Suzuki Swift Facelift 2017 akan Diluncurkan di Paris Motor Show dan Diproduksi di India

CaruserMagz.com – Berdasarkan informasi yang dirilis Indianautosblog.com, peluncuran global Suzuki Swift facelift 2017 diperkirakan akan dilaksanakan pada Paris Motor Show pada tahun 2016 ini. Sedangkan peluncurannya ke pasar otomotif Eropa diharapkan pada awal tahun 2017.
Penampakan Suzuki Swift Facelift 2017 yang dirilis Indianautosblog.com
Suzuki Swift generasi baru ini akan diproduksi di pabrik Maruti Suzuki di Gujarat, India. Pabrik baru tersebut akan mulai beroperasi pada awal tahun 2017, dengan produk awalnya adalah Suzuki Baleno Hatchback dan Suzuki Swift.
Dipilihnya India sebagai homebase dari Next Generation Suzuki Swift ini tidak lepas karena India merupakan penyumbang terbesar penjualan mini hatchback mahal andalan Suzuki ini. Penjualan Suzuki Swift di India adalah 54% dari penjualan global. Memang Suzuki, dengan brand lokalnya “Maruti” sudah menjadi mobil-mobil terlaris di India, seperti Toyota di Indonesia.
Suzuki Swift facelift 2017 ini akan mengambil platform Baleno yang ringan dengan bahan logam aluminium-mix. Diharapkan bahan logam campuran aluminium tersebut memberikan kekerasan body lebih baik sehingga lebih aman jika terjadi benturan “crash safety”. Aluminium yang lebih ringan diharapkan akan mengurangi bobot Swift sebanyak 50 sampai 70 kilogram, sehingga tentunya akan lebih irit bahan bakar.
Perubahan pada mesin juga diperkirakan akan dilakukan Suzuki, sebagaimana tren otomotif sekarang yang mengecilkan mesin, namun menambah tenaga dengan teknologi turbo. Pada sisi transmisi juga akan dirubah, yang sebelumnya Suzuki Swift di India tidak tersedia tipe transmisi otomatis, pada Facelift 2017 ini Swift berpedal dua akan disediakan bagi konsumen Suzuki India.
Perubahan pada eksterior Suzuki Swift Facelift 2017 ini sebenarnya tidak begitu banyak, Suzuki masih mempertahankan bentuk retro yang mengingatkan kita pada Mini Cooper. Hal yang nampak jelas adalah perubahan pada tampang wajahnya. Bentuk lampu utama yang dulu bermotif lancip, diubah lebih banyak sudut dan lengkungan, jika kita perhatikan sedikit mirip head lamp pada Toyota Agya, namun ditambah projektor head lamp dan LED, agar berkesan lebih mewah. Grill depan mengambil basis grill milik Suzuki Ertiga Dreza, motif garis-garis dibuat sama persis. Grill bumper juga dibuat menyambung dengan rumahan foglamp yang sudah dilengkapi Day Time Running Light (DRL).
Next Gen Suzuki Swift Interior Design Leak
Next Gen Suzuki Swift Interior Design Leak – Rilis oleh Indianautosblog.com
Pada bagian Interior, perubahannya cukup signifikan. Design keseluruhan dashboard dibuat lebih mirip dengan Mini Cooper. Nampak lebih mewah dari sebelumnya dengan lingkar kemudi yang sedikit rata di bagian bawah dan bagian tengah yang bulat, display clustermeter yang lebih mewah dan head unit layar sentuh yang lebar. Dari gambar di atas, sepertinya Suzuki menggunakan bahan soft-touch untuk dashboar Suzuki Swift ini, jika berkaca pada Suzuki Swift yang ada sekarang di Indonesia, tidak heran memang Suzuki membuat interior yang berkualitas.
Kapankah Suzuki Swift facelift akan dilakukan di Indonesia? mari kita tunggu kabar dari Suzuki Indonesia.
Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *