Toyota, Mazda dan Denso Dirikan Perusahaan, Kembangkan Teknologi Mobil Listrik

CaruserMagz.com – Pabrikan otomotif di seluruh dunia mulai menyadari bahwa dalam waktu dekat, era mobil listrik akan segera tiba. Termasuk Toyota dan Mazda yang mulai serius membangun pondasi industri mobil listriknya.

 
Untuk itu, Toyota dan Mazda bekerjasama dengan Denso, produsen komponen otomotif, untuk mendirikan perusahaan yang mengembangkan teknologi mobil listrik.

 
Ketiga perusahaan besar tersebut akan mendirikan perusahaan bernama EV Common Architecture Spirit Co, Ltd, yang bergerak dalam pengembangan teknologi mobil listrik. Toyota menjadi penyumbang terbesar dengan 90% dari total biaya investasi, sedangkan Mazda dan Denso ,masing-masing 5%.

 
Ketiganya sedang sibuk menyiapkan dokumen pendirian perusahaan. Sedangkan tenaga kerja akan diambil dari masing-masing perusahaan. Toyota, Mazda dan Denso memilih karyawannya untuk ditransfer ke perusahaan baru tersebut. Total sebanyak 40 orang akan menjadi karyawan pertama perusahaan baru tersebut.

 
EV C.A. Spirit Co, Ltd akan mengembangkan teknologi basic structural mobil listrik (electric Vehicle) untuk semua segmen, termasuk MPV, SUV dan truk ringan.

 
Toyota akan menyediakan platform TNGA. Mazda berkontribusi dalam hal perencanaan dengan keahlian pemodelan komputer. Sedangkan Denso akan mengambil peran dalam pengembangan teknologi elektronik-nya.

 
Ketiga perusahaan tersebut tidak menutup kemungkinan produsen dan pemasok otomotif lainnya untuk bergabung. Diharapkan dengan bertambahnya anggota aliansi akan mempercepat pengembangan dan meningkatkan efisiensi biaya. Tujuan utama dari usaha ini adalah menghasilkan arsitektur umum yang bisa diaplikasikan pada beberapa jenis Electric Vehicle (EV).

 
Sebelumnya, pada awal Agustus 2017, Toyota dan Mazda telah mengumukan rencana kerjasama mereka untuk membangun sebuah pabrik baru di Amerika Serikat. Yaitu pabrik senilai $1,6 miliar yang akan menciptakan 4.000 lapangan kerja baru. Pabrik tersebut punya kapasitas produksi maksimum 300.000 unit mobil per tahun.

 
Pabrik baru tersebut direncanakan mulai beroperasi pada 2021. Toyota akan merakit Sedan Corolla untuk Amerika Utara, sementara Mazda akan memproduksi crossover untuk wilayah pasar yang sama.

 
Dengan kolaborasi baru di pengembangan mobil listrik ini, Toyota dan Mazda makin memperkuat kemitraan mereka. Apakah akan terjadi merger antara Mazda dan Toyota? Mengingat pola aliansi sedang booming di industri automaker.

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

2 thoughts on “Toyota, Mazda dan Denso Dirikan Perusahaan, Kembangkan Teknologi Mobil Listrik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *