Review Suzuki S-Cross Indonesia 2016: Spesifikasi, Harga dan Fitur – High Value for Money

 

CaruserMagz.com – Suzuki S-Cross yang merupakan generasi penerus dari Suzuki Sx4 X-Over, akhirnya dibawa juga ke pertarungan pasar Crossover di Indonesia. Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 menjadi ajang dipamerkannya Crossover cantik andalan Suzuki ini.
Suzuki S-Cross  2016 Indonesia
Suzuki S-Cross  2016 Indonesia
Generasi baru Suzuki Crossover ini sebenarnya sudah lama debut global, yaitu pada ajang Geneva Motor Show 2013, dan mulai dijual untuk pasar Eropa, Amerika dan Asia pada awal tahun 2014. Suzuki Indonesia cukup telat mendatangkan mini SUV ini, hingga dealer-dealer Suzuki sepi dari crossover karena Sx4 sempat dihentikan penjualannya.
Sedangkan di India, Malaysia, Australia dan Negara-Negara tetangga lainnya, Suzuki S-Cross sudah mulai mengaspal pada tahun 2014. Di India penjualan S-Cross tergolong kurang sukses, karena harganya dinilai kemahalan untuk konsumen otomotif India, pengguna mobil di India lebih mementingkan fungsionalitas, sehingga mobil-mobil murah lebih laris.
Bagi sobat yang faham akan kualitas dan kenikmatan mengemudi, sebenarnya Suzuki S-Cross adalah pilihan yang cukup ideal. Karena Crossover ini mempunyai kualitas di atas rata-rata mobil Jepang saat ini, Suzuki selalu menghadirkan mobil dengan value for money yang tergolong tinggi. Misalnya Ertiga, yang jika dibandingkan dengan Avanza-Xenia, Ertiga punya kualitas bahan interior, ketebalan body, kenyamanan dan berbagai fitur canggih yang lebih baik dari duo kembar terlaris tersebut.
Mari kita bahas secara detail Mini SUV bercitarasa Hatchback ini:

Eksterior

Penampakan eksterior Suzuki S-Cross ini dapat dikatakan cantik dan lebih berkesan hatchback dibanding seekor SUV. Desain yang aerodinamis dengan tambahan hiasan khas crossover membuat mobil ini juga berkesan gagah.
Tampilan Depan dan Belakang Suzuki S-Cross Indonesia
Tampilan Depan dan Belakang Suzuki S-Cross Indonesia 2016
Hal-hal yang menariki dari ekstertior S-Cross ini antara lain:
Keseluruhan desain eksterior mobil ini sudah meninggalkan kesan mengotak yang selama ini lekat dengan mobil-mobil Suzuki, bentuk yang sedikit tajam dan aerodinamis memberi kesan lebih modern dari generasi sebelumnya.

Desain lampu depan dan belakang membedakan mobil ini dari desain Suzuki yang selama ini agak ketinggalan, karena sudah cukup berkesan mobil masa kini.

Head Lamp (Lampu utama) dengan HID Projector, ditambah hiasan LED-DRL yang terintegrasi di bagian bawahnya. Head lamp ini juga sudah dilengkapi fitur auto-levelling.

Rear combination lamp yang memanjang hingga ke pintu belakang. Pada lampu di bagian pintu, bukan sekedar hiasan seperti pada kebanyakan mobil sejuta umat yaitu sebagai lampu reflector saja.

Aksen Chrom pada grill radiator yang elegan dan terintegrasi dengan eblem Suzuki, ada juga di sekitar fog lamp serta bumper depan dan belakang.

Skid Plate berwarna silver pada bagian bawah disemua bagian: depan, belakang dan samping, menambah kesan mewah.
Ornamen Hitam dari plastik keras di semua bagian bawah memberi kesan gagah khas crossover.

Kualitas body yang tebal juga menjadikan mobil ini solid, sepertinya Suzuki benar-benar serius ingin menyajikan S-Cross sebagai mobil yang berkualitas sempurna dan mempunyai value for money yang tinggi.
Multispoke alloy wheel yang sporty dan berukuran cukup besar, yaitu 16 inchi. Sehingga kaki-kaki mobil ini nampak kokoh.
Spion elektrik yang dikombinasi dengan lampu sein memberi kesan mewah. Spion ini juga sudah bisa dilipat otomatis (electric foldable).
Stainless roofraill bukan hanya memberi kesan mewah, tapi juga menunjukkan kesungguhan Suzuki menyediakan bahan yang bukan sekedar hiasan, tetapi juga kuat.

Rear Spoiler yang dilengkapi high mount stop lamp bukan hanya memberi kesan sporty tapi juga membantu pengendalian yang menambah kenikmatan mengemudi.

Interior

Suzuki menyajikan desain interior yang elegan  dengan bahan berkualitas tinggi. Sama halnya dengan Ertiga, bahan plastik interior terasa halus dan tebal serta finishingnya sangat presisi. Berada di dalam S-Cross benar-benar terasa dalam mobil yang mahal. Pilihan warna interior dan hiasan aksen chrom yang tidak berlebihan memberi kesan premium dan menambah hasrat untuk memilikinya.
Kabin Suzuki S-Cross yang Lapang dan Elegan


Kabin Suzuki S-Cross terasa sangat lapang baik di depan maupun di belakang, karena Dengan dimensi yang lebih panjang dan lebar dibanding Suzuki Sx4.

Kursi yang tebal dan desain yang ergonomis menambah kenyamanan penumpang. Adanya arm-rest di bagian tengah kabin depan juga akan memberi kenyaman lebih bagi pengemudi, selain itu tentunya menambah kesan mewah pada interior Crossover ini.

Center arm-rest juga ada di kursi baris kedua yang bisa dilipat jika penumpang lebih dari dua orang.

Kursi Belakang yang bisa diatur kemiringannya memberi kenyamanan bagi penumpang, karena bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pelipatan kursi dengan komposisi 60:40 dapat dimamfaatkan jika memerlukan bagasi yang lebih luas.

Bagasi yang cukup luas, kapasitas total 430 liter dengan kursi tegak, dan jika kursi belakang dilipat, akan tersedia volume bagasi yang lebih luas.

Bagasi Suzuki S-Cross yang luas
Bagasi Suzuki S-Cross yang luas

Spesifikasi

Suzuki S-Cross mempunyai dimensi yang lebih panjang, lebih lebar dan lebih rendah dibanding pendahulnya Sx4 X-Over. Berikut dimensi dan spesifikasi Crossover ini:
Panjang x Lebar x Tinggi                  : 4300 x 1765 x 1590 mm
Jarak antar poros roda (whellbase)    : 2,6 meter
Sudut Putar (turning Radius)             : 5,2 meter
Jarak terendah (Ground Clearance)     : 180 mm
Jarak Pijak Roda Depan                    : 1535 mm
Jarak Pijak Roda Belakang               : 1505 mm
Berat Kotor                                       : 1670 kg
Berat Kosong                                    : 1145 kg (MT), 1165 kg (AT)
Sistem Kemudi                                  : Rack & Pinion
Kapasitas Penumpang                       : Maksimal 5 orang dewasa
Ukuran Roda: 205/60-R16 (lebar 205mm, tebal 60% dari lebar:123mm, dan ukuran velg 16 inchi).

Suspensi: Depan : MacPher son strut with coil spring,  Belakang : Torsion beam with coil spring.
Rem Cakram: Depan – Ventilated Disc,  Belakang – Disc.
Dari spesifikasi tersebut, dapat terbayang oleh kita, bahwa Suzuki S-Cross dibuat untuk memenuhi ekspektasi penggunanya terkait kenyamanan, kabin yang lapang, daya jelajah, pengendalian dan keamanan yang sebaik mungkin.
Suzuki S-Cross putih
Suzuki S-Cross putih

Mesin

Crossover beraroma hatchback yang nyaman ini ditenagai oleh mesin 1,5 liter, 4 silinder, Berikut spesifikasi mesin Suzuki S-Cross:
Jenis Mesin                      :  M15A-DOHC-VVT
Isi Silinder                       : 1.491 ml (1,5 liter)
Jumlah Katup                   : 16 Valve
Jumlah Silinder                : 4 inline
Diameter x Langkah          : 78.0 x 78.0 mm
Perbandingan Kompresi     : 1 : 10.3
Daya Maksimum              :  109 PS / 6000 rpm
Torsi Maksimum              :  138 Nm / 4400 rpm
Sistem Bahan Bakar         :  Multi-Point Injection
Kapasitas Tanki Fuel         :  48 liter
Roda Penggerak               : Roda depan + fitur 4WD yang dapat diaktifkan.
Transmisi                        : 5 percepatan MT dan 6 percepatan AT
Dari segi tenaga Suzuki S-Cross ini tidak sebesar Honda HRV dan Nissan Juke yang bertenaga 120hp dan 145 Nm. Suzuki S-Cross lebih cocok bersaing dengan compact hatchback seperti Toyota Yaris dalam hal tenaga maksimum. Namun jangan lupa, S-Cross mempunyai fitur 4 wheel Drive (4WD) yang bisa diaktifkan dari tombol di konsol tengah, jika diperlukan, misalnya saat di jalan berkondisi buruk.

Fitur

Fitur merupakan salah satu andalan nilai jual Suzuki S-Cross, sehingga mini SUV ini mempunyai value for money yang cukup tinggi karena dijejali berbagai fitur canggih. Beberapa fitur canggih yang ada pada S-Cross antara lain:
Auto Rain Sensor yang otomatis mengaktifkan wiper jika ada hujan atau jika kaca depan disiram air saat mesin dalam kondisi hidup.
Auto Levelling head light, Fitur ini secara otomatis mengaktifkan lampu jauh dan lampu dekat sesuai kebutuhan. Saat berkendara di malam hari, jika ada kendaraan lain di depan, sensor secara otomatis mengaktifkan lampu dekat dan sebaliknya jika kondisi di depan sepi, lampu jauh yang aktif. Fitur ini biasanya ada pada mobil-mobil premium eropa.
Paddle Shift atau tuas pemindah transmisi di belakang setir yang bisa dioperasikan dengan jari. Fitur ini hanya ada pada varian bertransmisi otomatis. Sehingga terasa seperti mobil-mobil sport eropa yang mewah.
Engine Start/Stop Push Button dan Keyless entry menambah kemewahan crossover Suzuki ini. Fitur ini juga tentunya terintegrasi dengan fitur immobilizer.
Steering Audio and Cruise control yang tersedia di semua varian, Sehingga pengemudi tidak perlu report melepaskan tangan dari lingkar kemudi saat ingin mengubah channel radio, lagu dan mengubah tampilan data di MID.
Telescopic dan Tilt Steering yang memudahkan mengatur posisi setir sesuai kebutuhan pengemudi. Sehingga mobil ini tetap enak dikemudikan oleh orang berpostur tubuh tinggi maupun pendek.

Head Unit layar sentuh 7 inchi, dengan fitur konektifitas smartphone dan Bluetooth. Terdapat juga fitur CD Player, koneksi dual USB port, AUX dan smartphone mirroring.
AC digital otomatis yang mengatur temperatur kabin secara otomatis sesuai kebutuhan penumpang. Bagusnya AC digital tersebut dilengkapi tombol-tombol yang mudah dioperasikan dengan merabanya, bukan layar sentuh yang benar-benar harus dilihat seperti yang ada pada Honda CRV.
Teknologi rem ABS+EBD yang membuat pengereman lebih aman dan lebih efektif. Lebih jelas mengenai fitur ini dapat sobat baca pada ulasan kami melalui link ini: Pengertian ABS+EBD+BA.
Dual SRS Airbags yang mengamankan penumpang depan dan pengemudi dari cidera saat terjadi tabrakan frontal atau benturan dengan benda keras di depan mobil.
Sensor Parkir di Belakang, memberi guidance pada pengemudi sehingga terhindar dari benturan saat sedang memarkir mobil.

Aksesoris

Beberapa akesoris sudah terpasang secara build in saat mobil ini dibeli, sehingga pembeli S-Cross tidak perlu repot-repot membeli aksesoris aftermarket. Aksesoris tersebut antara lain:

Garnish chrom sepanjang bagian bawah kaca, sehingga mobil ini nampak mewah dilihat dari sisi samping.

Door visor di sepanjang bagian atas kaca pintu, yang bisa berfungsi mencegah air hujan masuk ke kabin saat kaca pintu dibuka sedikit.

Bumper corner protector dengan aksen chrom di setiap sudut depan dan belakang.

Door sill guard di bawah pintu bagian dalam.

Harga dan Kompetitor

Seperti telah kami singgung sebelumnya, Suzuki S-Cross ini memiliki value for money yang tinggi, karena dengan spesifikasi dan seabrek fitur-fitur canggih serta kualitas dan kenyamanan interior yang sangat baik, harganya tergolong murah jika dibandingkan kompetitor-kompetitornya baik di kelas Crossover maupun compact hatchback.
Suzuki hanya tersedia dua varian, yaitu tipe MT yang dibanderol Rp. 246.900.000 dan AT yang berharga Rp. 259.900.000 untuk OTR di wilayah DKI Jakarta. Berikut perbandingan harga Suzuki S-Cross dengan mobil lain yang bisa dianggap sebagai kompetitornya:
Perbandingan Harga Suzuki S-Cross vs Jazz-Yaris-HRV-Juke
Perbandingan Harga Suzuki S-Cross vs Jazz-Yaris-HRV-Juke

Harga Suzuki S-Cross tipe MT bisa bersaing dengan hatchback tipe menengah seperti Yaris G-AT dan Jazz RS-MT. Sedangkan tipe termahal S-Cross AT bahkan lebih murah dari Hatchback Toyota dan Honda tertinggi.

Jika dibandingkan dengan Honda HRV dan Nissan Juke, S-Cross tipe tertinggi pun masih lebih murah dari HRV dan Juke termurah. Memang dari beberapa sisi seperti tenaga dan fitur, kompetitor mempunyai kelebihan. Seperti adanya Hill Start Assit pada Honda HRV, tenaga yang lebih besar hingga 120 HP dan lain sebagainya. Namun beberapa fitur canggih pada Suzuki S-Cross juga tidak dimiliki kompetitornya, seperti auto rain sensor dan auto leveling headlight.

Selain itu tentunya dari segi brand cukup wajar Honda HRV, Jazz, Toyota Yaris dan Nissan juke punya harga yang lebih mahal. Sehingga Suzuki menyediakan berbagai kelebihan untuk mendongkrak minat konsumen otomotif pada Crossover andalannya ini.

Maka dari sisi harga dapat dikatakan Suzuki S-Cross adalah Hatchback Super, sedangkan jika dibandingkan dengan Crossover Juke dan HRV, S-Cross bisa dianggap Crossover murah meriah. Karena jika adu tenaga, tentunya akan kalah telak, tapi dari segi fitur dan kualitas, S-Cross cukup bersaing.

Demikianlah review mengenai Suzuki S-Cross Indonesia yang bisa kami sajikan. Semoga informasi ini berguna bagi sobat yang berminat membeli Crossover canggih yang cantik ini. Jika sobat punya informasi tambahan atau ingin mengoreksi ulasan kami, silahkan sampaikan di kolom komentar posting ini.
Salam Otomotif!

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

6 thoughts on “Review Suzuki S-Cross Indonesia 2016: Spesifikasi, Harga dan Fitur – High Value for Money

  • November 16, 2016 at 7:06 am
    Permalink

    loh oom Yayan dari auditor beralih jadi reviewer nih skrg?

    Reply
  • November 16, 2016 at 7:07 am
    Permalink

    Bukan beralih.. sekedar menyalurkan hobi menulis.
    maaf ini siapa yah? apakah saya mengenal anda?

    Reply
  • March 13, 2017 at 6:37 am
    Permalink

    hmmm ini stepan apa asun yah? fotonya gak jelas..
    welcome to my blog fren.. hehe..

    Reply
  • March 22, 2017 at 2:56 am
    Permalink

    Sepengetahuan kami ada, fitur tersebut disebut ALLGRIP Technology. fitur ini merupakan hal unik dari Suzuki Sx4 (versi lama) dan Scross (versi baru) yang membedakannya dari crossover lainnya. Jadi saat butuh grip roda yang lebih kuat ke jalan pada kondisi jalan jelek, fitur tersebut bisa diaktifkan.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *