Sketsa Honda WR-V Diumumkan – Jazz Crossover ini Dipamerkan di Brazil November 2016

CaruserMagz.com – Honda Global merilis sketsa resmi Honda WR-V, Crossover baru berbasis Honda Jazz (Fit) yang akan dipajang pada Sao Paulo International Motor Show ke-29, di Brazil, pada tanggal 10 sampai 20 November 2016 mendatang.
Rendering Resmi Honda WR-V, Crossover Hatchback turunan Honda Jazz (Fit)
Honda menyatakan bahwa inisiasi dibuatnya Honda WRV ini adalah hasil dari riset pasar otomotif di Amerika Selatan, dimana mobil berjenis SUV sedang digemari. Untuk meningkatkan partisipasi Honda pada segmen SUV, tim R&D Honda di Brazil mengembangkan sebuah Crossover compact demi mewujudkan keinginan konsumen pada mobil kecil perkotaan yang handal.
Tak mau capek memikirkan desain yang baru, Honda Brazil hanya me-redesain Honda Jazz dengan wajah baru dan tongkrongan layaknya sebuah SUV. Jadilah varian baru berupa seekor Honda WR-V, Crossover yang kental beraroma hatchback.
Dari berbagai spyshot Honda WRV yang sedang menjalani road-test, tertangkap kamera pengguna jalan di Brazil, memang terlihat mini SUV ini berbentuk persis dengan Honda Jazz, hanya saja nampak lebih jangkung dengan diameter velg yang lebih lebar dan tambahan aksesoris khas SUV.
Crossover cantik ini akan mulai dipasarkan pada awal tahun 2017 di Brazil dan beberapa Negara Amerika Selatan lainnya. Belum ada pernyataan resmi dari Honda apakah varian ini akan menjadi produk global atau tidak, sehingga belum ada keterangan mengenai apakah juga akan dijual di Negara-Negara di luar Amerika Selatan.
Sepertinya sedang menjadi tren para Carmaker membuat versi ganteng dari hatchback terlarisnya. Sebut saja yang sudah lebih dulu melakukan hal ini adalah Volkswagen dengan VW Polo Cross, Fiat Urban Cross dan Hyundai dengan i20-Active. Selain ketiga Crossover itu, Jazz Cross ini juga akan menjadi rival bagi Suzuki S-Cross yang murni sebuah crossover sejak kemunculannya.
Kembali ke sketsa Honda WR-V di atas, Honda menyematkan Wing-Face khasnya pada mobil ini, namun ada yang sedikit berbeda pada bagian headlamp. Apabila pada HR-V dan CR-V headlampnya nampak meruncing ke atas, maka HRV matanya sedikit sendu karena bagian ujung luar meruncing ke bawah.
Chrom lebar pada grill yang bersambung dengan headlamp memberi wajah yang rapi seperti busur panah. Desain lekukan di sekitar Foglamp mengingatkan kita pada bumper Honda BRV, sedangkan bagian bawah bumper depan ada kemiripan dengan milik CR-V.
Di bagian samping, garis-garis aerodinamis seperti photocopy Honda Jazz, namun velg berdiameter besar, two tone dengan desain spoke mirip velg Mazda-2, membuatnya terlihat lebih kokoh. Hal lain yang membedakannya dari Jazz adalah kehadiran roofrail yang simple dan tentunya cover hitam sepanjang bagian bawah sebagai ciri khas crossover.
Powertrain yang akan mentenagai mobil ini berkapasitas sama dengan milik Honda Jazz, yaitu mesin petrol 1,5 liter, 4-silinder, bedanya mesin ini mengusung teknologi flex-Fuel. Tranmisi akan tersedia baik manual maupun otomatis CVT, dengan 5 percepatan.
Apakah Honda Motor Indonesia (HMI) berminat mendatangkan Honda WR-V ke Indonesia untuk bertarung dengan Suzuki S-Cross? Kita tunggu saja kabar dari Honda Indonesia. Namun menurut kami, alih-alih menyaingi S-Cross, kedatangan WR-V berpotensi menggerus penjualan HR-V dan Jazz jika harganya berada di antara keduanya.
Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *