Suzuki Swift 2017 akan Berteknologi Mild Hybrid SHVS, Hemat bbm hingga 30km/liter?

CaruserMagz.com – Teknologi hybrid sedang menjadi andalan pada mobil-mobil diesel Suzuki, sehingga hampir semua mobil diesel keluaran terbaru dari Suzuki dilengkapi dengan sistem mild hybrid yang disebut SHVS atau Smart Hybrid Vehicle by Suzuki.

Suzuki Swift Dzire akan ada versi diesel berteknologi mild-hybrid SHVS, lebih hemat bbm

Menurut laporan Motor Trend India, yang mengabarkan bahwa generasi baru Suzuki Swift Dzire Diesel, akan dilengkapi dengan teknologi SHVS, seperti yang sudah ada pada Suzuki Ciaz dan Ertiga Diesel.

Besarnya pengaruh teknologi SHVS terhadap efisiensi bahan bakar Ertiga dan Ciaz Diesel, telah menjadi alasan utama konsumen otomotif India membeli mobil-mobil tersebut. Itu wajar saja karena tidak adanya subsidi bahan bakar di India, menyebabkan efisiensi bbm menjadi nilai pertimbangan utama di sana.
Maruti Suzuki sepertinya ketagihan menyematkan teknologi ini pada mobil-mobilnya, setelah sukses dengan Ertiga Diesel SHVS di India. Bagaimana tidak menggoda, konsumsi bbm mencapai 26,59 km/liter pada Suzuki Ciaz dan 24,52 km/liter pada Ertiga Diesel. Itu adalah angka yang sangat atraktif dibanding konsumsi bbm mobil bensin.
Menariknya, dengan bobot yang lebih ringan dari Ciaz dan Ertiga, komsumsi bbm Swift SHVS diperkirakan dapat menyentuh angka 30 km/liter. Hal itu dimungkinkan karena teknologi mild hybrid pada sistem SHVS membantu mesin diesel dengan tenaga dari motor listrik pada kondisi-kondisi tertentu yang seharusnya mengkonsumsi banyak bahan bakar.
Pada mesin Diesel Suzuki dengan teknologi SHVS, mesin diintegrasikan dengan motor listrik yang bertugas menjadi seperti asisten bagi mesin, untuk memberi akselerasi pada mesin dengan torsi instan. Motor listrik tersebut digerakkan oleh baterai berkapasitas tinggi yang memperoleh tenaga recharger dari putaran mesin diesel dan juga didukung berbagai fungsi penyerapan energi terbuang. misalnya saat pengemudi mengurangi kecepatan dan pengereman, energi kinetik mesin yang tidak menggerakkan roda diubah menjadi energi listrik yang selanjutnya disimpan di dalam baterai.
Suzuki Swift Dzire ini menggunakan mesin yang sama dengan Ertiga Diesel, yaitu mesin 1300cc DDiS, 4-silinder, tapi menghasilkan tenaga yang kecil, yaitu 75 Ps saja. Namun torsinya sangat besar, hingga 190Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda depan (FWD) melalui transmisi manual atau AMT masing-masing 5-percepatan.
Sebagai tambahan Informasi, Suzuki Swift Dzire ini bukanlah hatchback yang sama dengan dengan Swift yang ada di Indonesia, melainkan versi sedan dari Suzuki Swift. Sedangkan Swift hatchback belum ada varian dieselnya.
Seperti diumumkan oleh salah satu petinggi Suzuki Indonesia, bahwa Ertiga Diesel SHVS akan mulai dijual di Indonesia pada awal tahun 2017, setelah lama dipasarkan di India. Kemungkinan teknologi SHVS ini disematkan pada mobil-mobil Suzuki di Indonesia sepertinya terbuka lebar, jika Ertiga diesel meraih sukses di pasar otomotif tanah air.
Akan menjadi gebrakan menarik dari Suzuki jika teknologi ini diberikan pada Swift Indonesia, karena teknologi Mild Hybrid ini dulunya hanya ada pada mobil-mobil mewah, seperti Honda CR-Z. Efisiensi bahan bakar yang meningkat hingga hampir 50% dari mesin bensin akan menjadi sangat menarik bagi konsumen.
Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *