Hasil Formula-1 GP Singapura 2016: Rosberg Rebut Puncak Klasemen dari Hamilton

CaruserMagz.com – Nico Rosberg melengkapkan hatrict kemenangannya di ajang Formula-1 setelah summer brake, Pembalap Jerman tersebut kembali berhasil mengasapi Hamilton pada gelaran F1 GP Singapura di sirkuit Marina Bay Street, Minggu 18 September 2016.

Rosberg Singkirkan Hamilton dari Puncak Klasemen setelah GP Singapura

Posisi podium GP Singapura ini tidak berbeda dari hasil akhir kualifikai untuk memperebutkan posisi start terdepan pada sabtu 17 September 2016 kemarin. Posisi kedua diisi oleh Daniel Ricciardo Pembalap Red Bull Racing, dan Lewis Hamilton di posisi ketiga.

Dengan hasil GP Singapura ini, Rosberg berhasil merebut puncak klasemen sementara dengan selisih 8 point dari rekan setimnya yang sedang mengalami penurunan performa, Lewis Hamilton. Total point milik Rosberg adalah 273, sedangkan Hamilton hanya berhasil menambah 15 point setelah mengamankan podium ketiga, yaitu 265 point.

Finish di posisi empat adalah Kimmy Raikkonen, disusul Sebastian Vettel dan Max Verstappen di posisi ke lima dan enam.

Sebastian Vettel (Ferrari) menjadi people champion dalam balapan di Sirkuit jalan raya Marina Bay ini. Dia mendapatkan posisi finish kelima setelah harus start di posisi buncit karena mengalami kendala mekanis pada mobilnya, saat sesi kualifikasi.

Insiden

Beberapa insiden terjadi pada balapan GP Singapura ini. Sesaat setelah start, insiden pertama menimpa Nico Hulkenberg (Force India). Mobilnya melintir dan menghantam tembok pembatas. Insiden tersebut terjadi karena Hulkenberg kehilangan kendali setelah mobilnya diapit dua pembalap Toro Rosso.
Balapan dihentikan sementara dengan ditandai red flag dan safety car yang memasuki lintasan sirkuit, untuk memberi waktu bagi para marshal menyingkirkan puing-puing mobil Hulkenberg.
Dalam waktu singkat balapan dimulai kembali, namun insiden mengerikan nyaris terjadi sesaat setelah restart dilakukan. Seorang marshal nekat menyeberangi sirkuit saat para pembalap memacu jet darat mereka dengan kecepatan 300 km/jam.


Seorang Marshal Nekat Menyebrangi Lintasan Lurus

Cepatnya prosesi restart diduga menjadi sebab para marshal tidak siap. Walau prosedur normal sudah dilakukan sebanyak tiga kali untuk memastikan bahwa lintasan aman, menurut juru bicara FIA. Namun masih terjadi seorang marshal yang tertinggal di tepi trek setelah restart dilakukan, hingga dia nekat menyeberang.

Detail Balapan

Dari awal Rosberg memimpin balapan dengan start pada pole position. Daniel Riciardo hanya mampu memperpendek jarak dengan Rosberg beberapa saat, sementara Rosberg terus menggeber mobilnya dan beberapa kali melebarkan jarak.
Pada lap ke-4 Rosberg menjauh 2 detik dari Ricciardo, Ricciardo sempat mengecilkan jarak menjelang lap ke-10 menjadi 1,9 detik. Namun setelah lap ke-10 tersebut, Rosberg melebarkan lagi menjadi 4,5 detik. Pada lap ke-13, Rosberg memimpin dengan jarak 6 detik di depan Ricciardo.
Karena prosesi pergantian ban para pembalap di depannya, Raikkonen sempat menjadi pemimpin balapan. Namun itu tidak berlangsung lama, pada lap ke-18 Rosberg kembali menjadi yang tercepat. Pada lap ke-23, Rosberg berada 5,4 detik di depan Ricciardo dan 6,7 detik di depan Hamilton yang berjuang mempertahankan posisi ketiga dari incaran Raikkonen.
Kedua mobil Mercedes mengalami masalah pada system pengereman, sehingga team Petronas tersebut mengingatkan kedua pembalapnya untuk berhati-hati.
Pada lap ke-50, persaingan kian ketat. Rosberg terus memacu mobilnya untuk menjauh dari Ricciardo, Sementara Raikkonen melihat kesempatan untuk mengambil posisi ketiga dari Hamilton saat dia memasuki pit. Namun Raikkonen tidak sehebat itu, hingga Lewis Hamilton keluar dari pit, ia tetap berada di belakangnya.
Daniel Ricciardo juga menginginkan strategi yang sama, yaitu merebut posisi terdepan saat Rosberg masuk pit. Tapi Ricciardo kurang beruntung, karena setelah dia mengganti ban pada lap ke-49 dan berhasil mencatatkan waktu lebih cepat, Rosberg memilih untuk tetap di lintasan.
Ricciardo terus menunjukkan kecepatan yang lebih baik dari Rosberg, hingga pada awal dua lap terakhir jaraknya tinggal 2 detik saja dari sang pemimpin race. Ricciardo berusaha sekuat tenaga, hingga pada akhir balapan dia hampir berhasil menyusul Rosberg dengan menipiskan waktu hingga 0,4 detik saja. Seandainya masih ada satu lap lagi, Ricciardo mungkin saja mendapatkan podium pertama.
Lewis Hamilton kehilangan posisi di puncak klasemen pada balapan GP Singapura ini. Dia mengaku cukup kecewa mendapati akhir pekan yang kurang menyenangkan tersebut. Namun untuk menghibur diri, Hamilton membandingkan kondisi tersebut dengan apa yang dia alami di Marina Bay pada musim tahun lalu, dimana dia bahkan tidak berhasil finish.
Hamilton memuji rekan setimnya, bahwa Nico Rosberg pantas untuk menang karena membalap dengan fantastis. Dia mengatakan bahwa kesempatan untuk menjadi juara masih terbuka lebar, sehingga tidak perlu terlalu khawatir.
Ajang balap jet darat paling bergengsi ini masih menyisakan 6 kali race lagi. Balapan selanjutnya akan digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada tanggal 2 Oktober 2016.
Salam AutoSport!
Ditulis oleh Aprilia untuk CaruserMagz.com

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *