Suzuki Jimny Indonesia Jadi Masuk dengan Harga di Bawah Rp.300 Juta

CaruserMagz.com – Fren.. ada “Pink!!!” dari petinggi Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengenai mobil legendaris Suzuki yang heboh pada event GIIAS 2016 yang lalu.

 

Lama tak terdengar lagi gemanya, mini SUV Suzuki Jimny kembali digaungkan oleh Media Otomotif Tanah air. Adalah Setiawan Surya, selaku 4W Sales and Marketing Director PT SIS yang menyampaikan bahwa Suzuki Jimny akan hadir pada bulan Oktober 2017.

 

“Jimny yang itu sedang kita order dalam jumlah terbatas. Kemarin kita order 88 unit dulu pertama, dari Jepang. Kita lihat dulu, kalau ini oke, kita tambah,” ungkap Setyawan kepada jurnalis dapurpacu.com di Senayan, Jakarta, Selasa (30/5).

 

Saat dipajang pada pameran GIIAS 2016, mini SUV legendaris dari Suzuki ini kerumuni pengunjung. Antusiasme masyarakat untuk mengetahui mobil ini juga terlihat dengan ramainya pemberitaan. Namun lama tidak terdengar lagi kabar dari SIS mengenai kapan sebenarnya mobil ini akan dijual kembali.

 

Rasa penasaran yang tinggi terhadap Jimny versi modern adalah sangat wajar, mengingat Suzuki Jimny sudah dikenal akrab dengan mata orang Indonesia dan sampai sekarang pun kita masih sering melihat Jimny versi lama wara-wiri di jalanan. Meski berstatus mobil tua, masih banyaknya digunakan masyarakat menunjukkan seberapa laris mobil ini pada masa kejayaannya juga menunjukkan ketangguhan Jimny yang masih patut diandalkan.

 

Dengan body-nya yang kecil dan tongkrongan ala SUV retro, tentunya orang akan berharap mobil ini akan dijual dengan harga terjangkau. Namun setelah mengetahui banderolnya yang hingga di atas Rp. 300 Juta, banyak peminat Jimny yang mundur teratur. Lah kalau 300 jutaan, sudah bisa beli Honda HR-V atau Mitsubishi Outlander toh.

 

Bahkan kalau mau nekat membeli melalui jalur Importir Umum (IU), penggila Suzuki Jimny harus mau mengeluarkan uang senilai hingga 500 Juta Rupiah untuk Jimny yang mungil dan bermesin hanya 1300cc ini. Weleeh.. uang segitu sudah bisa beli Toyota Fortuner atau Mitsubishi Pajero Sport kan.

 

Harga yang terlalu tinggi tersebut menjadi kendala utama yang menyebabkan turunnya minat konsumen. Hanya orang-orang yang punya preferensi kuat saja yang akan memesan mobil ini, misalnya orang kaya yang ingin mengenang masa kecilnya, karena dulu orang tuanya punya Jimny atau orang kaya yang kelewat suka dengan model retro. Jadi lebih kepada preferensi historis.

 

Untuk mengatasi masalah tersebut, pihak SIS menghitung ulang dan melakukan berbagai hal untuk mengurangi harga jual Jimny ini. Menurut Setiawan Surya, pihak mereka berani menjamin bahwa harga jual Suzuki Jimny terbaru ini tidak akan melebihi Rp. 300 Juta.

 

“Dari berbagai pertimbangan yang lalu kan kita hitung harganya Rp 300 jutaan, tapi sepertinya kalau Rp 300 jutaan kok agak sulit. Kemaren kami hitung-hitung lagi ternyata bisa di bawah Rp 300 juta,” Kata Setiawan saat konferensi pers GIIAS 2017.

 

Suzuki Jimny terbaru ini akan masuk ke Indonesia sebagai produk CBU Jepang. Menurut pihak SIS, Jimny untuk Indonesia akan sama persis dengan model yang dipajang di GIIAS 2016. Yaitu, bermesin bensin dengan kode M13A, 1.328cc 4-silinder dengan teknologi 4WD, bertransmisi otomatis  A/T.

 

Mesin 1.3-liter tersebut bertenaga maksimum 85 HP saja pada putaran  6.000 rpm dan torsi puncak 110 Nm pada 4.100 rpm. Itu adalah tenaga dan torsi pada mobil di kelas small hatchback, bahkan kalah dari Honda Brio dan KIA Picanto yang bertenaga hingga 88 HP dan torsi 120 Nm. Namun kelebihan Jimny ada pada ground clearance yang tinggi mencapai 190 mm dan sistem penggerak roda 4×4 yang bisa melahap jalan yang tidak rata atau offroad.

 

Jadi tarolah SUV mungil legendaris ini dibanderol harga berkisar 250 jutaan, bagi konsumen yang tidak punya keterikatan hati dengan Jimny akan geleng-geleng kepala dan menyimpan uangnya lebih dalam. Peminat Suzuki Jimny kemungkinan besar adalah kalangan pehobi dan kolektor mobil mewah yang unik, atau orang-orang tua yang ingin bernolstagia.

 

Suzuki menyadari hal itu, sehingga mereka tidak memasang target yang banyak untuk penjualan Jimny. Makanya pihak SIS hanya mendatangkan 88 unit saja. Jika ternyata dipesan lebih banyak, baru akan ditambah.

 

Gimana Masbro.. Minat beli mobil kecil ini? Siapkan budget seharga Honda Jazz yah..

 

Salam Otomotif!

 

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai kesehariannya yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *