Tips Rawat Power Windows agar Tak Cepat Rusak, Jaga Kebersihan Karet Kaca

CaruserMagz.com – Bagaimana merawat power windows agar tidak cepat rusak? Masalah pada power windows sering terjadi, seperti macet, hanya bisa naik atau turun saja, atau bahkan benar-benar tidak berfungsi.

 

Hampir semua mobil terbaru, kini sudah mempunyai fitur power windows, yang artinya kaca pada pintu mobil dapat dinaik-turunkan secara elektrik. Cukup menekan atau menarik tuas power windows untuk membuka atau menutup kaca.

 

Namun karena fitur ini menggunakan motor listrik, tidak sedikit pengguna mobil yang mengalami masalah pada motor listrik penggerak power windows, seperti motornya terbakar atau burning, macet hingga tidak berfungsi, dan lain sebagainya.

 
 

Peran Motor Listrik Power Windows sangat Penting

 

Motor listrik cukup sensitif, sehingga banyak faktor yang bisa mempengaruhi kinerjanya. Sehingga pengguna mobil sebaiknya juga memperhatikan pemeliharaan pada fitur power windows, agar dapat berfungsi lebih lama dan kaca dapat dinaik-turunkan dengan lancar.

 

Beberapa masalah yang kerap terjadi pada power windows antara lain, naik-turunnya kaca terasa berat atau macet, hanya bisa satu fungsi saja misalnya hanya bisa naik tapi tidak bisa diturunkan atau sebaliknya, dan hingga power windows tidak berfungsi sama sekali.

 

Salah satu penyebab macetnya power windows adalah karena beban motor yang melebihi semestinya. Saat baru, mobil masih bersih dan karet-karet sekitar kaca mobil masih sangat lentur, sehingga power windows lancar. Namun karena power windows merupakan fitur yang jarang mendapat perhatian, pemeliharaannya jarang dilakukan jika tidak ada masalah.

 
 

Cara Merawat Power Windows untuk Mencegah Kerusakan

 

Menurut teknisi salah satu bengkel power windows yang kami temui di Jalan Jendral Sudirman, Kota Prabumulih, Sumatera Selatan. Bentuk pemeliharaan pada Power windows adalah dengan menjaga kondisi kaca senantiasa bersih dan menjaga agar karet di sekitar kaca juga bersih dan tetap lentur.

 

Kotoran atau debu dari kaca lama-kelamaan akan menumpuk pada sekat karet yang menjepit kaca, hingga membuat bagian tersebut menjadi kasar dan kesat jika tidak pernah dibersihkan. disarankan untuk membersihkan bagian dalam karet yang menjepit kaca jendela mobil dengan kain basah secara rutin.

 

Untuk menjaga kelenturan karet penjepit kaca, teknisi bengkel power windows tersebut menyarankan untuk mengolesi karet tersebut dengan kit yang biasanya digunakan untuk ban. Dengan begitu, permukaan karet tersebut akan lebih licin, dan karetnya menjadi lebih awet, atau tidak mudah menjadi getas.

 

Dengan karet sekitar kaca yang lentur dan selalu bersih, beban motor penggerak power windows menjadi ringan, sehingga motor juga akan lebih awet dan terhindari dari risiko burning akibat kelebihan beban.

 

Demikianlah salah satu tips menjaga fungsi power windows agar selalu baik dan awet. Semoga berguna bagi sobat pembaca.

 

Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *