep SUV ini sangat berbeda dari mainstream Toyota saat ini. Dapat dikatakan ini seolah model modern dari Toyota Hard-Top yang melegenda. Grill depan dan head lamp terlihat kokoh dan modern.

 

Toyota TJ Cruiser Concept Front Rear Fascia
Toyota TJ Cruiser Concept Front Rear Fascia

 
Sedangkan bentuk kap mesin memberi kesan seperti mobil perang. Desain ini lebih mengotak layaknya Hummer, ketimbang Toyota yang kebanyakan lebih membulat dan aerodinamis. Emblem logo Toyota diberi aksen warna biru untuk memberi identitas bahwa mobil ini berteknologi hybrid.

 
Masuk ke kabin depan, kita akan melihat dashboard yang terkesan sporty-nya mobil SUV dengan berbagai ornamen kekinian dan modern. Antara lain layar digital sepanjang bagian atas dashboard, head unit touch screen dan steering switch control. Dashboard ini sudah terlihat manusiawi, sehingga cocok untuk versi produksi.

 

Toyota TJ Cruiser Concept Interior Dashboard
Toyota TJ Cruiser Concept Interior Dashboard

 
Dimensi Toyota TJ Cruiser Concept ini adalah Panjang x Lebar x Tinggi = 4.300 x 1.775 x 1.620 mm. Sementara jarak antar poros roda atau wheelbase adalah 2.750 mm. Dari data dimensi tersebut, terlihat bahwa ini bukanlah mobil yang sangat besar, tapi kira-kira seukuran Toyota Avanza.

 
TJ Cruiser ini dikabarkan akan dibangun di atas platform TNGA generasi baru. Sedangkan jantung pacunya adalah mesin 2.0-liter hybrid dengan kemampuan dikendarai dengan mode full electric “EV Mode”. Untuk roda penggerak akan disediakan varian Front Wheel Drive (FWD) dan All Whell Drive (AWD).

 
Baca juga: Toyota dan Mazda Berkolaborasi Kembangkan Mobil Listrik

 
Walau berbentuk seperti mobil van, versi konsep dari TJ Cruiser ini hanya berkonfigurasi 4 kursi. Jadi ini bukan 7-seater layaknya seekor MPV. Itu artinya ruang bagasi di belakang tersedia sangat luas.

 

Toyota TJ Cruiser Concept Interior-Seats
Toyota TJ Cruiser Concept Interior-Seats

 
Hal yang mirip dengan MPV adalah keberadaan sliding door dengan pintu yang lebar. Sehingga memudahkan akses ke kabin, baik untuk keluar masuk penumpang maupun untuk memasukkan barang bawaan berukuran besar.

 
Semua kursi bisa dilipat rata lantai, hingga kursi penumpang depan. Dengan kepraktisan tersebut, mobil ini bisa memuat barang yang berukuran hingga 3 meter.

 
Tokyo Motor Show ke-45 di tahun 2017 menjadi world debut bagi Toyota TJ Cruiser Concept ini. Mobil ini akan dipamerkan pada ajang tersebut hingga tanggal 25 Oktober 2017. Belum ada pengumunan, kapan model ini akan memasuki jadwal produksi dan dipasarkan.

 
Salam Otomotif!

 

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *