Begini Sejarah Nama Porsche 911 yang Legendaris

CaruserMagz.com – Siapa yang tak kenal nomor ‘911’, Nomor tersebut menjadi ikon banyak hal. Seperti nomor khusus emergensi untuk memanggil polisi di Amerika Serikat, Istilah untuk tragedi 11 September yang menjadi ikon memerangi terorisme oleh Amerika, dan ternyata juga merupakan nama legendaris dari mobil sport asal Jerman, yaitu Porsche 911.

 
Nama mobil bisa dari berbagai filosofi, misalnya nama tempat seperti brand Hyundai yang banyak menamai mobilnya dengan nama kota di benua Amerika, Mitologi seperti yang dilakukan Lamborghini, nomor urut seperti Mazda atau istilah yang diambil dari bahasa latin.

 
Nama Porsche 911 sudah dikenal sebagai ikon mobil Sport dari brand Jerman. Dari nama 911 tersebut, mungkin banyak dari kita yang menebak bahwa asal nama itu dari nomor Emergensi di Amerika Serikat, untuk menggambarkan bahwa mobil sport ini cepat dan kuat.

 
Namun ternyata tidak demikian, karena nama 911 untuk Porsche sudah dirilis pada tahun 1963, sedangkan ‘911’ sebagai nomor emergensi di Amerika baru resmi pada tahun 1968. Jadi tidak ada korelasinya antara kedua nomor tersebut, itu hanya kebetulan sama.

 
Baca juga: Lamborghini Urus SUV Resmi bisa Dipesan, Minat?

 
Hal yang unik ternyata mobil sport Porsche tersebut bukanlah 911 saat kelahirannya. Pada awalnya mobil itu bernama Porsche 901. Namun nama itu diprotes oleh pihak Peugeot, brand otomotif asal Prancis. Peugeot mengirim surat pada Porsche untuk menegaskan bahwa nama mobil dengan tiga huruf berangka nol di tengah sudah menjadi trade-mark milik Peugeot.

 
Hal itu ditanggapi positif oleh Porsche dengan merencanakan penggantian nama untuk mobil sport mereka. Pihak Porsche melakukan brainstorming untuk mengganti nama mobilnya, namun diharapkan perubahan tersebut tidak menyebabkan banyak biaya.

 
Pada awalnya Porsche akan menempelkan emblem 901 pada bagian belakang dan dashboard mobil tersebut. Jadi mereka sudah mencetak angka 9, 0 dan 1.  Diambillah keputusan merubah nama dari 901 menjadi 911, sehingga dari yang sudah tersedia, hanya angka 0 yang tidak terpakai.

 
Maka jadilah nama Porsche 911 untuk sport car yang legendaris dan terkenal ke seluruh dunia hingga sekarang. Sejarah ini diumumkan melalui video resmi oleh Porsche.

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *