Proton Bayu Rebadge Geely Boyue Dipamerkan saat Peresmian Kerjasama Proton-Geely

CaruserMagz.com – Pabrikan mobil asal Malaysia akan memamerkan SUV pertamanya besok, 23 Juni 2017, yaitu Proton Bayu yang merupakan rebadge dari Geely Boyue. Kabar ini dirilis oleh Funtasticko.net yang mengaku mendapat kabar dari sumber yang valid.

 

Seperti dirilis funtasticko.net, acara inti yang akan dilaksanakan besok oleh Proton adalah seremoni pengesahan perjanjian strategis antara Proton Holding Berhad dengan Zhejiang Geely Holding Group, carmaker asal negeri tirai bambu yang cukup besar.

 

Pada seremoni peresmian kerjasama strategis kedua produsen mobil tersebut, akan dipajang prototype SUV pertama Proton yang merupakan rebadge dari mobil Geely, yaitu Geely Boyue, SUV terlaris di China saat ini.

 

Belakangan Proton memang banyak membuat mobil rebadge dari mobil-mobil brand ternama. Sebut saja Suzuki Ertiga, Honda Accord Gen-8, Suzuki Celerio dan Mitsubishi Lancer. Tak terkecuali pabrikan asal China juga diajak kerjasama dengan benefit dapat berbagi platform mobil.

 

SUV Proton yang dibangun dari platform Geely Boyue tersebut dikabarkan media Malaysia akan bernama Proton Bayu. Lumayan nyambung dengan nama versi China-nya, Bayu juga punya makna dalam bahasa melayu yang cocok untuk mobil, yaitu angin.

 

Belum ada rilis resmi akan seperti apa Proton Bayu tersebut, namun reka bentuknya pernah dibuat oleh seorang yang bernama Saharudin Busri dan hasilnya seperti gambar yang kami posting di atas.

 

Geely Boyue sendiri berada di segmen medium SUV yang bersaing dengan Honda CR-V, Mazda CX-5, KIA Sportage, Hyundai Tucson, Nissan X-Trail dan lain-lain. Namun Geely Boyue hanya berkonfigurasi 5-seater.

 

Meski berasal dari pabrikan China, SUV ini didesain oleh desainer Eropa, yaitu Peter Horbury, mantan desainer Volvo yang kini mengepalai team desainer Geely yang bermarkas di banyak kota negara besar, seperti Gothenburg, Shanghai, Barcelona dan Los Angeles.

 

Proton Bayu - Belakang
Proton Bayu – Belakang

 

Geely Boyue dibekali 2 varian mesin, yaitu mesin bensin 1.8L turbo dengan tenaga maksimum 160 hp dan torsi 250 Nm dan mesin 2.0L non-turbo yang bertenaga 139 hp dan torsi 178 Nm. Kedua mesin tersebut dipadukan dengan transmisi 6-percepatan baik yang manual maupun otomatis. Kapasitas tangki bbm SUV ini mencapai 60 liter.

 

Kecepatan maksimum yang bisa dicapai Boyue varian 2.0L adalah 185 km/jam, sedangkan varian 1.8L turbo hingga 195 km/jam. Dimensi Geely Boyue berukuran panjang 4.519 mm, lebar 1.831 mm dan tinggi 1.694 mm, dengan wheelbase sepanjang 2.670 mm.

 

Berbagai fitur kekinian sudah disematkan pada eksteriornya seperti: Projector headlight, LED+DRL, Fitur lampu follow me home, Panoramic sunroof yang luas, dan retractable door mirror, LED pada lampu belakang, twin exhaust yang sporty.

 

Fitur keselamatan Boyue juga tergolong lengkap, seperti: Rem ABS+EBD+BA, Autonomous Emergency Brake, Stability Control (ESP), Electronic Parking Brake, Hill Start Assis, ISOFIX, dual airbags untuk varian terendah dan airbags di kabin kedua dan sisi samping untuk varian tertinggi, kamera 360° dengan display 3D, kamera parkir, sensor parkir depan dan belakang, autolevelling headlight, Sistem pendeteksi tekanan ban, dan lain sebagainya.

 

Proton Bayu interior Geely Boyue
Proton Bayu interior Geely Boyue
Interior SUV Geely ini juga nampak mewah dengan balutan kulit pada kursinya dan sebagian doortrim. Audio headunit berupa monitor layar sentuh berukuran 8 inci sudah bisa terkoneksi dengan Aple CarPlay dan Android Auto. Konektifitas seperti Bluetooth, USB dan AUX-in sudah menjadi standard. Tak ketinggalan navigasi satelit.

 

Karena SUV ini didesain oleh desainer Eropa, penampakannya sangat kental beraroma Eropa, baik eksterior maupun Interiornya. Tentunya masyarakat Malaysia akan sangat menunggu-nunggu kehadiran SUV gagah yang beremblem mobil nasional mereka.

 

Indonesia? Apa kabar SUV Esemka? Ah.. Sudahlah..!!!

 

Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *