Tabrakan Hebat ini Buktikan Toyota All New Fortuner Tangguh dan Aman

CaruserMagz.com – Suatu tabrakan hebat terjadi di India, kejadian itu melibatkan Toyota All New Fortuner dan Honda Amaze, mini Sedan yang satu platform dengan Honda Brio. Tabrakan berat di siang bolong itu terjadi di jalanan yang cukup sepi, sehingga melibatkan kecepatan tinggi.

 

Seperti dirilis oleh gaadiwaadi.com pada 6 Juni 2017, Toyota All New Fortuner yang melaju dengan kecepatan sekitar 100 km/jam tersebut, ditabrak pada roda belakang sebelah kiri oleh Honda Amaze yang juga melaju kencang di suatu pertemuan jalan.

 

Akibatnya, crumple zone pada Honda Amaze ringsek hingga bagian ruang mesinnya hancur. Sedangkan Toyota All New Fortuner terpental sejauh 50 meter dari lokasi tabrakan ke trotoar jalan dan dihentikan oleh  tiang lampu jalan pada bagian sisi kanan belakang, moncong Fortuner ini berakhir mencium pagar beton.

 

Tabrakan Fortuner Brio
Tabrakan Toyota Fortuner vs Honda Amaze (Brio versi sedan)

Toyota Fortuner tersebut terpental dengan tetap pada posisi tegak, tidak terguling atau jumpalitan. Sebagai akibatnya, velg dan ban belakang sebelah kanan lepas, plat body bagian samping kanan belakang juga lepas dan kaca belakang pecah.

 

 

Dengan hantaman keras dari Honda Amaze pada roda belakang kiri, tidak memberi bekas yang berarti pada Toyota Fortuner ini. Kerusakan yang lumayan terlihat adalah pada lepasnya plat body dan roda belakang kanan karena benturan dengan tiang lampu jalan.

 

Benturan keras dengan tiang lampu tersebut sama sekali tidak merusak sasis belakang Toyota Fortuner, hingga bentuk mobil tetap utuh. Tidak ada korban jiwa pada tabrakan hebat ini, baik penumpang Fortuner maupun Honda Amaze.

 

Kondisi interior Toyota Fortuner utuh dan tidak ada kerusakan berarti. Hanya airbags di bagian samping yang mengembang, karena benturan keras terjadi di sisi samping saja. Begitu pun dengan Honda Amaze, interiornya tidak mengalami perubahan bentuk, sehingga penumpang selamat.

 

Hal tersebut membuktikan kokohnya struktur rangka Toyota All New Fortuner, meskipun mengalami benturan keras dari dua sisi secara beruntun.

 

Pentingnya Fitur Keselamatan

 

Tabrakan hebat ini bisa jadi pelajaran bagi kita, betapa pentingnya fitur keselamatan aktif dan pasif. Fitur keselamatan aktif yang paling penting adalah airbags, sedangkan teknologi rangka yang kokoh termasuk fitur pasif.

 

Memang mobil dengan airbags dan teknologi keselamatan yang baik akan berharga lebih mahal. Namun melihat kejadian seperti ini, terbukti sebandingnya harga yang ditebus dengan keselamatan jiwa kita.

 

Menjadi pelajaran juga bagi kita, untuk lebih hati-hati berkendaraan. Jika akan berpapasan dengan pertemuan jalan, kurangilah kecepatan karena kita tidak bisa mengandalkan pengemudi mobil lain untuk mengerem.

 

Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *