Selain Ertiga, Proton juga kloning Suzuki Celerio, Ini Kemungkinan Penampakan Proton Celerio

 

CaruserMagz.com – Proton, pabrikan mobil asal negeri Jiran, Malaysia tidak akan kehabisan ide dalam hal desain produk-produk mobilnya. Berkat kerjasamanya dengan berbagai pabrikan mobil yang sudah menjadi raksasa otomotif dunia, Proton bisa melakukan relabeling berbagai mobil tersebut.
Proton Celerio Rendering – Depan
Santer sudah dikabarkan oleh berbagai media dalam dan luar negeri Malaysia, bahwa pabrikan mobil nasional tersebut akan membuat rebadged beberapa mobil Suzuki versi Proton. Hal ini sudah sering dilakukan oleh berbagai pabrikan besar, seperti kerjasama Nissan dan Mitsubishi di Jepang atau Toyota dan Daihatsu di Indonesia, walaupun pada akhirnya yang lebih besar mencaplok yang lebih kecil. Akankah Proton dibeli Suzuki suatu saat? Bisa jadi.. Jika di India ada Suzuki Maruti, mungkin di Malaysia akan ada Suzuki Proton.
Seperti dilansir oleh Paultan.org, pada 2016 ini Proton melakukan launching banyak mobil baru yang beberapa diantaranya adalah rebadged, antara lain Perdana, Persona, Saga dan Ertiga. Ertiga versi Proton rencananya akan dijadikan launcing pamungkas pada Oktober 2016.
Namun Proton tidak akan berhenti pada Ertiga, kerjasamanya berlanjut menyasar pasar small hatchback yang sekarang sedang dinikmati Toyota-Perodua dengan Axia yang meraup sukses yang besar. Untuk itu, Proton akan membuat rebadged dari Suzuki Celerio untuk turut menikmati kue pasar otomotif Malaysia di segmen city car tersebut.
Suzuki Celerio adalah produk global yang didesain di India. Small hatchback berkapasitas maksimum 5 penumpang ini bermesin sama dengan Karimun Wagon-R, yaitu mesin 1000cc 3 silinder berbahan bakar bensin. Tenaga mobil ini adalah 67 HP dengan torsi 90 Nm, yang disalurkan melalui transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.
Proton Celerio Rendering – Belakang
Gambar yang kami posting di atas bukanlah rilis resmi dari Proton atau Suzuki, namun itu adalah hasil rendering oleh Theophiluschin.com yang dipublikasikan oleh Paultan.org. Rendering tersebut mengambil wajah khas Proton yang ada pada Persona, yang dipadukan dengan bentuk asli dari Suzuki Celerio. Mengenai penampakan aslinya, tentunya harus menunggu launching resmi dari Proton Malaysia.
Berkaca pada penjualan Celerio di Indonesia yang hanya laku 2 unit sejak launcingnya hingga Agustus 2016, seharusnya Proton Malaysia sudah berhitung dengan cermat dan melakukan inovasi untuk tidak mengulangi kegagalan Celerio di Indonesia. Tapi mungkin dengan brand Proton, akan banyak mengangkat image mobil ini dari segi nasionalisme dan tentunya karena merupakan brand lokal, harganya akan lebih murah terkait pajak yang tidak sebesar di Indonesia.
Faktor harga memberi peran krusial terkait penjualan, karena Celerio merupakan citycar yang masih beraroma mobil murah, jika harganya kemahalan orang akan memilih citycar lain dengan fitur, mesin dan penampakan yang lebih unggul.
Goodluck Celerio Malaysia!

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

One thought on “Selain Ertiga, Proton juga kloning Suzuki Celerio, Ini Kemungkinan Penampakan Proton Celerio

  • September 6, 2016 at 3:30 am
    Permalink

    Pasar mobil hatchback kecil masih cukup baik, tapi kembali harga dan nama produsen masih pegang peranan. Honda, Hyundai , Kia masih mempunyai dominasi kuat.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *