Suzuki Ertiga Diesel Hybrid Hadir Tahun Depan?

CaruserMagz.com, OTO –  Menurut prediksi dan perkiraan, tahun 2017 mendatang pihak Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan memperkenalkan Suzuki Ertiga baru bermesin diesel hybrid. Walaupun belum dipastikan bahwa mobilnya adalah Ertiga, pernyataan Harold Donnel selaku 4W Head of Product Development & Accessories PT SIS membenarkan bahwa SIS akan meluncurkan model baru dengan teknologi SHVS.  
Suzuki Ertiga Diesel berteknologi hybrid SHVS
Suzuki Ertiga Diesel berteknologi hybrid SHVS – Gambar oleh OTO
Dalam waktu dekat akan kami luncurkan teknologi baru pada mobil Suzuki, Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) di Indonesia,” ungkap Harold kepada media di kawasan Bogor (14/12).
Cara kerjanya, mesin diesel yang digunakan Ertiga, dilengkapi Integrated Starter Generator (ISG) sebagai pengganti  alternator dengan Start Stop engine sehingga mesin akan mati saat mobil sedang berhenti. Ini dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar hingga 50% lebih irit,” tambahnya.
Sistem hybrid tersebut tidaklah sepenuhnya hybrid seperti pada mobil-mobil lansiran manufaktur lain. Sistem hybrid milik Suzuki sedikit berbeda. ISG akan mengolah energi yang terbuang saat pengereman. Hasil listriknya kemudian digunakan untuk menyokong kelistrikan pada mobil, tidak sebagai penggerak mobil.
Teknologi tersebut pertama kali diaplikasikan pada sedan kompak Maruti Suzuki Ciaz yang dipasarkan di India dan diyakini dapat menjadikan mobil lebih efisien serta menghemat konsumsi bahan bakar.
Suzuki Ertiga Diesel SHVS sebelumnya sudah diluncurkan di India pada 2015 lalu, dan Suzuki tinggal memboyongnya ke Indonesia tahun depan. Di India, Suzuki Ertiga Diesel SHVS dibekali mesin diesel DDiS SHVS berkapasitas 1.3 liter. Mesin tersebut menghasilkan daya 89 hp pada 4.000 rpm dan torsi puncak 200 Nm yang tersedia pada 1.750 rpm.
Melihat bahwa Indonesia merupakan market penting Suzuki setelah India, pihak SIS berharap teknologi SHVS akan berkembang juga di Indonesia. “Kita harapkan teknologi ini akan menjadi standarisasi untuk kita kembangkan di Indonesia. Namun, di tahap awal satu produk dulu,” ujar Harold.
Untuk harga dan spesifikasi lengkapnya, Ertiga Diesel Hybrid belum bisa dibeberkan oleh pihak SIS, namun dipastikan akan tetap kompetitif. Di India sendiri, Ertiga diesel hybrid dipasarkan mulai dari kisaran Rp 158 Juta hingga Rp 194 Juta untuk varian tertingginya.
Kontributor: Guest Posting by OTO

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *