Perbedaan Detail Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo vs TRD Sportivo-7 dan Rush Tipe G

CaruserMagz.com – Toyota Rush facelift 2015 hanya disediakan 2 tipe, yaitu Rush TRD Sportivo dan Rush tipe G. Pada Februari 2016, Toyota menambahkan dua line-up baru sebagai varian tertinggi, yaitu Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo dan Rush TRD Sportivo-7. Lalu apa beda Toyota Rush Ultimo vs TRD Sportivo 7 ini?

 

Berikut kami ulas satu per satu perbedaan kedua varian Toyota Rush termewah tersebut dengan detail, termasuk tipe G:

 

1. Harga

 

Sebagai varian tertinggi, Rush Ultimo tentunya dibanderol dengan harga termahal. Untuk beberapa kelebihan minor pada Rush TRD Ultimo dibanding Rush TRD Sportivo 7, pembeli harus menambah selisih harga hanya sebesar 3,3 juta rupiah saja. Berikut List Harga Toyota Rush:

 

Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo A/T  : Rp. 262,95 Juta
Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo M/T : Rp. 249,65Juta
Toyota Rush TRD Sportivo 7 A/T           : Rp. 259,65 Juta
Toyota Rush TRD Sportivo 7 M/T           : Rp. 246,35 Juta
Toyota Rush TRD G A/T                         : Rp. 245,00 Juta
Toyota Rush TRD G M/T                        : Rp. 235,00 Juta

 

List harga di atas adalah OTR untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, sedangkan di daerah lain akan berbeda dan kemungkinan lebih mahal, sesuai jaraknya dari Jakarta.

 

Perbedaan harga cukup signifikan jika Rush Ultimo dibandingkan dengan tipe G, yaitu hingga 17,95 Juta rupiah. Hal tersebut terjadi karena perbedaan fitur dan kelengkapan yang juga signifikan, seperti pada tipe ultimo, sudah disediakan kursi lengkap hingga baris ke-tiga, sedangkan pada tipe G, hanya ada kursi hingga baris kedua saja.

 

2. Desain Velg

 

Penampakan yang jelas membedakan Rush TRD Ultimo dari tipe lainnya adalah pada bentuk velgnya yang lebih sporty, mirip desain velg milik Toyota Fortuner 2015. Velg 5-spoke tersebut berwarna dasar grey (abu-abu metalik) dan sedikit sentuhan aksen chrom, berbeda dari tipe TRD Sportivo-7, yang velgnya dominan berwarna aksen chrom dan warna hitam pada bagian dalam. Desainnya juga Nampak lebih sporty dengan emblem bertuliskan TRD merah pada bagian center. Velg ini berukuran 16 inchi dan dibalut ban Bridgestone berukuran 235/60-R16.

 

 

3. Suspensi

 

Suspensi Rush TRD Sportivo Ultimo dibedakan dari semua tipe lainnya. Toyota mengklaim suspensi baru ini punya bantingan lebih empuk, sehingga terasa lebih nyaman bagi penumpang. Menurut pihak pabrikan mobil ini, kombinasi suspensi dan ban untuk Rush Ultimo adalah hasil pengembangan bersaman antara TAM dan TRD Indonesia yang mempertimbangan kondisi geografis di Indonesia.

 

4. Kursi Baris Ke-tiga

 

Perbedaan antara Rush TRD Sportivo Ultimo dan Rush tipe G adalah pada jumlah kursinya. Pada tipe G hanya ada 2 barus kursi, sehingga kapasitas penumpangnya hanya untuk 5 orang, sedangkan pada Ultimo sudah lengkap 3 baris sehingga ini benar-benar SUV 7 seater. Pemilik Rush tipe G bisa membuat mobilnya 7 seater dengan membeli kursi belakang aftermarket.

 

Berbeda dengan Rush TRD Sportivo 7 yang juga sudah ada 3 baris, kursi baris ke-3 Ultimo sudah seragam motifnya dengan kursi baris pertama dan kedua, sedangkan pada Sportivo-7 dan kursi aftermarket untuk tipe G tidak sama motif dan bahan pembalut busanya dengan kursi baris pertama dan kedua.

 

5. Sticker pada Body

 

Sticker merupakan identitas yang jelas terlihat pada Rush Ultimo. Jika pada TRD Sportivo biasa, ada stiker di bagian bawah pintu bertuliskan TRD Sportivo, maka pada Ultimo, sticker berpindah lokasi ke bagian atas pintu baris kedua dan bersambung hingga ke bagian atas ban belakang, dengan tulisan TRD Sportivo ULTIMO. Ada juga sticker berwarna kombinasi merah hitam pada cover ban cadangan di bagian belakang.

 

Sticker TRD Sportivo Ultimo pada sisi samping

 

6. Emblem Ultimo di Belakang

 

Identitas selanjutnya adalah pada emblem bertuliskan TRD Sportivo Ultimo pada bagian belakang sebelah kanan, dimana pada tipe Sportivo biasa, tidak ada tulisan Ultimo disana, dan hanya huruf G untuk Rush tipe G.

 

 

7. List Merah di atas Grill depan

 

Di bagian depan, wajah Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo mudah dikenali dengan adanya list merah di bagian atas grill radiator. Warna merah tersebut senada dengan sticker pada bagian samping body Rush Ultimo ini, sehingga menambah kesan sporty.

 

8. Pilihan Warna

 

Hero color untuk Toyota varian tertinggi ini adalah Nebula Blue atau biru agak gelap. Sedangkan untuk varian TRD Sportivo-7, hero colornya adalah putih. Warna nebula blue baru ini diluncurkan khusus untuk Rush TRD Ultimo.

 

 

Itulah beberapa perbedaan Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo dengan tipe lain. Varian baru ini dapat dikatakan hanya ubahan minor, yang menitik beratkan pada peningkatan kesan sporty pada penampilan dan sedikit improvement pada kenyamanan dengan suspensi baru. Sobat yang berminat membeli Rush Ultimo ini cukup menambah Rp. 3,3 juta saja dibanding harga TRD Sportivo-7.

 

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

Baca Artikel Menarik Lainnya:

Yayan Abdhi

Penyuka dunia otomotif yang menemukan passion dalam menuliskan opini dan peristiwa. Memulai blog otomotif pada akhir 2015, lalu menjadikan blogging sebagai keseharian yang menyenangkan.

5 thoughts on “Perbedaan Detail Toyota Rush TRD Sportivo Ultimo vs TRD Sportivo-7 dan Rush Tipe G

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *