Toyota Rush – Daihatsu Terios 2018 Generasi Baru Berbasis FT Concept?

CaruserMagz.com – Masih ingatkah sobat dengan mobil konsep Daihatsu FT yang dipamerkan pada GIIAS 2015? Mobil konsep itu cukup gagah dan beraroma campuran dari desain beberapa SUV mewah seperti Honda CR-V, Toyota Harier dan Nissan X-Trail. Saat kemunculannya, banyak pujian dari berbagai media luar dan dalam negeri pada karya orang Indonesia ini.

 

Cukup lama tak terdengar lagi gaungnya, tiba-tiba Funtasticko.net, media otomotif Malaysia yang berbahasa melayu merilis berita bahwa Daihatsu dan Toyota sedang menggarap Daihatsu Terios dan Toyota Rush generasi baru, yang diperkirakan akan diluncurkan di Indonesia tahun depan (2018). Menurut berita itu juga, bahwa next gen Terios dan Rush tersebut berbasis desain Konsep Daihatsu FT.

 

Berikut cuplikan berita yang ditulis oleh funtasticko.net: “Melalui maklumat yang kami perolehi, pembangunan Terios serba baharu kini berada di fasa percubaan pembuatan badan, kimpalan dan komponen casis yang kini sedang dilakukan di Daihatsu Motor Corporation. Dijangka model ini akan diluncurkan secara rasmi di Indonesia pada tahun 2018.”

 

Rush Terios 2018 FT-Concept Belakang
Rush Terios 2018 FT-Concept Belakang

 

Pecinta otomotif Tanah air sempat pesimis bahwa mobil-mobil konsep Daihatsu hanya menjadi pajangan di pameran dan sulit masuk ke line up produksi. Namun sebenarnya jika kita melihat sejarah Agya-Ayla dan Calya-Sigra, semuanya berbasis mobil-mobil konsep yang pernah dipajang pada pameran otomotif, jauh sebelum peluncuran resminya.

 

Jadi sangat mungkin berita dari Malaysia ini adalah benar, bisa saja mereka mendapat keterangan valid dari orang-orang Toyota di Perodua yang tentunya berkoordinasi secara intens dengan pabrikan Toyota-Daihatsu di Indonesia.

 

Akan sangat menarik jika versi produksi dari Rush-Terios generasi baru itu tidak jauh berbeda dari mobil konsep FT. Jika memperhatikan bentuk eksteriornya yang aerodinamis dan lebih landai, mobil konsep ini seperti bukan berada di kelas low SUV, namun lebih ke medium SUV seperti Honda CR-V, Nissan X-Trail atau Hyundai Santa Fe.

 

Desain konsep FT ini terlihat lebih kekinian, seperti grill heksagonal panjang dipenuhi aksen chrom vertikal layaknya moncong Toyota Harier, aksen krom lebar di antara lampu belakang, overfender hitam lebar, lapisan plastic hitam di sekujur bagian bawah pintu dan bumper depan belakang serta list aksen silver pada bumper depan, belakang dan sideskirt.

 

Lampu-lampu yang sudah dihiasi LED juga terlihat menambah aura modern dari mobil konsep ini. Velg model dual-tone yang sporty juga meningkatkan daya tarik SUV ini. Seandainya ini adalah versi produksi dari Rush dan Terios, maka kedua SUV itu layak naik kelas.

 

Masuk ke kabin depan, desain dari konsep ini sudah terlihat seperti versi produksi yang manusiawi. Berbagai aksen chrom dan hiasan lampu ambien biru membuatnya nampak seperti mobil mewah, layaknya mobil Eropa yang berharga milyaran rupiah. Kecil kemungkinan akan seperti ini versi produksinya, namun paling tidak kita bisa berharap desainnya tidak dirubah, hanya kelengkapan dan hiasan mahal saja yang dikurangi.

 

Rush Terios 2018 FT-Concept Interior
Rush Terios 2018 FT-Concept Interior

Saat dipajang di GIIAS 2015, Daihatsu mengklaim bahwa mobil FT Concept ini memiliki kabin yang luas dan nyaman serta berkapasitas 7-penumpang. Dimensinya adalah panjang 4.350 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.690 mm dan memiliki jarak sumbu roda 2.685 mm. Itu adalah lebih pendek 3,5cm, lebih lebar 5,5cm dan lebih rendah 0,5cm dibanding Terios yang ada sekarang yang berukuran Panjang x Lebar x Tinggi : 4.385 x 1.695 x 1.695 mm dan jarak sumbu yang sama.

 

Mengenai jeroan mesinnya, belum ada kabar sama sekali. Jika tetap berada di kelas low SUV, kemungkinan tidak akan jauh dari mesin Rush dan Terios yang ada saat ini, yaitu mesin bensin 1,5-liter 4-silinder bertenanga 109 ps pada 6.000 rpm dan 141 Nm pada 4.400 rpm.

 

Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang dengan transmisi manual 5-percepatan atau AT konfensional 4-percepatan. Akan lain ceritanya jika ternyata ADM membuat mesin baru dengan teknologi terkini, seperti turbo atau mild hybrid.

 

Jika benar apa yang dilaporkan funtasticko.net tersebut, maka ini adalah untuk pertama kalinya duo Rush dan Terios mendapat penyegaran signifikan dalam hal desain eksterior dan interior. Kehadirannya bisa membuat ketar-ketir kompetitor seperti Honda BR-V. Karena jangan lupa, ini adalah produk Toyota! Sepertinya akan banyak mobil baru di tahun 2018.

 

Salam Otomotif!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

3 thoughts on “Toyota Rush – Daihatsu Terios 2018 Generasi Baru Berbasis FT Concept?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *