Toyota Hentikan Penjualan Mobil Diesel di Eropa?

CaruserMagz.com – Di perhelatan Tokyo Motor Show 2017, Didier Leroy selaku Vice Executive President dari Toyota Motor Corporation (TMC) mengungkapkan keinginannya untuk menghentikan penjualan mobil diesel Toyota di Eropa dalam waktu dekat.

 
Leroy mengatakan bahwa mesin diesel mulai mendekati ajalnya sejak 2014 silam. Dan Toyota harus mengikuti perkembangan tren eco-vehicle yang makin cerah masa depannya.

 
Salah satu keputusan Leroy yang mencerminkan visinya adalah tidak dibuatnya Toyota C-HR bermesin Diesel di Eropa. Hal itu ditentang oleh banyak pihak, namun Leroy menegaskan bahwa Toyota harus mengikut arus jangka panjang.

 
“Saat itu banyak pihak termasuk para distributor yang menentang keputusan saya, namun saya tegaskan bahwa Toyota harus mengikuti tren jangka panjang eco vehicle di mana mesin diesel sangat sulit mengikuti perkembangan tersebut,” ujar Leroy.

 
Leroy mengatakan bahwa penghentian mobil diesel Toyota di Eropa belum menjadi keputusan resmi korporasi, melainkan baru pendapat pribadinya sendiri. “Ini pendapat pribadi saya, belum menjadi keputusan perusahaan,” ungkapnya.

 
Namun demikian Orang berpengaruh kedua setelah Akio Toyoda tersebut yakin bahwa dihentikannya produksi dan penjualan mobil diesel Toyota tinggal menunggu waktu.

 
Pendapat pribadi petinggi TMC tersebut cukup beralasan. Terutama dengan makin maraknya deklarasi Negara-Negara di Eropa untuk melarang penjulanan mobil diesel pada target waktu tertentu. Bahkan beberapa Negara seperti Inggis, Prancis dan Belanda telah mengumumkan akan melarang semua mobil berbahan bakar minyak dalam 1 hingga 2 dekade ke depan.

 
Baca juga: Belanda akan Larang Mobil Diesel dan Bensin pada 2030

 
Tingkat polusi udara akibat asap kendaraan di Eropa kian parah. Sehingga pemerintah Negara-Negara disana mulai sadar pentingnya menjaga kebersihan udara mereka. Apalagi setelah berbagai skandal dieselgate yang dilakukan VW Group, membuat mereka makin khawatir akan dampak polusi udara.

 
Salam Otomotif!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.
Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *