Konsep Formula-1 Masa Depan Renault, Radikal tapi Lebih Aman

CaruserMagz.com – Renault adalah pabrikan mobil bagian dari Aliansi Nissan yang kini menjadi salah satu team konstruktor balapan Formula-1 (F1).

 

Pada even shanghai Auto Show 2017, Renault memperkenalkan visinya mengenai konsep mobil balap F1 di masa depan dengan memamerkan mobil balap konsep F1 yang disebut R.S 2027 Vision Concept.

 

Renault ingin membagikan visinya tentang perubahan mobil balap F1 satu dekade ke depan dengan R.S. 2027 Vision Concept ini. Desain tersebut cukup radikal dan terlihat lebih ramping dan futuristic dibanding jet darat F1 yang ada sekarang. Mobil  ini juga akan lebih hemat bbm berkat teknologi hybrid.

 

Cyril Abiteboul selaku Managing Director Renault Sport Racing memberi pernyataannya pada Shanghai Auto 2017:

 

Salah satu peran Renault Sport Racing adalah untuk mengantisipasi masa depan Formula-1 sehingga menarik jumlah maksimal penggemar di lingkungan yang sesuai dengan tujuan Group Renault. Kami berharap  melalui konsep ini dapat menghasilkan percakapan yang yang menginspirasi dengan komunitas balap, penggemar dan para antusias yang menyoroti gagasan dan keinginan kami,” kata Cyril Abiteboul.

 

Konsep ini memberi perhatian khusus pada penampilan sang pembalap di dalamnya dengan ruang kokpit dan helm yang dibuat transparan. Berbeda dari mobil F1 sekarang yang tanpa penutup untuk pembalapnya, kokpit 2027 concept ini memiliki kanopi transparan yang terbuat dari polikarbonat tahan lama. Sementara itu, fascia depan didominasi oleh sayap besar yang hadir dengan penerangan integrated LED.

 

Roda juga dilengkapi lampu LED di sekelilingknya, mungkin balapan F1 masa depan akan jadi nampak menarik dengan pencahayaan remang-remang untuk memperjelas penampakan LED tersebut. Canggihnya, komponen aero mobil konsep ini bisa menyesuaikan secara otomatis, tergantung kondisi berkendara dan kecepatan mobil.

 

Di bagian belakang, spoiler besar menampung sebagian lampu belakang untuk memberi visibilitas yang lebih baik saat balapan di malam hari, sementara diffuser memberikan stabilitas dan aliran udara. Bar roll ‘Pop-up’ juga hadir di mobil Konsep ini, yang akan bekerja secara otomatis saat terjadi rollover.

 

Bagaimana dengan dapurpacunya? Renault menyatakan bahwa mobil ini akan memiliki sistem hybrid yang terhubung dengan system penggerak empat roda dan kemudi empat roda. Mesin hybrid tersebut memiliki baterai high-density yang bisa digunakan saat mode listrik penuh, cukup berguna saat di pit lane.

 

 

Sebagaimana teknologi hybrid sudah makin maju, Renault menambahkan bahwa ada kemungkinan mobil balap Formula-1 masa depan memiliki tanki bbm yang lebih kecil karena motor listrik akan mengambil peran terbesar.

 

Selain teknologi mesin yang makin maju dan efisien, balapan juga diharapkan akan dihiasi oleh teknologi media dengan peran aktif penggemar yang dapat melihat tanggal telemetri pembalap favorit mereka. Dengan teknologi tersebut, Renault membayangkan bahwa penggemar F1 suatu hari bisa membantu tim favorit mereka dengan ‘fans-boost’ saat balapan mendekati sesi akhir.

 

Di sisi teknologi keselamatan, mobil balap konsep Formula-1 ini akan hadir dengan mode otonom yang akan berfungsi secara otomatis saat terjadi kecelakaan, komputer mengambil alih kendali saat kondisi darurat agara balapan jadi lebih aman.

 

Salam Otomotif!

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *