Toyota Etios Valco Facelift 2017 diluncurkan di Brazil

CaruserMagz.com – Toyota Brazil baru saja meluncurkan Etios Valco Facelift 2017. Perubahan tidak begitu signifikan, hanya penambahan kosmetik pada eksterior, berupa perubahan bentuk grill depan jadi berbetuk huruf V dengan warna hitam pada bagian dalamnya, front bumper baru yang lebih sporty, side skirt dan spoiler belakang.
Toyota Etios Valco Facelift 2017 – Gambar oleh IndianAutosBlog
Facelift ini bukanlah hal baru, karena sebenarnya model ini sudah diluncurkan pada Agustus 2016 yang lalu sebagai Etios termewah yang diberi nama Etios Platinum, baik pada model hatchback maupun sedan.
Jadi ini hanya penyeragaman tampilan semua tipe Etios jadi sama dengan tipe Platinum. Bedanya adalah bahwa Etios Platinum memiliki mesin dengan kapasitas lebih besar, yaitu 1,5 liter 4-silinder Dual VVT-i flex-fuel, menyemburkan tenaga maksimal 107 PS, sedangkan Etios facelift 2017 standard masih dengan mesin 1,3 liter.
Secara keseluruhan tidak ada beda bentuk desain dari Etios versi lama, perubahan hanya pada grill depan, ukuran velg dan bentuk rear spoiler. shape kap mesin dan lampu utama masih seperti versi sebelumnya, yang ‘maaf’ menurut kami tidak menarik, tapi mungkin saja desain tersebut agar mobil ini terkesan antik, jadi wajahnya dibuat cupu.
Menurut media otomotif luar sana, bentuk wajah Etios 2017 ini jadi lebih sporty dengan V-shaped front grill dengan akses silver di atas-bawahnya dan grill bumper yang memanjang terintegrasi dengan rumahan foglamp dan air intake radiator yang lebih lebar.
Pada bagian dalam, Etios facelift 2017 ini juga disamakan dengan Etios Platinum 2016, antara lain: desain lingkar kemudi yang baru lengkap dengan tombol audio control dan cruise control, center cluster yang mirip dengan milik Toyota Prius terbaru. Standard ISOFIX juga sudah disematkan pada kursi baris ke-dua untuk keamanan penumpang balita.
Di Indonesia, small hatchback Toyota ini sempat diisukan akan disuntik mati mulai awal 2017, namun akhirnya isu tersebut dibantah oleh petinggi TAM. Toyota Etios Valco tetap dijual di Indonesia hingga tahun 2017 ini, walau untuk ukuran mobil Toyota penjualannya tidak atraktif, karena kalah bersaing dengan Honda Brio, tapi bisa jadi Etios tergerus produk Toyota sendiri yang sedang booming, yaitu Toyota Calya.
Untuk facelift Etios Valco Indonesia, belum ada kabar berita dari petinggi TAM. Semoga saja ada peningkatan signifikan pada Etios Indonesia facelift mendatang, seperti disediakannya varian otomatis dan dengan fitur yang lengkap seperti Etios Platinum.
Salam Otomotif!

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *