10 Tips Mengemudi Hemat Bahan Bakar (bbm) yang Mudah Dilakukan

CaruserMagz.com – Bahan bakar adalah keperluan utama pada operasional kendaraan, khususnya mobil. Sehingga tips untuk menghemat bahan bakar selalu menjadi hal yang menarik bagi pengguna mobil.

 

Lagipula harga bahan bakar minyak (bbm) selalu mahal, walaupun disebut bahwa ini adalah hajat hidup orang banyak yang disubsidi pemerintah. Bahkan walau harga minyak dunia terjun bebas, harga bbm tetap mahal, dan kita tidak bisa berbuat apa-apa tentang hal itu, kecuali berusaha menggunakan bbm seefisien mungkin.

 

Ada banyak tips mengenai cara berkendara yang hemat bbm, beberapa di antaranya cukup mudah dilakukan dan sangat efektif menghemat biaya untuk bahan bakar. Berikut beberapa trik menghemat bbm yang cukup efektif:

 

1. Rencanakan Perjalanan dengan Baik

 

Dalam suatu perjalanan, perencanaan yang baik mengenai kapan dan dimana kita berhenti untuk istirahat, serta melakukan persiapan matang untuk menghindari banyak berhenti, akan sangat membantu menghemat bbm.

 

Karena minyak yang dibakar untuk start up mesin akan lebih banyak dibanding saat berjalan dengan kecepatan konstan. Perencanaan yang baik juga bisa membantu kita menghindari rute macet, sehingga tidak melalui kondisi stop-and-go yang menguras tanki bbm kita.

 

2. Menyetirlah dengan Halus (Smooth)

 

Hindari cara mengemudi yang agresif, karena itu banyak membuang-buang bbm. Saat memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi pada lintasan yang pendek, memerlukan jumlah bbm yang banyak lalu energi terbuang karena harus mengerem secara medadak. Kemudian harus menekan pedal gas lebih dalam lagi saat akan mulai menambah kecepatan lagi.

 

Berkendaralah dengan halus atau smooth, cepat tidak harus agresif. Kecepatan yang konstan atau pertambahan kecepatan yang berurutan akan memerlukan konsumsi bbm yang jauh lebih sedikit. Pelajari teknik mengemudi yang baik, karena ini bukan hanya bermamfaat bagi kehematan bbm, tapi juga bagi usia pakai mobil sobat.

 

3. Hindari Jalan yang Rusak

 

Sebisa mungkin hindari jalan yang rusak atau tidak rata, karena berdasarkan berbagai pengujian oleh ahli otomotif, mengemudi di jalan yang banyak debu dan kerikil juga yang tidak rata akan mengkonsumsi bbm 30% lebih banyak.

 

Energi banyak terbuang karena grip ban ke jalan tidak sempurna dan jalan tidak rata membuat ban mobil sering terangkat dan jatuh kembali ke jalan dengan hambatan yang lebih besar, sehingga konsumsi bbm lebih boros.

 

4. Jangan Ngebut di Tanjakan

 

Sebaiknya usahakan berkendara dengan kecepatan konstan saat menanjak, jangan tambah kecepatan. Mobil memerlukan tenaga lebih besar saat menambah kecepatan di jalan tanjakan, karena harus melawan gaya grafitasi. Sehingga, dengan kecepatan konstan, akan lebih menghemat bbm.

 

5. Matikan AC saat Cuaca Dingin (tapi jangan buka kaca!)

 

Jika cuaca di luar dingin, tidak perlu menghidupkan AC, jika ada tombol on/off AC, cukup nyalakan exhaust sirkulasi udara. Karena AC tentu perlu menyalakan kompresor yang juga mengkonsumsi bbm.

 

Namun usahakan jangan buka kaca jendela. Jika terpaksa karena tidak ada tombol on/off AC untuk hanya menyalakan kipas exhaust, buka kaca sedikit saja untuk sekedar sirkulasi udara. Jika kaca dibuka lebar, akan menambah tahanan mobil terhadap aliran aerodinamis udara, yang bisa berakibat lebih boros bbm.

 

6. Cek Mesin secara Berkala

 

Pemeliharaan yang rutin pada mesin akan membantu menjaga tingkat konsumsi bbm pada mobil. Pemeliharaan ini mencakup inspeksi, pembersihan dan penggantian komponen penunjang jika diperlukan. Tune-up secara teratur akan membantu performa dan keiritan bbm mobil.

 

7. Cek Alignment secara Rutin

 

Alignment komponen kaki-kaki seperti suspensi, sasis, balancing ban dan lain sebagainya. Jika hal-hal tersebut tidak sealur (aligned), maka akan meningkatkan drivetrain drag yang menyebabkan mesin memerlukan lebih banyak bbm.

 

8. Gunakan oli mesin yang direkomendasikan pabrikan

 

Beberapa orang ingin meningkatkan performa mesin atau ingin membuat mesinnya lebih tahan lama, atau banyak motivasi lainnya dengan mengganti spesifiaksi oli dari yang disarankan pabrikan. Oli dengan kekentalan yang lebih berat akan menambah konsumsi bbm, karena memerlukan tenaga yang lebih besar untuk menggerakkan mesin.

 

9. Ikuti Saran Tekanan Udara Ban dari Pabrikan

 

Tekanan udara pada ban punya peran cukup banyak pada konsumsi bbm, jika tidak optimum, dapat menyebabkan konsumsi bahan bakar jadi boros. Ban yang terlalu kencang juga menyebabkan ketidaknyamanan di kabin.

 

Tekanan udara ban ideal untuk tiap mobil sudah ditetapkan oleh pabrikan, biasanya tertulis di sticker yang ditempel pada pillar-B, di balik pintu sebelah pengemudi. Baik ban depan maupun ban belakang biasanya ditetapkan untuk kondisi muatan yang berbeda-beda. Untuk menjaga tekanan ban tetap stabil, sebaiknya gunakan gas nitrogen.

 

10. Ikuti Indikator Eco-mode pada MID

 

Pada mobil modern di zaman sekarang, biasanya sudah disediakan indikator eco-mode atau mode berkendaraan hemat bbm. Biasanya ada lampu hijau yang jika hidup berarti kita mengemudi dengan konsumsi bbm yang efisien, jika lampu tersebut tidak menyala, sebaiknya sesuaikan posisi transmisi (mobil manual) dengan kecepatan.

 

Ada juga indikator petunjuk posisi gigi transmisi yang memberi tanda berupa angka. Sehingga untuk setiap kondisi kecepatan, komputer akan menyarankan gigi yang tepat agar lebih hemat bahan bakar.

 

Baca Juga:

 

Itulah beberapa tips sederhana yang mudah diikuti mengenai cara menghemat konsumsi bbm. Jika ragu untuk melakukan sendiri hal-hal yang terkait pemeliharaan, sebaiknya mintalah bantuan bengkel kepercayaan sobat untuk memeriksa dan melakukan pemeliharaan rutin pada mobil.

 

Salam Otomotif!

 

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

2 thoughts on “10 Tips Mengemudi Hemat Bahan Bakar (bbm) yang Mudah Dilakukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *