Toyota C-HR Modifikasi jadi Supercar Diklaim SUV Tercepat di Dunia

CaruserMagz.com – Toyota C-HR modifikasi versi balap dipamerkan pada SEMA Show di Las Vegas, Amerika Serikat. Toyota mengklaim C-HR Supercar bertenaga 600 HP tersebut sebagai SUV tercepat di dunia dan mampu melampaui rekor laps mobil FWD di Sirkuit Nurburgring.

 
Rekor laps tercepat untuk mobil berpenggerak roda depan (FWD) sekarang dipegang oleh Honda Civic Turbo tipe R dengan catatan waktu 7 menit 48,3 detik, yang dicapainya pada April 2017. Toyota yakin dengan 600 tenaga kuda yang dimiliki C-HR hasil modifikasi ini, akan mampu mengungguli rekor Civic tipe R tersebut.

 
Toyota C-HR balap ini dibangun oleh spesialis kendaraan konsep dari California bernama “Dan Gardner Spec”. Modifikator tersebut ditunjuk langsung oleh Toyota khusus untuk pameran SEMA 2017. Namun ternyata Dan Garner tidak ingin membuat sekedar konsep, ia ingin mesin C-HR balap ini benar-benar membuktikan performa-nya.

 
“Platform Toyota NGA pada C-HR benar-benar kaku, jadi kami mengerjakan pengembangan karakteristik pengendaliannya, Kami ingin membuat pembunuh supercar. Keseluruhannya adalah ini terlihat tidak masuk akal.” Kata Dan Gardner.

 
Baca juga: Toyota C-HR Indonesia Bermesin Hybrid?

 
C-HR R-tuned ini digerakkan mesin Toyota 2AZ-FE 2,4-liter dengan Turbo DG-Spec Garrett, yang dikombinasikan hingga menghasilkan tenaga buas 591 bhp. Tenaga monster tersebut disalurkan ke roda depan (FWD) melalui gearbox manual Toyota E-Series 5-percepatan.

 
Untuk keselamatan, Toyota C-HR R-Tuned ini dilengkapi rem Brembo custom and splitter depan yang dapat disesuaikan dan sayap belakang (spoiler) yang besar. Kombinasi tersebut secara terintegrasi menghasilkan sekitar 300 lbs downforce, untuk menjaga kestabilan mobil ini pada kecepatan tinggi.

 
Toyota C-HR modifikasi ini telah melewati pengetesan di Sirkuit Willow Springs sepanjang 2.5 mil (sekitar 4 km) di California, dengan catatan waktu 1 menit 25,22 detik.

 
Itu lebih cepat dari catatan waktu Lamborghini Aventador, Porsche 911 GT3 dan McLaren 650S Spyder. Sehingga Gardner sangat yakin bahwa C-HR versi balap ini akan mencatatkan rekor baru di Nurburgring Nordschleife.

 
“Mobil ini dibangun untuk SEMA dan Toyota tidak memiliki rencana ke depan setelahnya. Tapi itu deal yang nyata. Secara pribadi, ini akan menjadi mimpi untuk membawanya ke Nordschleife. Saya tidak ragu, mobil ini bisa akan mencatatkan rekor FWD baru di sana,” Kata Dan Gardner.

Sumber: Autocar

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.
Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *