Perbedaan Toyota Yaris Heykers vs Yaris Standar, Hatchback bercitarasa Crossover

CaruserMagz.com – Toyota Indonesia baru saja meluncurkan Yaris varian baru pada Kamis, 3 November 2016, yang merupakan makeover dari Yaris hatchback diubah bernuansa crossover. Varian baru tersebut diberi nama Yaris Heykers dan langsung dinobatkan sebagai flagship atau varian tertinggi Toyota Yaris.

 

Hal yang cukup membanggakan bagi pecinta Yaris tanah air adalah bahwa makeover Heykers merupakan asli karya desainer Indonesia yang tergabung dalam Product Planning Division-Toyota Astra Motor (TAM), yang kemudian disetujui Toyota Motor Corporation untuk dijadikan varian baru. Mulanya model ini dipajang di GIIAS 2015 sebagai Yaris dress up.

 

Perubahan yang dilakukan Toyota adalah membuat Yaris ini bertampang ala SUV dengan penambahan kosmetik eksterior yang maskulin seperti fender, bumper cover, ground clearance yang lebih tinggi dan lain sebagainya. Namun tidak hanya itu, ada beberapa perubahan lain yang membedakan Yaris Heykers ini dari varian lain. Mari kita simak lebih detail, apa saja perbedaan itu.

 

1. Perbedaan Eksterior

 

Untuk memberi kesan gagah, Yaris Heykers didandani dengan berbagai tambahan kosmetik ala crossover, antara lain:

Ground Clearance yang lebih tinggi 3,5cm dari Yaris Standard, yaitu hingga 18,5cm, sebagai hasil dari penggunaan ban yang lebih besar berukuran 195/55 R16 (lebih tinggi 1,5cm) dengan velg alloy yang sporty. Ban yang lebih besar tersebut disupport oleh suspensi TRD yang lebih tinggi 2cm dari Yaris Hatchback.

Aksen hitam berbahan plastik keras pada grill trapezoidal bersambung ke bawah head lamp, menjadi ciri khas Yaris Heykers yang mudah dikenali.

Black  Cross Bumper pada bagian depan dan belakang memberi kesan gagah khas SUV.

Cover Bumper beraksen Silver menambah kesan mewah dan gagah.

 

Cross Bumper dengan Cover beraksen Silver

Over Fender pada Yaris Heykers cukup unik, karena tidak seperti mainstream fender pada SUV yang rata mengikuti alur ban, over fender tersebut dibuat bersudut-sudut.

Side Skirt berwarna hitam yang juga merupakan kosmetik wajib bagi mobil bergenre crossover.

Side Body Molding yang lebar pada pintu juga dianggap memberi kesan sporty.

Sticker bertuliskan Heykers pada bagian bawah pintu samping, tepat di atas side skirt.

 

Side Body Molding, Sticker dan Side Skirt

Fog Lamp dengan desain yang baru, dengan balutan aksen silver dan ada tulisan TRD pada sisi luarnya.

Roofrail yang tak pernah ketinggalan menjadi menu wajib crossover, agar Heykers nampak lebih jantan.

Rear spoiler yang selain memberi kesan sporty, juga berfungsi memberi down force pada bagian belakang mobil, sehingga berkontribusi pada kestabilan dan grip ban belakang yang dibutuhkan.

 

2. Interior

 

Tidak banyak perubahan pada bagian dalam Yaris Crossover ini dibanding Yaris standard. Desain dashboard, doortrim, sampai ke motif dan bahan kursi sama persis dengan Yaris standard. Hal yang baru pada Yaris Heykers adalah pada head unit yang berupa touchscreen monitor yang lebar.

 

Interior Toyota Yaris Heykers

 

Impresi di dalam Yaris Heykers juga tidak terasa berbeda dengan interior Yaris standard. Walau nyatanya Heykers lebih tinggi, tapi nuansa sedan masih sangat terasa. Visibilitas dan driving position sama sekali tidak berbeda.

 

3. Mesin dan Transmisi

 

Mesin yang mentenagai Toyota New Yaris dan Yaris Heykers adalah mesin yang sama dengan Toyota Vios facelift dan Toyota Sienta, yaitu mesin bertipe 2NR-FE 1.496cc 4-silinder, namun untuk penyesuaian tenaga diseting lebih kecil dari Sienta, yaitu 107 Ps pada 6000 rpm dan Torsi 14,3 kgm/4200 rpm. Jadi tidak dibuat berbeda antara New Yaris standard dan Yaris Heykers dalam hal dapurpacu. Tapi ini merupakan peningkatan dibanding Toyota Yaris versi sebelumnya.

 

Begitupun dengan transmisi, tenaga Toyota Yaris baru ini disambungkan ke roda depan dengan transmisi otomatis CVT sequential yang diclaim lebih halus dan menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien. Toyota mengklaim Mesin baru Yaris Heykers ini lebih hemat 30% pada tranmisi matic dan 17% pada transmisi manual, dibanding mesin Yaris versi lama.

 

4. Harga

 

Karena Yaris Heykers merupakan varian tertinggi tentunya akan dibanderol dengan harga termahal. Berikut list harga Toyota New Yaris dan Toyota Yaris Heykers.

 

YARIS HEYKERS
HARGA
HEYKERS M/T
Rp. 265.500.000
HEYKERS CVT
Rp. 277.300.000
 YARIS STANDARD
TRD Sportivo CVT
Rp. 270.300.000
TRD SPortivo M/T
Rp. 258.500.000
G Grade CVT
Rp. 247.600.000
G Grade M/T
Rp. 236.600.000
E Grade CVT
Rp. 240.100.000
E Grade M/T
Rp. 228.300.000

 

Baca ulasan kompetitor Heykers: Review Suzuki S-Cross Indonesia

 

Yaris Heykers hanya lebih mahal 7 juta rupiah dari Yaris TRD Sportivo baik tipe manual maupun matic. Jadi perbedaan harganya tidak begitu signifikan, namun Yaris Heykers tentunya punya kelebihan dalam hal daya jelajah dan tampilan yang lebih maskulin.

 

Itulah beberapa perbedaan Toyota Yaris Heykers dibanding Yaris standard baik yang lama maupun yang baru. Bagi sobat peminat hatchback bercitarasa Crossover, Yaris Heykers merupakan alternatif baru selain Suzuki S-Cross. Jika saja Honda membawa WR-V masuk ke Indonesia, maka akan menjadi pertarungan yang lebih sengit.

 

Salam Otomotif!

 

“Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.”

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

"Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan."

One thought on “Perbedaan Toyota Yaris Heykers vs Yaris Standar, Hatchback bercitarasa Crossover

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *