Suzuki Ignis, Kristalisasi Desain Masa Lampau

CaruserMagz.com – Desain Suzuki Ignis merupakan hasil dari kristalisasi mobil-mobil Suzuki di masa lampau. Tidak percaya? Perhatikanlah secara detail. Anda akan menemukan banyak sekali sosok kendaraan legendaris Suzuki, hadir pada eksteriornya. Salah satunya lampu depan dan grille yang terpinsirasi dari milik Suzuki Cervo. Sisi samping kap mesinnya yang berlubang, berasal dari Suzuki Vitara.

 

Kemudian desain pilar A dan B yang berwarna hitam, itu mengambil dari Suzuki Swift. Terakhir ada pula tiga garis di bodi samping bagian belakang yang menambah kesan sporty Suzuki Ignis, mengambil dari city car yang juga pernah sukses di Indonesia, Suzuki Fronte Coupe.

 

Semua inspirasi desain tersebut kemudian diroses oleh para desainer untuk menjadi sebuah bentuk city car yang berdesain dinamis. Tersemat pula berbagai fitur modern. Sebut saja lampu depan LED, daytime running light, serta lampu kabut.

 

Sisi modern juga terasa dalam interiornya. Berbagai fitur hiburan hadir mulai dari head unit yang mampu terkoneksi dengan USB dan bluetooth. Serta untuk memberi kenyamanan pada telinga saat mendengarkan musik, Suzuki membekali Ignis dengan enam buah speaker dan dua tweeter.

 

Belum selesai, karena lingkar kemudinya pun telah memiliki audio control. Hal ini memberikan kemudahan pada pengemudi untuk mengganti atau mengontrol audio kendaraan. Selain itu untuk menghidupkan mesin Suzuki Ignis, cukup tekan satu tombol saja. Terdapat pula fitur sensor parkir dan kamera belakang.

 

Dari sisi keselamatan, Suzuki Ignis telah memiliki berbagai fitur standar seperti Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake Distribution (EBD), Dua buah airbag depan, dan kursi berstandar ISOFIX untuk memudahkan peletakkan child seat.

 

Suzuki Ignis mengadopsi mesin VVT berkapasitas 1.197 cc. Mesin bensin dengan empat silinder tersebut menghasilkan torsi hingga 113 Nm pada 4.200 rpm dan tenaga maksimal 81,8 hp pada 6.000 rpm.

 

 

Mesin Suzuki Ignis dikawinkan dengan transmisi manual lima percepatan. Ada pula pilihan AMT yang kemungkinan besar seperti Auto Gear Shift pada Suzuki Karimun Wagon R di Indonesia. Dalam hal efisiensi, Suzuki Ignis diklaim mampu menghemat bahan bakar sampai 20,89 kpl.

 

Semua fitur yang berlimpah tersebut, pada dasarnya adalah yang dimiliki oleh Suzuki Ignis varian tertinggi di India. Ya, mobil ini telah meluncur lebih dulu di negara Bollywood. Pasar Indonesia rencananya baru kebagian Suzuki Ignis pada Maret 2017. Jadi sabar saja ya!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

ARTIKEL MENARIK LAINNYA:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

One thought on “Suzuki Ignis, Kristalisasi Desain Masa Lampau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *