Renault-Nissan Gandeng Microsoft Kembangkan Teknologi Mobil Masa Depan – Autonomous Car

CaruserMagz.com – Diberitakan oleh Microsoft melalui laman resminya news.microsoft.com pada Senin 26 September 2016, bahwa Microsoft Corporation telah menandatangani perjanjian jangka panjang atau multiyear agreement dengan aliansi Renault-Nissan untuk mengembangkan teknologi otomotif masa depan.

 

Aliansi Renault-Nissan tandatangani kerjasama jangka panjang dengan Microsoft
Renault-Nissan punya rencana untuk membuat 10 model autonomous car atau mobil yang mampu berjalan sendiri. Diperlukan banyak inovasi dari kerjasama dengan Microsoft untuk mewujudkan mobil yang dapat berjalan tanpa sopir, sementara penumpangnya bisa melakukan banyak hal lain agar lebih produktif dalam perjalanan.

 

Kontrak kerjasama yang disepakati adalah untuk periode yang panjang, sehingga hasilnya tidak akan terlihat dalam waktu dekat. Namun Renault-Nissan dan Microsoft punya target untuk meluncurkan 10 model autonomous car pada tahun 2020, lengkap dengan software dan segala kecanggihannya.
Selain mobil self-driving, kerjasama ini diharapkan mampu membuat mobil lebih terintegrasi dan terkoneksi dengan personal layaknya smartphone di masa sekarang.
Ogi Redzic, Senior Vice President dari Aliansi Renault-Nissan mengatakan: “Mobil menjadi makin terkoneksi, pintar dan lebih personal“. Dia Menambahkan: “Bekerjasama dengan Microsoft memungkinkan kami mempercepat pengembangan teknologi kunci yang diperlukan untuk mewujudkan skenario yang diinginkan pelanggan kami, dan kami membangun hal baru yang bahkan belum pernah mereka bayangkan. Kami ingin menjadi penyedia mobilitas yang terkoneksi untuk semua orang dengan platform global yang tunggal.”
Kerjasama ini akan mengembangkan teknologi yang meningkatkan kenyamanan pengguna mobil terkait konektifitas. Untuk itu, basis program yang akan digunakan adalah Microsoft Azure-Cloud.
Aliansi Renault-Nissan setuju menggunakan Azure karena dinilai mempunyai tingkat keamanan yang tinggi dan komitmen Microsoft terhadap kepatuhan. Selain itu Azure telah mendukung beberapa sistem operasi, bahasa pemrograman, memberikan fleksibilitas dan pilihan dalam membangun sebuah platform umum bagi Renault-Nissan untuk diaplikasikan pada layanan kedua brand tersebut.
Renault-Nissan akan secara terus-menerus mengembangkan dan meluncurkan aplikasi dan layanan konektifitas terbaru untuk mempermudah pengguna mobil tetap terhubung dengan pekerjaannya, media hiburan dan jaringan sosial media selama dalam perjalanan di mobil.
Dalam waktu bersamaan kerjasama ini juga akan mengembangkan service centric yang  mempermudah dan meningkatkan keterlibatan dengan mobil melalui informasi berbasis penggunaan, akses dari jarak jauh, remote diagnostik dan pemeliharaan prediktif dan preventif.
Selain dengan Renault-Nissan, sebenarnya Microsoft juga memiliki kerjasama strategis dengan beberapa automaker lain seperti Daimler Jerman, Dongfeng China dan Mitsubishi Motors Jepang.
Namun Jean-Philippe Courtois, Executive Vice President dari Microsoft Global Sales Marketing and Operation, mengatakan: “Renault-Nissan adalah partner yang luar biasa, terimakasih untuk kelas dan merk globalnya, yang memungkinkan pengalaman mobile dan digital yang benar-benar baru pada banyak orang. Kolaborasi ini akan membawa standar baru pada mobil yang terkoneksi“.
Visi masa depan terhadap teknologi otomotif ini sepertinya akan terwujud, mungkin anak cucu kita akan mengendarai mobil yang luar biasa canggih dalam masa satu atau dua dekade ke depan. Raksasa teknologi seperti Apple dan Google juga sedang sibuk merambah industri otomotif, untuk menginvansinya dengan teknologi software yang selalu membuat kejutan yang menakjubkan.
Mungkin saja dalam tahap lanjutan, mereka akan merancang mobil yang tidak lagi butuh roda, seperti kendaraan di film Starwar. Hal-hal yang kita lihat seperti hayalan dimasa sekarang, sangat mungkin menjadi kenyataan di masa depan. Layaknya kita melihat orang yang mampu berkomunikasi jarak jauh dengan saling melihat di layar monitor di film kartun 2 dekade yang lalu, kini teknologi itu sudah menjadi keseharian kita.
Salam Otomotif!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *